Jenis Jas Pria

by Siti Eka Kurniyati on January 21, 2016

Jas adalah pakaian para pria yang biasa mereka kenakan untuk acara formal maupun non formal. Pria memang bisa terlihat maskulin hanya dengan menambahkan jas pada pakaian yang mereka kenakan.

Model Jas Pria sesuai bentuk tubuhPria biasanya sering menghindari pemakaian jas untuk acara non formal karena kesan formal yang kuat dari pemakaian jas. Padahal, jas juga bisa dipakai untuk acara semi formal maupun santai. Tergantung cara kita memilih dan memakai, jas bisa kita pakai untuk acara santai seperti hangout ataupun acara santai lainnya. Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui jenis jas dan fungsinya terlebih dulu. Di bawah ini ada ulasan mengenai jenis jas untuk acara yang cocok.

Jenis Jas Berdasarkan Jumlah Kancing

Ada dua jenis jas yang didasarkan pada jumlah kancing yaitu single breasted dan double breasted. Single breasted memiliki satu baris kancing bisa terdiri dari satu sampai tiga kancing, sedangkan double breasted memiliki dua baris kancing dan biasanya terdapat empat sampai enam kancing (tidak lebih). Single breasted memberikan kesan yang kasual dan santai dan bisa juga digunakan untuk acara forml. Jika kamu memiliki tubuh yang tinggi, kamu bisa memilih bisa memilih single breasted dengan tiga kancing, sedangkan bagi kamu yang memiliki tinggi badan yang rata-rata bisa memilih single breasted dengan satu atau dua kancing. Double breasted memang sudah jarang diproduksi karena hanya cocok bagi kaum pria yang memiliki tubuh tinggi dan ramping. Namun masih tetap eksis untuk pria kalangan atas yang menginginkan kesan yang lebih maskulin.

Jenis Jas Berdasarkan Vent (Potongan Bagian Belakang)

Vent adalah belahan yang ada di bagian belakang jas yang didesain untuk memudahkan pergerakan tubhuh. Ada tiga jenis jas yang dibedakan berdasarkan jumlah ventnya, ada yang tanpa vent, single vent dan double vent. Bagi kamu yang memiliki tinggi tubuh di bawah rata-rata, sebaiknya kamu memilih jas dengan double vent, dan bagi kamu yang memiliki tubuh yang tinggi kamu akan cocok dengan jas yang memiliki single vent atau yang tanpa vent.

Jenis Jas berdasarkan Saku

Ada dua jenis jas bila berdasarkan dengan bentuk sakunya, yaitu flap pocket coat dan jetted pocket coat. Flap pocket coat adalah model jas pria yang memiliki kantung dengan tutup dan pada jetted pocket coat kantung sakunya tidak memiliki penutup. Untuk kamu yang ingin tampil lebih berwibawa dan untuk acara formal, lebih baik kamu menggunakan jenis jaket pria yang memiliki flap pocket. Sedangkan jika kamu ingin memakai jaket untuk acara santai dan mendapatkan kesan kasual, kamu bisa memakai jas yang memiliki saku tanpa penutup / jetted pocket.

Tuxedo

Jenis jas pria yang satu ini memang sangat berbeda dibandingkan dengan jenis jas pria yang lainnya. Tuxedo biasanya dipadukan dengan kemeja berkerah dan dasi kupu-kupu.