≡ Menu
werno-werno.com

Jenis Sepatu Pria

Sepatu merupakan salah satu alas kaki yang menjadi item fashion favorit bagi pria maupun wanita. Sepatu memang merupakan salah satu poin penunjang penampilan. Sepatu juga bisa dijadikan sebagai patokan style ataupun kepribadian kamu.

jenis sepatu priaSebagian pria memang tidak terlalu memperdulikan jenis alas kaki yang mereka pakai, namun tidak ada salahnya kan kamu mulai memahami jenis sepatu pria itu apa saja supaya kamu bisa mematchingkan sepatu dengan pakaianmu. Sebenarnya tahukah kamu ada berapa jenis sepatu pria? Ada banyak macam-macam sepatu pria beserta fungsinya. Mau tau lebih lanjut tentang jenis sepatu pria yang beredar di pasaran? Simak ulasan di bawah ini.

Sepatu Sneakers

Jenis sepatu pria yang satu ini memang sedang hits. Identik dengan tali dan model yang sporty karena memang sering juga digunakan untuk olahraga selain acara santai juga jalan-jalan. Selain tali, cirri lain dari sneakers adalah bentuknya yang mungil (tidak terlalu lebar) dan memiliki tinggi sekitar mata kaki. Dulunya, bahan baku pembuat sneaker adalah kanvas. Namun, sekarang sneakers sudah diproduksi dengan berbagai inovasi seperti dengan menggunakan bahan jeans, tweed, corduroy, kulit dan sebagainya. Ada empat jenis sepatu sneakers yang bisa kamu koleksi seperti flat forms sneakers, low sneakers, high tops sneakers dan wedges sneakers.

Boots

Boots adalah jenis sepatu pria yang telah ada sejak zaman dulu. Boots dulunya khusus diperuntukkan bagi militer yang berperang. Dan sekarang, sepatu boots sering dipakai untuk berbagai keperluan mulai dari berpetualang, camping, mendaki dan sebagainya. Namun, sepatu boots terkadang juga digunakan untuk acara semi formal untuk menonjolkan tampilan kasual dan gaya. Sepatu boots juga dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah vintage boots, ankle boots, tall boots, knee-high boots, desert boots  dll.

Sepatu Loafer

Sepatu jenis ini adalah sepatu yang bersifat semi formal. Bahan bakunya bisa dari kulit dan suede. Loafers berbahan kulit biasanya dipakai saat acara semiformal karena memiliki gaya yang klasik. Sedangkan sepatu loafers yang terbuat dari suede biasanya digunakan saat acara santai karena akan memberikan tampilan yang kasual. Sepatu loafers terdiri dari dua jenis yaitu whole cut loafers dan tassel loafers.

Sepatu Oxford

Mencari sepatu yang paling formal untuk acara resmi? Sepatu oxford adalah yang paling tepat. Sepatu ini biasanya digunakan pada acara formal seperti pesta pernikahan, pergi kerja, dll. Sepatu ini identik dengan tali dan memiliki warna yang gelap netral dan berbahan kulit mengkilap. Pada perkembangannya, jenis sepatu pria yang satu ini juga dibuat dari bahan kulit berpola atau suede dan memiliki warna yang mencolok untuk pemakaian yang tidak terlalu formal. Jika kamu memiliki sepatu ini, gunakanlah semir yang mengandung lilin untuk membuatnya tampak lebih mengkilap.

Sepatu Monkstrap

Jika kamu ingin punya sepatu yang bisa dipakai untuk acara formal ataupun nonformal, maka sepatu monkstrap adalah salah satu jenis sepatu pria yang wajib kamu punya. Sepatu ini identik dengan sabuk pengait dengan bentuk gesper di bagian atasnya. Bahannya bisa terbuat dari kulit ataupun suede, seperti bahan pada sepatu oxford dan loafer.

Sepatu Slip On

Jenis sepatu pria ini mirip dengan loafers, bedanya, slip on memiliki bentuk yang lonjong dan lebih lancip (seperti roti perancis/baguette) daripada loafers. Perbedaan lainnya yaitu slip on memiliki jahitan yang tidak terlalu terlihat dan tidak memiliki tali. Kemudahan pemakaian serta kenyamanan sepatu slip on menjadikan sepatu ini sebagai sepatu faorit saat digunakan untuk hangout maupun acara santai lainnya.

Sepatu Moccasins / Boat Shoes

Ini adalah jenis sepatu pria turunan dari loafers. Bedanya, moccasins memiliki cirri tali pendek. Cocok digunakan untuk acara santai atau nonformall karena tampilannya yang casual, elegan dan simple.

0 comments… add one

Leave a Comment

Next post:

Previous post: