Hal-hal Yang Harus Dihindari Menjelang Tidur

by Ummi on September 25, 2016

Semua orang tentu membutuhkan yang namanya tidur, tapi tidak semua dari kita melakukannya dengan baik. Sementara kebanyakan orang menyamakan tidur yang baik dengan mendapatkan 8 jam berturut-turut, sebuah Universitas California yang fokus pada penelitian tentang tidur dan penuaan, mengulas data dari 1,1 juta orang dan menetapkan bahwa tidak ada alasan statistik untuk tidur lebih lama dari 6 ½ jam per malam. Bahkan, orang-orang yang tidur 6 ½ jam semalam hidup lebih lama daripada orang yang tidur 8 jam.

Jangan panik, mendapatkan 8 jam tidur semalam tidak akan membunuhmu. Namun, yang terpenting adalah : kualitas tidurmu. Tidak mendapatkan tidur yang tepat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker, menyebabkan kenaikan berat badan, dan bahkan meningkatkan risiko kematian. Ini sama pentingnya untuk menghindari melakukan hal-hal yang salah sebelum tidur seperti halnya melakukan hal-hal yang tepat. Berikut adalah 5 hal yang paling penting untuk dihindari di malam hari untuk mendapatkan tidur terbaikyang dikutip dari The Bulletproof Diet:

Cahaya terang

Selama kurang lebih setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk menghindari pencahayaan yang terang. Redupkan lampu kantormu jika kamu jelas-jelas harus tetap bekerja meski sudah mendekati waktu tidur dan matikan lampu-lampu neon yang tidak sehat. Tidak hanya lampu, hal ini juga meliputi semua perangkat lain juga, termasuk ponsel, tablet, laptop, bahkan TV. Mengapa ? karena meski cuma 5 menit cahaya putih yang berasal dari layar bisa menekan level hormon melatonin hingga lebih dari 50 %. Tingkat melatonin, atau yang biasa dikenal sebagai hormon tidur, bisa meningkat di dalam darah dengan tajam, dan kamu akan mulai merasa kurang begitu waspada di malam hari, dan lebih mudah tidur. Namun jika ada banyak cahaya di sekitarmu, kamu akan memiliki lebih sedikit kecenderungan alami untuk tertidur.

Kekerasan

Tidak semua hal yang mengejutkan, dan hal-hal menakutkan dapat mengacaukan pikiranmu sebelum beranjak tidur. Menonton kekerasan grafis di TV justru mungkin membuatmu lebih sulit untuk tidur dan tetap terlelap.

Olahraga

Kamu sebaiknya jangan berolahraga untuk setidaknya 2 jam sebelum tidur, kecuali kamu menghitung yoga dan latihan pernafasan sebagai olahraga karena kondisi tubuh yang lelah seusai olahraga bisa membuatmu susah tidur. Meski begitu, olahraga secara umum, benar-benar membantumu untuk tidur nyenyak di malam hari. Sebuah polling ‘Sleep in America’ di tahun 2013 menemukan orang yang berolahraga pada saat kapanpun sepanjang hari, melaporkan bisa tidur lebih baik dan lebih cukup istirahat dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

Kafein

Secara umum, jangan minum kopi setelah jam 2 siang atau setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur. Hal ini akan memastikan kamu akan mendapatkan semua manfaat kognitif dari kafein tanpa mengorbankan tidurmu. Para peneliti di Sleep Disorders & Research Center Rumah Sakit Henry Ford di Michigan menemukan bahwa kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur mengakibatkan pengurangan secara signifikan kualitas dan kuantitas tidur.

Stress

Mungkin alasan paling umum mengapa orang melaporkan menjadi susah tidur adalah bahwa mereka tidak tahu seberapa jernihkah pikiran mereka dan berhenti utnuk terus khawatir. Untuk itu, para pakar menyarankan untuk melakukan latihan mengambil nafas dalam-dalam yang bisa memberikan keajaiban untuk membantu otakmu untuk berhenti sejenak, memulihkan diri, dan bersiap-siap untuk keesokan harinya.