Jangan Remehkan Batuk Kronismu

by Ummi on January 19, 2017

Batuk yang tak kunjung sembuh (kronis), merupakan alasan yang paling utama orang-orang mengunjungi tempat praktek dokter, dan hampir sebagian besar kasus, penyebabnya tidak berbahaya dan mudah untuk disembuhkan (sebut saja bronchitis, alergi, asthma, atau GERD). Namun sesekali, batuk kronis sebaliknya justru mengindikasikan kondisi kesehatan yang berpotensi mengancam jiwa seseorang, ujar Raja M. Flores, MD, pemimpin di Department of Thoracic Surgery di New York City.

Apa kamu menderita batuk yang tak kunjung sembuh lebih dari dua minggu?maka segera periksakan ke dokter. Hal tersebut mungkin saja bisa menjadi hal yang serius, dan dalam skenario terburuk, kamu bisa saja di diagnosa dengan salah satu beberapa kondisi mengerikan berikut ini :

Batuk rejan (pertusis)

Ya, kami serius. Meski sebenarnya penyakit ini pada dasarnya sudah diberantas setelah pengenalan vaksinnya di tahun 1940-an, namun sekarang masih sering kambuh, berkat sebagian besar orang menolak untuk mendapatkan vaksinasi, menurut sebuah studi Emory University yang diterbitkan dalam JAMA di tahun lalu. Pada tahun 2012, 48.277 kasus pertusis dilaporkan ke CDC(merupakan jumlah tertinggi sejak 1955) dan 20 orang dinyatakan meninggal akibat itu.

Waspadalah jika…

Kamu memiliki batuk yang parah yang berakhir dengan suara rejan (whooping) saat kamu menghirup udara. Meskipun awalnya penyakit ini diawali dengan gejala flu biasa seperti pilek, batuk ringan, dan demam, namun setelah satu atau dua minggu kemudian, batuk rejan akan muncul, kadang-kadang begitu intens sehingga kamu bisa-bisa muntah selama atau setelah mengeluarkan batukmu. Jika kamu berpikir kamu menderita batuk rejan, maka segera hubungi petugas kesehatan : pertusis yang tidak diobati dapat menyebabkan pneumonia. Batuk rejan bisa didiagnosis dengan tes darah dan rontgen dada dan diobati dengan antibiotik.

Kanker paru-paru

Enam puluh lima persen penderita kanker paru-paru memiliki batuk kronis pada saat diagnosis, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chest. “Sering kali, itu adalah satu-satunya gejala,” kata Flores. Jangan terbuai ke dalam rasa aman yang palsu jika kamu belum pernah merokok : Penelitian menunjukkan hingga 28% dari kasus kanker paru-paru terjadi pada orang yang tidak pernah menyentuh rokok.

Waspadalah jika…

Batukmu berlangsung selama lebih dari dua minggu, terutama jika disertai dengan darah atau lendir berwarna karat, suara serak, nyeri saat menelan makanan, dan nyeri dada. “Tidak perlu panik, karena kadang itu disebabkan oleh sesuatu yang bisa diobati seperti halnya asma dewasa,” kata Flores. “Tapi selalu perlu diperiksa, idealnya dengan dosis rendah CT Scan, karena x-ray saja dapat melewatkan tumor.”

Pneumonia

Gejala utama dari pneumonia adalah batuk kering persisten yang cenderung memburuk di malam hari. “Orang sering mencoba untuk mengobatinya sendiri di rumah dengan menggunakan obat over-the-counter penekan batuk, yang dapat membuat kamu lebih buruk karena mereka mencegah tubuhmu untuk melonggarkan dan menggerakkan lendir dan cairan dari paru-parumu,” kata Flores.

Waspadalah jika …

Kamu memiliki batuk dan gejala lain yang berhubungan dengan flu yang tampaknya tidak kunjung membaik setelah 10 hari. Temui doktermu sebelumnya jika kamu mengalami kesulitan bernapas, mengalami nyeri dada, menderita demam lebih dari 39 derajat Celcius, dan / atau mengalami batuk disertai nanah berwarna hijau, kuning, atau bercampur darah. Dokter akan mendengarkan paru-parumu dengan stetoskop untuk memeriksa setiap suara berderak yang mencurigakan; jika ia mendengar mereka, kamu mungkin perlu tes darah, rontgen dada, dan, dalam beberapa kasus, CT scan. Pengobatan antibiotik; kebanyakan orang mulai merasa lebih baik dalam beberapa hari.

PPOK

Lebih dari 7 juta wanita Amerika hidup dengan kondisi Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), suatu penyakit paru-paru yang menyebabkanmu mengalami kesulitan bernapas. (Ada dua jenis PPOK:. Bronkitis kronis, atau radang tabung bronkial, dan emfisema, suatu kondisi dimana saluran udara terkecil pada ujung paru-parumu telah hancur) Seringkali menjadi konsekuensi dari merokok, kejadian PPOK telah meningkat empat kali lipat selama lebih dari tiga dekade terakhir. Sejak tahun 2000, lebih banyak perempuan Amerika daripada pria, telah meninggal akibat dari kondisi ini, menurut American Lung Association.

Waspadalah jika …

Kamu adalah seorang perokok atau mantan perokok yang juga memiliki batuk kronis yang menghasilkan banyak lendir, terutama di pagi hari. Kamu juga mungkin mengalami sesak napas, mengi, dan sesak dada. Jangan menunda jika kamu melihat adanya gejala yang mencurigakan: Penelitian menunjukkan bahwa jika semakin dini penyakitmu didiagnosa dan memulai pengobatan (terutama obat resep seperti bronkodilator), maka akan semakin baik pula prognosismu. Dan berhenti merokok adalah suatu keharusan.

Tuberculosis (TB)

Tuberkulosis (TB), adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang dikenal sebagai mycobacterium tuberculosis, yang relatif jarang terjadi di Amerika Serikat. Risikomu terserang TB akan naik jika kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah (misalnya, diabetes, HIV, atau kanker) dan / atau telah menghabiskan waktu di daerah yang berisiko tinggi seperti Afrika atau bagian dari Eropa Timur.

Waspadalah jika …

Batukmu berlangsung lebih dari tiga minggu dan dipasangkan dengan nyeri dada, penurunan berat badan, kelelahan, demam, dan berkeringat di malam hari, dan / atau kamu mengalami batuk darah. Tanpa pengobatan, TB dapat berakibat fatal; itu dapat menyebar ke seluruh tubuh, merusak tulang belakang, sendi, otak, dan bahkan jantung. Ini bisa didiagnosis melalui kulit atau tes darah; pengobatan antibiotik.