Jenis Foundation & Tips Cara Memilihnya Sesuai Warna Kulit

by Ummi on November 15, 2013

1. Jenis-jenis foundation

Foundation atau yang lebih kita kenal dengan sebutan alas bedak, termasuk salah satu bagian riasan terpenting bagi wanita yang fungsinya membuat sapuan bedak ke wajah serta membuat bedak lebih awet menempel pada wajah. Kita harus lebih selektif dalam memilih jenis foundation, karena ada begitu banyak merek dan jenisnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, baik dari warna maupun bentuknya. Berikut ini adalah beberapa jenis foundation serta keunggulannya masing-masing:

  • Liquid foundation (alas bedak cair)

Ini termasuk jenis yang paling ringan. Sangat cocok untuk digunakan sehari-hari dan bisa digunakan untuk kulit berminyak karena tidak sepenuhnya menutupi pori-pori.

  • Cream foundation (alas bedak krim)

Alas bedak dalam bentuk krim lebih cocok untuk kulit normal dan kering karena efeknya mampu menutupi pori-pori.

  • Stick/ cake foundation (alas bedak padat)

Alas bedak padat merupakan jenis yang cukup berat. Disarankan untuk digunakan sebagai riasan saat pesta atau acara-acara penting tertentu.

2. Tips cara memilih foundation sesuai warna kulit

Pilih warna foundation yang bisa menyatu dengan sempurna dengan warna kulit wajah. Untuk itu, jangan sampai membeli foundation tanpa mencobanya terlebih dahulu. Agar lebih jelas, simak beberapa tips berikut ini :

  • Pilih beberapa warna

Terlebih dahulu, bersihkan wajah dan pastikan tanpa make-up sedikitpun. Lalu, pilih foundation yang sewarna dengan kulit wajah kamu. Menurut beberapa make-up artist, alas bedak warna kuning sangat cocok untuk semua warna kulit wajah, karena akan membuat warna kulit menjadi tampak natural dan lebih lembut. Jika kamu ingin tampil dengan make-up mencolok, pilih warna foundation yang lebih cerah dari warna kulit wajah.

  • Aplikasikan pada kulit

Selama ini, sebagian besar orang mencoba foundation atau alas bedak pada kulit di sekitar tangan atau pergelangan tangan. Namun ternyata, yang paling bagus adalah mencobanya di sekitar rahang. Dengan mengaplikasikannya di rahang, kamu bisa langsung mengetahui warna apa yang cocok dengan wajah dan leher kamu agar terhindar dari kesan make-up yang seperti topeng/ badut.

  • Ceramati dengan seksama

Apabila memungkinkan, berdirilah di dekat pintu atau bagian ruangan yang memiliki pencahayaan natural (tanpa efek cahaya lampu). Hal ini untuk mengetahui apakah foundation sudah menyatu sempurna dengan kulit atau tidak.

  • Pilih warna yang hampir sama dengan warna kulit

Kuning adalah warna yang paling netral untuk kulit orang Asia, karena warna pigmen kulit orang Asia adalah kuning. Meskipun begitu, usahakan memilih warna alas bedak yang paling mendekati dengan warna asli wajah kamu.

Jika warna wajah kamu tidak rata, pilih alas bedak yang warnanya paling mendekati bagian kulit wajah yang tergelap. Jika memilih warna ynag mendekatiu bagian kulit paling cerah, wajah akan terlihat seperti memakai kapur. Jika masih ragu, cobalah warna kekuningan karena, apapun warna kulit kamu, warna inilah yang palin aman untuk dipilih.

Untuk menutupi cacat/ noda diwajah, pilih alas bedak yang warnanya setingkat lebih gelap dari warna kulit wajah. Jika ingin membuat wajah tampak lebih putih/ lebih gelap misalnya, jangan memilih alas bedak yang warnanya terpaut jauh dari warna kulit. Hal ini malah akan membuat wajah terlihat seperti topeng. Untuk menyiasatinya, pilih alas bedak yang setingkat lebih gelap atau terang. Untuk hasil alami, gunakan campuran alas bedak gelap dan terang sampai mendekati warna kulit..