Jenis-Jenis Minuman dan Pengaruhnya Terhadap Tubuh

by Ummi on April 1, 2016

Banyak sekali jenis minuman yang beredar di pasaran sana. Mulai dari susu, jus, minuman olahraga, minuman serbuk instan, kopi, hingga minuman bersoda. Banyak pakar kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi 6-8 gelas cairan per hari, dan semua jenis minuman, termasuk air putih, susu, dan bahkan teh atau kopi juga masuk hitungan. Memang sangat mudah sekali bagi kita untuk mencarinya, namun memilih dan membeli minuman menyehatkan sebagai bagian kunci dari mendapatkan diet seimbang sangatlah sulit. Kita perlu teliti dalam melihat kandungan gizi dan pengaruh minuman tersebut terhadap tubuh kita. Untuk itu, berikut akan kami ulas tentang berbagai jenis minuman dan pengaruhnya bagi tubuh kita ;

jenis minuman

Air putih

Berbicara tentang pilihan minuman yang paling sehat, maka air putihlah yang berada di urutan teratas. Air putih adalah pilihan murah meriah dan menyehatkan untuk menghilangkan dahaga di saat kapanpun. Air putih bebas kalori dan tidak mengandung gula yang bisa merusak gigimu. Sedangkan teh dan kopi tawar (tanpa tambahan gula didalamnya) juga bisa jadi pilihan menyehatkan.

Jika kamu tidak terlalu suka dengan rasa air putih yang tawar, maka kamu bisa mencoba untuk menambahkan beberapa irisan jeruk lemon atau jeruk nipis. Atau panaskan airnya, dan beri sedikit teh celup atau irisan lemon.

Susu

Susu adalah sumber kalsium yang baik bagi tubuh, sebuah mineral yang akan membantu membentuk dan mempertahankan tulang yang kuat dan sehat. Susu juga mengandung protein, vitamin, dan mineral lain, dan tidak akan mengakibatkan gigi berlubang. Untuk pilihan yang lebih menyehatkan, pilihlah jenis susu semi skim, susu dengan lemak 1 %, atau susu skim. Namun, batasi asupanmu akan susu dengan aneka rasa, milkshake, dan susu berbasis energi atau susu malt, karena susu-susu ini mengandung gula tambahan, yang bisa berakibat buruk bagi gigi.

Susu juga sangat penting bagi anak-anak. Mereka harus minum susu utuh (whole milk) hingga mereka berusia 2 tahun, karena mereka tidak meungkin mendapatkan asupan kalori yang mereka butuhkan hanya dari susu rendah lemak. Susu sapi juga sebaiknya tidak diminumkan pada anak sampai anak berusia 1 tahun karena susu sapi tidak mengandung nutrisi seimbang yang dibutuhkan bayi.

Jus, smoothies, dan 5 porsi buah sayur sehari

Jus dan smoothies yang terbuat dari buah dan sayur mengandung berbagai vitamin yang bagus untuk kesehatan kita. Segelas kecil jus buah bisa mengurangi satu jatah rekomendasi 5 porsi buah dan sayur harianmu. Namun itu hanya bisa kamu jadikan salah satu bagian dari 5 porsi saja, karena jus tidak mengandung serat yang terdapat pada buah dan sayur utuh.

Namun kamu juga perlu tahu, jus buah juga mengandung gula yang bisa merusak gigi. Hal terbaik untuk meminumnya adalah menyertainya dengan makan karena ini dapat membantu melindungi gigi. Lain halnya dengan gula yang ditemukan secara alami dalam buah utuh (tidak dijus), kurang begitu menyebabkan kerusakan gigi karena gulanya terkandung didalam struktur buah. Ketika buah dijus atau diblender, maka gulanya akan dilepaskan. Setelah dirilis, gula ini dapat merusak gigi, terutama jika kamu sering minum jus. Bahkan jus buah tanpa pemanis sekalipun sudah mengandung gula, sehingga awasilah jumlah jus buah dan smoothie yang kamu konsumsi.

Minuman bersoda, sirup, dan aneka squash dengan gula tambahan

Minuman bersoda, aneka squash, dan minuman jus kemasan bisa mengandung banyak gula tambahan dan sedikit sekali nutrisi, sehingga sebaiknya konsumsi seminimal mungkin, apalagi untuk anak-anak. Air putih berperisa (flavoured water) juga bisa mengandung sejumlah besar gula, jadi sebaiknya periksa dulu label gizi sebelum kamu membelinya. Dan hati-hati pula terhadap “minuman jus kemasan” karena mungkin saja jus itu justru tidak mengandung cukup buah asli didalamnya untuk bisa mengurangi jatah 5 porsi buah dan sayur harianmu.

Minuman dengan kandungan gula tinggi, juga berarti tinggi akan kalori, sehingga bisa ikut andil dalam menyebabkan lonjakan berat badanmu. Mengurangi minuman sirup atau jus kemasan adalah cara yang baik untuk mengurangi jumlah kalori. Gula tambahan yang terdapat dalam minuman jenis ini, juga berarti mereka bisa merusak gigimu. Jadi, jika kamu punya minuman soda atau sirup buah, maka minumlah bersama dengan makanan untuk mengurangi kerusakan pada gigi.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2