Jenis Celana Pria

by Siti Eka Kurniyati on January 5, 2016

Bagi kamu para pria, celana pastinya tidak pernah lepas dari fashion item yang wajib ada di dalam wardrobe. Tetapi, model apa saja yang kamu punya? Ada berbagai macam jenis celana pria yang memiliki model serta fungsi yang berbeda-beda.

jenis celana priaKebanyakan pria memang cenderung cuek terhadap penampilan mereka. Apalagi soal urusan jenis celana yang akan mereka pakai. Namun, tidak ada salahnya bagi kamu kaum adam untuk mengenal macam-macam jenis celana pria serta mengetahui perbedaan serta fungsi masing-masing. Berikut ini adalah ulasan macam-macam jenis celana pria.

Celana Formal

Dari namanya, kita tahu bahwa celana ini hanya akan dipakai di acara formal atau saat bekerja saja dan kurang cocok digunakan untuk waktu santai meski masih bagus untuk menghadiri acara semi formal dengan memadukan atasan yang santai. Celana formal atau celana resmi bisa terbuat dari berbagai macam kain seperti sutera, wool ataupun satin.  Namun, di Indonesia sendiri celana formal identik dengan celana panjang dari bahan kain. Celana formal terdiri dari dua jenis, yaitu pleated (lipit) dan flat front (datar tanpa lipit). Celana berlipit biasa dihindari karena akan membuat yang tidak pas karena bagian bawah (kaki) akan terlihat lebih besar. Namun bagi kamu yang memiliki badan terutama paha yang besar, maka celana formal pleated akan cocok karena akan memberikan ruang yang nyaman pada paha kamu. Bagi kamu yang memiliki tubuh serta kaki yang slim alias kurus, jatuhkanlah pilihan pada celana forma flat front. Warna celana formal atau celana resmi biasanya memakai warna netral dan gelap seperti hitam, cokelat, biru dongker dan khaki.

Celana Khaki

Celana ini berbahan katun 100% dan awalnya memiliki warna seperti pasir atau debu. Namun, celana yang awalnya ditujukan untuk kalangan militer ini sekarang memiliki warna yang lebih beragam. Sama seperti celana formal, celana khaki juga ada yang berlipit dan ada yang tidak.

Celana Chino

Beberapa orang mengenal celana chino sebagai celana khaki. Memang celana khaki dan celana chino terbuat dari bahan yang sama yaitu katun. Namun, celana chino memiliki potongan yang lebih sempit dan berbahan lebih ringan dan lebih sintesis. Asal mula kata chino sendiri adalah penyebutan China, tempat pembuatan celana ini, dengan pelafalan Spanyol. Celana Chino memiliki warna yang beragam mulai dari yang gelap dan terang. Celana chino terdiri dari tiga jenis yaitu straight fit, slim fit and skinny dan boot cut. Model yang pertama, straight fit, cocok digunakan saat bekerja serta acara formal. Slim fit and skinny sesuai untuk dipakai saat acara santai. Celana ini memiliki potongan fit yang menyesuaikan ukuran dan bentuk kaki. Boot cut memiliki potongan melebar di bagian bawah sehingga memungkinkan leher sebatu boot bisa masuk ke dalamnya.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2