Jenis Model Gaun Wanita

by Siti Eka Kurniyati on January 26, 2016

Ingin pergi ke pesta tapi bingung memilih gaun mana yang cocok untuk kamu beli dan pakai? Bagi wanita, fashion merupakan suatu hal yang wajib. Apalagi jika harus pergi ke acara formal seperti ke pesta pernikahan atau gala dinner, wanita pasti mempersiapkan penampilannya semaksimal mungkin.

macam-macam jenis dress wanitaGaun adalah salah satu atribut fashion yang paling penting untuk menonjolkan penampilan para wanita. Gaun yang dipilih dengan tepat akan membuat bentuk tubuh terlihat lebih bagus dan akan membuat auramu lebih terpancar. Nah, jenis dress atau gaun apa saja sih yang sedang hit di pasaran sekarang ini?  Di bawah ini kami akan membahas beberapa jenis gaun serta waktu penggunaannya.

Midi Dress

Jenis gaun atau dress yang pertama adalah midi dress. Midi dress mungkin adalah gaun yang paling sering kamu jumpai di took pakian. Memiliki potongan simple dan imut dengan bagian bawahnya yang terakadang ada juga yang menggelembung. Bahan pembuat midi dress ada yang terbuat dari batik, satin, velvet dll. Jenis dress ini cocok bagi kamu yang memiliki bentuk badan yang besar pada bagian bawah seperti pada bokong dan pinggul apalagi untuk dress midi yang bagian bawahnya bergelembung. Midi dress cocok digunakan saat acara semi formal dan santai seperti hangout atau shoping.

A-Line Dress

Seperti namanya, gaun ini memiliki perpotongan baju seperti huruf A, sempit pada bagian atas dan semakin melebar pada bagian bawah. Cocok bagi kamu yang memiliki pinggul lebar karena dress ini akan menyamarkan bagian tersebut.

Sheath Dress

Bagi kamu yang ingin lebih memamerkan lekuk tubuhmu, jenis gaun yang satu ini akan cocok untukmu. Sheath dress memiliki potongan yang mengikuti lekuk ubuh seperti pada dada, pinggang dan pinggul dan kebanyakan gaun seperti ini jatuh tepat di atas lutut (knee-length dress). Gaun ini ada yang strapless atau yang memiliki tali spageti. Sheath dress tidak disarankan dipakai bagi kamu yang memiliki tubuh yang gemuk karena malah akan memperburuk tampilanmu.

Shift Dress

Gaun ini mungkin bisa dibilang adalah kebalikan dari sheath dress karena shift dress tidak memiliki potongan yang mengikuti bentuk tubuh. Gaun atau dress ini berpotongan lurus dari atas ke bawah tanpa ada garis pinggang sekalipun.

One Shoulder Dress

Ciri utama dari dress ini bisa terlihat dari namanya, one shoulder, yaitu gaun ini hanya memiliki satu lengan. Model gaun ini ada yang cenderung memiliki potongan yang mengikuti bentuk tubuh dan panjangnya bervariasi, ada yang di atas lutut dan ada juga yang sampai ke mata kaki. Cocok untuk dipakai saat acara pesta serta gala dinner resmi serta acara formal lainnya.

Wrap Dress

Sekilas gaun ini mirip dengan kimono karena model talinya yang diikat ke samping. Gaun inilah yang sangat cocok bagi kamu yang memiliki badan yang gemuk karena tali bisa disesuaikan dengan lingkar pinggang yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Wrap dress cocok dipakai baik di kantor maupun acara resmi.

Halter Dress

Ciri utama dari gaun ini adalah bagian lehernya, yang memiliki kerah melingkar dan tidak memiliki lengan. Gaun ini juga memiliki efek berkerut yang cantik pada bagian depan dada. Cocok untuk kamu pakai saat menghadiri pesta.

Party Dress

Partu dress umumnya memiliki korset di bagian pinggang yang akan membentuk lekuk tubuhmu. Selain itu, party dress tidak memiliki lengan juga tali yang akan memamerkan bahu serta lenganmu.