Jenis Perawatan Kuku

by Siti Eka Kurniyati on December 17, 2015

Ada beberapa jenis perawatan kuku yang ditawarkan di berbagai salon perawatan kecantikan. Ya, kuku memang salah satu anggota tubuh yang perlu  dirawat secara khusus bagi perempuan selain perawatan rambut dan perawatan kulit.

jenis perawatan kukuKamu tentu pasti sudah sering mendengar istilah perawatan kuku Manicure dan Pedicure. Tapi kamu tau ngga sih perbedaan kedua perawatan kuku tersebut. Sebenarnya, selain manicure dan pedicure, masih ada jenis perawatan kuku lain yang bisa kamu lakukan untuk merawat kukumu agar tampak indah dan sehat. Apa saja perbedaan manicure dan apa saja jenis perawatan kuku yang lain?

Manicure

Manicure adalah perawatan jari-jari tangan terutama bagian kuku. Cara manicure adalah dengan merendam tangan ke dalam air sabun untuk memudahkan penghilangan sel kulit mati kemudian kuku dipotong dan dibentuk dengan rapid an jika ingin maka ditambahkan dengan pewarnaan kuku yang kamu inginkan. Ada jenis manicure yang sedang tren di kalangan masyarakat yaitu French Manicure. French manicure sama halnya dengan manicure biasa, hanya saja kuku akan diwarnai dengan warna yang akan membuat kuku terlihat transparan dan natural juga diberikan tips (pinggiran) berwarna putih untuk menambah kesan klasik. Perawatan French Manicure diakhiri dengan pemberian pelembab dan pijatan cepat pada tangan dan lengan. (baca : cara melakukan manicure dan pedicure di rumah)

Pedicure

Pedicure adalah perawatan kaki dan kuku kaki agar tampak lebih indah dan sehat. Pedicure dan manicure adalah jenis perawatan yang hampir sama cara melakukannya, bedanya pedicure dilakukan pada bagian kaki dan bertujuan juga untuk menghilangkan bau kaki, tumit pecah-pecah dan kapalan. Pedicure French juga sedang populer di kalangan masyarakat, perawatannya sama dengan Manicure French yaitu pemberiaan warna yang akan membuat kuku terlihat transparan dan pemberian tips warna putih juga pemberian pelembab dan pijat cepat pada bagian kaki. (baca : tips pedicure dan mengatasi bau kaki)

Spa Kuku

Spa kuku adalah perawatan paket lengkap bagi kuku tangan dan kuku kaki. Manicure serta pedicure regular sudah termasuk ke dalam perawatan khusus yang satu ini. Selain itu, juga ditambahkan perawatan khusus pada jari-jari tangan dan kaki dengan bahan yang menenangkan. Juga pijatan dan serangkaian perawatan yang akan meremajakan kuku tangan dan kaki, kutikula serta kulit.

Parafin

Seperti namanya, perawatan kuku yang satu ini memang menggunakan bahan dari zat lilin dalam prosesnya. Zat lilin bermanfaat untuk melembutkan kulit. Perawatan ini dilakukan dengan membungkuskan zat lilin ke tangan dan kaki, proses ini akan membuat zat alkalin yang terkandung dalam lilin meresap sempurna ke dalam kulit. Perawatan paraffin juga melibatkan manicure dan pedicure.

Itu dia tadi 4 jenis perawatan kuku yang biasanya ditawarkan di salon-salon kecantikan. Baca juga artikel mengenai Tips Merawat Kuku dan Tips Mengkilapkan Kuku.