Jenis Jenis Terapi Pijat & Manfaatnya

by Ummi on December 3, 2013

Yang namanya message atau pijat, siapa yang dapat mengingkari keasyikan dan kenikmatannya. Pijat, selain berfungsi untuk melancarkan peredaran darah guna menghilangkan rasa penat dan capek, ternyata juga bisa digunakan untuk keperluan tertentu, seperti misalnya mengobati penyakit dan bahkan untuk melangsingkan tubuh.

Jenis Jenis Terapi Pijat & Manfaatnya

Terapi pijat adalah suatu sistem terapi yang bekerja dengan cara mengusap, meremas, menepuk atau menekan jaringan lunak tubuh untuk memberikan efek rilek secara fisik dan psikis. Terapi ini sudah digunakan sejak berabad-abad, dan biasa fokus pada otot. Pijat selain berguna untuk mengurangi nyeri dan rasa kaku pada otot, juga untuk meningkatkan mobolitas, rehabilitas otot yang cidera dan mengurangi nyeri kepala.

Tahukah kamu ada beberapa macam terapi pijat yang masing-masing memiliki tekhnik dan efek tertentu bagi tubuh? Kamu ingin mencobanya sesekali, jadi simak uraian berikut ini;

  • Swedish/ western message, merupakan tipe yang paling umum dari pijat seluruh tubuh dengan memberikan tekanan pada otot untuk merelaksasikannya dan melancarkan sirkulasi.
  • Deep tissue message, berfokus pada lapisan dalam otot dan jaringan penyangga dalam untuk melepaskan ketegangan.
  • Sport message, dilakukan sebelum atau sesudah berolah raga dengan tujuan membantu menyembuhkan cidera akibat olahraga. Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan mobilitas dan mengurangi kelelahan.
  • Myoterapi & Neuromuscular message, membantu menyeimbangkan sistem saraf dan otot, berfokus untuk menemukan dan mengurangi trigger point dengan tekanan dalam. Trigger point merupakan titik dimana jaringan otot secara abnormal sensitif dan mudah terganggu.
  • Aromatherapy message, pijat jenis ini dipadukan dengan pemakaian aromaterapi untuk memberikan efek rileks pada tubuh atau tujuan tertentu sesuai dengan penggunaan aromaterapi.
  • Reflexology message, pijat ini diaplikasikan pada titik tangan dan kaki dengan tujuan untuk menyembuhkan penyakit tertentu atau menjaga kesehatan tubuh.

Itulah beberapa jenis terapi pijat dan gambaran sekilas mengenai message, bagaimana apa kamu tertarik..?.