Jenis & Penyebab Sakit Kepala

by Ummi on January 22, 2015

Sakit kepala, hampir dialami oleh setiap orang. Penyakit yang memiliki berbagai macam jenis ini, kerap kali menjengkelkan jika sakitnya tidak tertahankan. Ingin tahu lebih dalam mengenai sakit kepala? Ikuti ulasan selengkapnya berikut ini:

penyebab sakit kepala

1. ada tiga jenis utama dari sakit kepala

Meskipun ada ratusan lebih bentuk berbeda dari sakit kepala, namun kesemuanya tergolong ke dalam tiga kelompok dasar, yakni :

  • sakit kepala yang tegang, jenis ini bisa berkaitan erat dengan stress yang melibatkan otot wajah dan leher yang terasa tegang.
  • Sakit kepala Vaskular, yang meliputi sakit kepala klaster dan migrain.
  • Sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti infeksi sinus.

2.apa yang kamu makan bisa berpengaruh

Hampir dari seperempat penderita sakit kepala, bisa disembuhkan dengan cara menghindari beberapa makanan tertentu seperti keju tua, coklat, alcohol, dan daging asap. Sakit kepala yang di picu oleh beberapa makanan tadi biasa disebut dengan sakit kepala ‘Hot Dog’. Pemicu lain yang sudah umum adalah melewatkan sarapan atau makan siang. Untuk itu, bagi para pasien yang rawan terkena sakit kepala, dianjurkan untuk makan tepat waktu dan tidak melewatkan jadwal makannya.

3. perubahan cuaca juga bisa berpengaruh pada otakmu

Perubahan cuaca bisa memicu sakit kepala bagi sebagian orang, yang mungkin brekaitan dengan fluktuasi tekanan Barometrik. Dan para peneliti dari Universitas Cincinnati menemukan bahwa penderita sakit kepala yang kronis memiliki peningkatan 31% resiko terkena sakit kepala dan 28% terkena migraine saat kondisi cuaca memburuk dan petir melanda daerah mereka.

4. ada garis tipis antara terlalu banyak tidur dan kurang tidur

Mengulur waktu pada waktu tunda alarm berbunyi (snooze), bisa menyebabkan sakit kepala berat, namun tidak bisa tidur juga bisa menjadi pemicunya. Akibat adanaya gangguan pola tidur, banyak orang menderita migraine di akhir pecan. Untuk mendapat istirahat yang cukup, berpeganglah pada waktu tidur yang teratur, hindari maknan berat sebelum tidur, dan matikan TV setelah larut malam.

5. stress juga bisa menyakitkan

Kamu mungkin sadar bahwa kamu akan terkena sakit kepala saat proyek besar menumpuk di meja kerjamu atau saat deadline (tenggat waktu) sedah semakin dekat. Praktekkanlah beberapa teknik untuk melepaskan stress guna menghindari sakit kepala atau sakit lain yang dipicu oleh stress.

6. bagaimana caramu dudukmu di meja berpengaruh sangat besar

Postur yang keliru dan posisi duduk yang merosot juga bisa menciptakan masalah. Duduklah dengan tegak, dan jaga kepala tetap lurus. Lalu pelan-pelan tarik lenganmu ke belakang. Dan picingkan mata di depan computer dengan mengerahkan otot-otot di sekitar mata dan seluruh kepala. Pastikan kamu berada pada jarak yang nyaman dan aman dari computer serta kurangi cahaya yang terlalu menyilaukan.

7. periode menstruasi juga berpengaruh

Lebih dari 28 juta warga Amerika yang menderita migraine, 70%-nya adalah wanita. Sementara pria memiliki hormone yang realtif lebih stabil. Sedangkan kadar hormone wanita sangat bervariasi di kala mengalami periode menstruasi, sehingga memicu migraine dan sakit kepala yang tegang saat masa mens atau menjelang mens. Wanita dari segi genetic juga cenderung untuk terkena migraine. Pil KB juga bisa menjadi biang keladi. Saat kamu menggunakan Pil KB, tubuhmu menjadi terbiasa dengan kadar estrogen yang lebih tinggi selama tiga mingggu pertama dari siklus haid. Lalu, tiba-toiba harus menyesuaikan untuk tingkat yang lebih rendah pada minggu terakhir. Penurunan drastic dalam estrogen bisa menyebabkan sakit kepala.

8. efek samping obat-obatan

Hampir setiap jenis obat, termasuk pil anti alergi dan obat penurun kadar kolesterol, mencantumkan sakit kepala sebagai efek samping yang potensial. Ironisnya, hal ini juga termasuk pada obat pereda sakit kepala. Jika kamu minum Aspirin atau Ibuprofen lebih dari tiga hari dalam seminggu, kamu akan mungkin tergantung pada obat tersebut. Lalu, saat kamu mencoba untuk berhenti, kamu akan terkena apa yang disebut dengan sakit kepala umpan lambung Analgesik. Katakanlah pada doktermu jika kamu menduga obatlah yang menjadi penyebab dari rasa sakitmu. Mengganti resep obat bisa membuat perbedaan yang berarti..