≡ Menu
werno-werno.com

Jenis Makanan Yang Bisa Meyebabkan Konstipasi

Siapa sih yang mau menderita konstipasi alias sembelit? Konstipasi bisa menyebabkan perut kembung, melilit dan sakit perut. Menurut  American Journal of Gastroenterology, konstipasi telah menyerang sekitar 42 juta orang di Amerika Serikat saja. “Meski tidak ada satu jenis makanan tertentu yang menjadi penyebab langsung dari konstipasi, namun diet yang rendah serat dan air adalah yang paling umum dikaitkan dengan penyebab konstipasi, karena diet tinggi serat dan hidrasi yang memadai bisa menjaga pencernaanmu tetap lancar,” ujar pakar diet dan gizi bersertifikat, Jessica Fishman Levinson. Namun konon katanya, ada beberapa jenis makanan tertentu yang bisa berkontribusi membuat pencernaanmu tidak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjadi biang kerok dari konstipasi yang kamu alami sehingga bisa kamu hindari di kemudian hari :

Fast food

Memakan makanan siap saji bisa menghambat laju buang airmu. Makanan seperti burger, kentang goring, dan fried chichken yang ada di daftar menu fast food selalu rendah kandungan seratnya dan tinggi lemak. “Mereka bisa mengambil lebih banyak waktu agar  bisa dikosongkan dari perut,” kata Leslie Bonci, seorang pakar diet dan spesialis diet olahraga terdaftar memperingatkan. Fast food juga sering tinggi sodium, yang mana itu bisa mencegah air untuk mendorong keluar limbah pencernaan.

Produk susu

Keju, es krim, dan susu memiliki peluang besar untuk membuatmu mengalami konstipasi, namun produk susu tidak semuanya buruk. Immunoglobin G (IgG) adalah sejenis protein susu yang telah dikaitkan dengan konstipasi, jadi usahakan untuk tidak mengkonsumsi produk susu secara berlebihan. Di sisi lain, produk susu seperti yogurt dan kefir mengandung probiotik, bakteri baik yang akan membantu menjaga agar percenaanmu tetap lancar.

Kue, kukis, dan roti-rotian

Deretan kue dan roti lezat yang terpampang di etalase toko kue mungkin tampak kelihatan  menggoda kita, namun makanan siap makan yang diproses kukis dan produk roti-rotian yang lain bisa menyebabkan konstipasi. “Mereka tinggi akan lemak, rendah serat, dan juga rendah dalam kandungan cairan,” ujar Levinson. Pilihan lebih baik : pilih makanan penutup tinggi serat seperti semangkuk buah blueberry, buah pir, atau bar kurma & oat.

Permen

Aneka permen sering dikelompokkan ke dalam kategori makanan penyebab konstipasi, namun sebenarnya bukan permen itu sendiri yang jadi biang kerok utama. “Gula yang terkandung dalam permen itu sendiri tidaklah menyebabkan konstipasi, namun berhubung banyak makanan yang kaya akan gula tambahan rendah akan kandungan serat dan nutrisi yang lain, memakan terlalu banyak jenis makanan ini sebagai pengganti dari makanan tinggi serat dapat menyebabkan konstipasi,” kata Levinson memperingatkan.

Pisang

Memang benar pisang matang adalah sumber serat dan potassium yang baik, yang bisa membantu menangkal konstipasi, namun pisang yang masih mentah (belum matang benar) adalah kebalikannya.  Pisang yang masih mentah lebih tinggi kandungan pati dan tannin nya, sehingga membuat pisang terasa getir dan bisa menyebabkan ataupaun memperburuk konstipasi.

0 comments… add one

Leave a Comment