≡ Menu
werno-werno.com

Inilah hobi yang bisa menentramkan dan menenangkan pikiran

Jam kerja yang tinggi, rutinitas yang padat, dan aktivitas mobile yang tinggi membuat tingkat stress semakin naik. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memilik hobi yang bisa mengalihkan pikiran untuk sementara waktu dan bisa menghilangkan kepenatan. Tenggelam dalam hobi tertentu merupakan cara jitu untuk menenangkan pikiran yang terlalu aktif dan terforsir. Dengan menekuni sebuah hobi, kita juga bisa meningkatkan daya kreativitas dan membuka pikiran untuk kemungkinan yang baru.

Inilah hobi yang bisa menentramkan dan menenangkan pikiran

Sebuah hobi produktif bahkan bisa membantumu untuk menemukan siapa dirimu sebenarnya. Hobi juga bisa membuat kita rileks dan membuka aliran aura seperti halnya meditasi. Berikut adalah beberapa hobi yang bisa mebantu menenangkan pikiran:

  1. bermusik

Ini mungkin seni dan cara penyembuhan yang paling umum. Entah itu dengan mendengarkan musik atau mengarang musik, keduanya bisa melepaskan stress dan menangkan pikiranmu. Banyak studi menemukan bahwa terapi musik bisa mengurangi kegelisahan,meningkatkan kesehatan kognitif, mengurangi rasa sakit, dan memunculkan pearasaan yang kuat. Para peneliti dari Stanford University juga mengindikasikan bahwa irama musik bisa memiliki efek terapi untuk merawat beberapa kondisi yang berkaitan dengan otak karena mapu menstimulasi otak, bahkan merubah fungsi otak.

Musik yang lembut dengan melodi yang familiar ditelinga akan membantu mengurangi kadar pemicu stress, Cortisol. Memainkan alat musik juga bisa menolong kita untuk mengekspresikan diri dan melepaskan tekanan pikiran.

  1. Melukis

Melukis bisa menjadi cara paling indah dan nyaman untuk menenangkan pikiran. Goresan warna yang berbeda-beda, juga memiliki tingkat energi yang berbeda pula dan secara signifikan bisa membawa pengaruh terhadapa mood-mu. Biru misalnya, diasosiasikan dengan ketenangan, ungu dengan kreativitas dan meditasi, hijau dengan kesegaran, kuning dengan optimisme, orange dengan vitalitas, merah dengan semangat, dan lain-lain. Hobi yang menghibur ini juga bisa membuka pintu kreativitasmu dan membuat pikiranmu menjadi lebih tajam. Melukis sangat ampuh untuk menghilangkan stress, dan melepaskan kepenatan serta rasa marah.

  1. Fotografi

Fotografi merupakan hobi lain yang kreatif dan menyenangkan, yang bisa membuktikan produktivitasmu. Melihat dunia melalui lensa seoranf fotografer bisa menjadi sebuah pengalaman yang mendalam karena kamu akan melihat segala sesuatu secara berbeda.

Fakta bahwa fotografi membutuhkan focus dan keterlibatan penuh utnuk menemukan keindahan dan proporsi dalam segala hal, membuat seni fotografi cukup nyaman dan memberikan rasa puas. Apalgi, foto-foto hasil jepretan kameramu akan membantumu untuk terus mengapresiasi sisi lain yang indah dari kehidupan serta melatih pikiranmu untuk tetap berpikir positif.

  1. Memabaca dan menulis

Baik membaca atuapun menulis adalah hobi umum yang biasa orang gunakan untuk merasa rileks. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Sussex menunjukkan bahwa membaca koran, majalah atau buku bahkan walaupun itu Cuma untuk selama 6 menit, sudah cukup bisa mengurangi tingkat stress sebesar 68 %. Membaca juga membantu menurunkan tekanan jantung, dan melemaskan otot yang kaku. Mencurahkan emosi dan reaksi akan hal-hal yang terjadi dalam hidupmu ke dalam sebuah jurnal kehidupan bisa membantu menjernihkan pikiran, dan membuatnya menjadi tidak stress.

  1. Memasak

Meski memasak bisa jadi sebuah pekerjaan yang membosankan dan merepotkan bagi sebgain orang, namun itu juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan bisa menghilangkan stress bagi orang-orang yang menikmatinya. Memasak bisa menjadi seperti terapi untuk membersihkan pikiranmu dan menyuguhkan sisi kreatif. Memotong atau mencacah bahan makanan bisa menjadi ritual menenangkan yang hebat. Selain itu, memasak juga bisa membawa kita dalam sebuah pengalaman sensor yang baik berkat adanya aroma, rasa, sajian yang baik, dan suara mendesis dari proses memasak.

  1. Memelihara binatang piaraan

Merawat anjing, kucing, ikan, atau burung bisa menjadi sesuatu yang dapat membuat kita nyaman. Penelitian menunjukkan bahwa hidup bersama binatang piaraan bisa menghasilkan beberapa manfaat kesehatan seperti mengurangi stress, meningkatkan mood, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol.sebuah studi membuktikan bahwa penderita penyakit jantung yang memiliki binatang piaraan bisa bertahan hidup lebih lama daripada yang tidak..

0 comments… add one

Leave a Comment