Hal Yang Harus Dihindari Saat Mewarnai Rambut Sendiri Dirumah

by Ummi on July 15, 2015

Kamu mungkin pernah mendengar atau mungkin bahkan pernah mengalami sendiri cerita horror mengerikan tentang mewarnai rambut sendiri di rumah. Namun, pewarnaan rambut di rumah masih memiliki manfaat tersendiri, jika dilakukan dengan cara yang benar. Selain menghemat waktu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena kamu tidak harus pergi ke salon mahal untuk melakukannya. Untuk menghindari kesalahan fatal saat mewarnai rambut, ada beberapa situasi tertentu, dimana kamu benar-benar tidak boleh coba-coba untuk merubah warna rambutmu sendirian. Apa sajakah itu? Berikut adalah ulasan lengkapnya :

tips mewarnai rambut

Pertama-tama, kabar baiknya adalah bahwa semua jenis dan tekstur rambut bisa kamu warnai sendiri di rumah. Tips mewarnai rambut yang terpenting adalah, menemukan jenis pewarna rambut yang tepat. Jika kamu mempunyai rambut tebal dan keriting, Papa Nikolas, seorang pakar pewarnaan rambut terkenal menyarankan untuk menggunakan formula pewarna berbentuk gel atau cair karena mereka akan lebih mudah disebarkan ke seluruh kepala. Sementara itu, cat rambut berbentuk foam adalah yang terbaik jika kamu memiliki rambut yang tipis atau kulit sensitif. “Jenis foam tidak akan membebani rambut.” Ujar Papa Nikolas. Dan jika kulitmu sensitif, foam tidak akan menetes ke wajah atau garis rambut yang bisa menyebabkan munculnya tonjolan kecil atau yang parah.

Rambut yang sebelumnya pernah dirawat secara kimiawi dengan menggunakan proses pelenturan, pelurusan, atau pengeritingan juga bisa diwarnai. Namun, tidak disarankan untuk menerapkan high lights, karena rambut yang diwarnai sekaligus di highlights bisa menghasilkan kerusakan dan penyerapan warna yang tidak merata. Rambut yang mengalami proses ganda juga lebih cenderung mudah patah karena mudah kering. Jadi gunakan masker rambut seminggu sekali. Kunci utama dalam mewarnai rambut sendiri di rumah adalah jangan menggunakan lebih dari dua tingkat warna yang lebih terang atau gelap dibanding warna alami rambut. Jika terlalu terang akan tampak kekuningan dan kalau terlalu gelap akan tampak kasar.

Untuk memilih warna cat rambut yang tepat, sesuaikan dengan warna dasar kulitmu, apakah warm atau cool tone. Rambut dengan nuansa cool tone lebih baik memilih warna cool ash brown dan cool blonde (kamu bisa mencari kata ‘cool’ atau ‘ash’ pada kemasannya) sedangkan untuk warm tone, pilihan warna terbaik adalah warna brown, rich golden brown, warm gold dan golden-blonde.

3 situasi dimana kamu tidak boleh melakukan pewarnaan sendiri

– Jika kamu ingin highlights

Jika kamu menginginkannya, maka pilihan terbaik adalah tetap menyerahkan urusan ini pada ahli penata rambut profesional. “Jika kamu ingin highlights atau nuansa ombre maka jangan lakukan sendiri di rumah karena itu terlalu kompleks.” Ujar Papa Nikolas.

– Jika kamu ingin cat berwarna bold blonde

Mewarnai rambut dengan warna pirang (blonde) sendiri di rumah adalah sama saja dengan bunuh diri rambut. Wanita yang rambut aslinya berwarna merah atau cokelat yang ingin berganti warna menjadi pirang, membutuhkan proses highlight dan beberapa sesi pewarnaan.

– Jika kamu ingin mempercerah warna cat rambut sebelumnya

Kamu bisa mewarnai rambut dengan warna yang lebih gelap daripada warna cat rambut sebelumnya, namun jangan dengan  warna yang lebih cerah dari warna rambut sebelumnya. Untuk mencerahkan warna helai rambut yang sudah diwarnai sebelumnya, rambut terlebih dahulu perlu diolesi dengan bleach atau pencerah semisalnya. Untuk melakukan bleaching, lebih baik kamu serahkan pada ahlinya.