Jenis-Jenis Kuas Make Up dan Fungsinya

by Ummi on September 12, 2013

Demi tercapainya make up yang sempurna, kamu harus tahu jenis-jenis kuas make up dan fungsinya. Ada sekian banyak jenis kuas make up yang bisa kamu pakai buat berdandan, apakah itu yang berukuran sedang, kecil, besar, sangat besar, atau yang ujungnya membulat, asimetris, meruncing, dan sebagianya. Setiap kuas ini sebenarnya memililki kegunaan dan fungsi masing-masing sebagaimana penjelasan berikut ini;

Kuas Make up

Kuas make up besar bulat

Kuas yang berukuran besar seperti ini biasanya dipakai untuk blusher atau bedak tabur. Kuas ini mudah dipakai dan terasa nikmat waktu kena kulit, karena terasa lembut dan ringan. Cara memakainya adalah; sapukan kuas secara ringan, nggak perlu ditekan terlalu dalam. Sapukan ke bedak tabur, atau blusher, atau mungkin bronzer, lalu jangan lupa mengetukkan dengan lembut untuk membuang kelebihan butiran make up. Untuk blusher, balurkan kuas di sekitar tulang pipi. Untuk bedak, sapukan dalam bentuk ligkaran-lingkaran yang ringan, jadi butiran bedak bisa menempel sempurna di kulit wajah.

Kuas eyeshadow kecil

Kuas ini biasnya falt atau datar, dengan ujung berbentuk persegi dan ukurannya kecil. cara memakainya cukup mudah; sapukan eyeshadow di ujungnya, lalu oleskan di kelopak mata.

Kuas eyeliner/ alis

Kuas in hampir sama dengan kuas eyeshadow, tetapi ujungnya dipotong asimetris. Untuk eyeliner: tekan ujung kuas yang bersudut pada eyeliner, lalu aplikasikan pada bulu mata bagian atas atau bagian bawah. Mulailah dari bulu mata di sudut bagian dalam, lalu mengarah keluar. Manfaatkan kuas ini buat membaurkan garis hingga ke akar bulu mata. Untuk alis: untuk memperjelas bentuk alis, sapukan kuas sedikit pada eyeshadow berwarna cokelat tua atau hitam. Pilih warna yang sedikit lebih tua dari warna alami alis, kemudian sapukan kuas dengan ringan ke arah alis, ikuti arah tumbuhnya alis ya, agar alis tetap rapi sekaligus terbentuk.

Kuas alas bedak

Kuas ini berukuran sedang, dengan bulu-bulu kuas agak pendek. Cara memakainya; teteskan sedikit cairan alas bedak di punggug tangan. Sapukan kuas di atas bedak tersebut, baru aplikasikan secara ringan di kulit wajah. Usahakan untuk memulasnya setipis dan serata mungkin, supaya dandanan kamu tidak terlihat tebal.

Kuas lipstik

Kuas ini berbentuk cukup mungil, dengan ujung kuas yang agak runcing dan bulu-bulunya cukup halus. Sapukan ujung kuas ke dalam kemasan lisptik sampai lipstik menempel. Mulailah dari bibir atas terlebih dahulu, lalu lakukan hal yang sama untuk bibir bagian bawah.

Kuas concealer

Kuas ini ukurannya juga cukup kecil dan memiliki ujung datar. Cara memakainya hampir sama dengan alas bedak, yaitu oleskan sedikit concealer lebih dulu di punggung tangan, sapukan ujung kuas pada concealer tersebut, lalu aplikasikan secara ringan pada bagian yang anda inginkan..