Ide menu sarapan pagi sehat, praktis dan bergizi

by Ummi on December 11, 2014

Banyak orang yang tidak sarapan pagi karena jadwal yang sibuk, gaya hidup, atau untuk mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. Namun, melewatkan jadwal makan pertama dalam hari bukanlah merupakan ide yang bagus. Sarapan sangat penting untuk keseluruhan kesehatanmu.

Agar kondisi tubuh tetap vit dan kuat saat kerja, sebaiknya kamu melakukan sarapan pagi dengan menu yang sehat, praktis dan bergizi

Pertama-tama, sarapan adalah jadwal makan yang penting setelah semalaman kita tidak makan apapun. Sarapan layaknya waktu untuk berbuka puasa dan bertujuan untuk membangkitkan tingkat metabolisme. Jadwal makan ini menyediakan energi dan nutrisi yang akan membantumu mengerjakan aktivitas selama seharian. Selain itu, sarapan juga bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan karena bisa mengurangi obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Setelah kamu tahu akan manfaat penting sarapan pagi, maka kamu harus benar-benar kreatif dalam menciptakan menu sarapan pagi agar selain rasanya enak dan menggugah selera, namun juga sehat dan mengandung nutrisi penting bagi tubuh.  Yang paling utama, agar sarapanmu menyehatkan , pilihlah makanan yang mengandung serat, karbohidrat, protein, vitamin, dan nutrisi penting lain. Hindari makanan yang berat, mengandung gula, garam dan lemak jenuh saat sarapan pagi. Berikut ini adalah beberapa menu sarapan pagi yang sehat dan bernutrisi yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah:

1. Oatmeal

Oatmeal sangat kaya akan serat, begitu juga dengan asam lemak Omega-3, asam folat, dan potassium. Kamu bisa memilih oatmeal instant, namun hindari memakan oatmeal dalam aneka rasa, karena mungkin dicampur dengan gula. Kamu bisa memasak oatmeal dalam susu skim/ susu rendah lemak dan bisa kamu permanis dengan madu. Buat oatmeal buatanmu lebih sehat dengan ditambahi buah kering, kacang, atau irisan buah segar diatasnya.

2. Telur

Telur merupakan salah satu menu pilihan sarapan pagi yang paling popular. Kandungan protein, vitamin D, dan lemak dalam telur bisa membantu menambah level energi dan menjagamu tetap kenyang hingga waktu makan siang. Kamu bisa makan 1-2 telur rebus dengan 2 lembar roti bakar terbuat dari gandum utuh. Kamu juga bisa mengolah telur tersebut menjadi omelet dengan campuran banyak sayur dan keju. Jika kamu punya banyak waktu, kamu bahkan bisa membuat menu Roti Perancis  dengan roti gandum utuh. Jika kamu menghawatirkan berat badanmu, maka jangan memakan kuning telurnya, dan pilih putih telurnya saja.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2