Kandungan dan Manfaat Buah Bit

by Siti Eka Kurniyati on November 17, 2015

Buah yang satu ini memang jarang orang yang mengetahuinya karena belum terlalu poopuler. Tapi kamu yang sering berbelanja kebutuhan buahmu di supermarket pasti sering menjumpai buah merah ini. Sebenarnya apa kandungan buah bit ini dan apa manfaat buah bit untuk kesehatan kita?

kandungan dan manfaat buah bit

Buah bit atau bit root ini memiliki beragam nutrisi diantaranya adalah serat, magnesium, nitrat, potassium, kalsium, asam folat, fosfor, betasianin, vitamin C, zat besi, betasiani, tembaga, antioksidan dll. Buah bit memang kurang enak jika dikonsumsi langsung. Namun jangan khawatir, kamu bisa membuat jus dengan campuran madu atau yang lainnya supaya lebih nikmat dalam mengkonsumsi buah bit. Lalu apa khasiat jus buah bit tersebut? Simak ulasan berikut ini :

Menurunkan Kolesterol

Buah bit mengandung antioksidan yang dipercaya ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sepeti yang kita tahu bahwa tingkat kolesterol pada manusia bisa mempengaruhi kerja jantung, kadar kolesterol yang tinggi adalah salah satu penyebab sakit jantung. Jadi apabila kamu mengkonsumsi buah ini, kamu bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan mencegahnya. (baca : cara efektif menurunkan kadar kolesterol)

Meningkatkan Stamina

Sudah disebutkan di awal bahwa buah bit mengandung banyak nutrisi terutama nitratnya yang bisa menurunkan pengeluaran oksigen saat berolahraga. Hal ini bisa meningkatkan serta mempertahankan stamina tubuhmu dan bisa berolahraga 16% lebih lama dari biasanya dan rasa lelah sehabis berolahragapun akan berkurang.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan meminum jus buah bit yang dicampur dengan wortel dan 1 sendok makan perasan lemon atau jeruk nipis bisa membantumu mengatasi masalah diare, disentri, nyeri dan mual. Selain itu, jus buah bit yang telah dicampurkan dengan madu dan diminum sebelum kamu sarapan bisa membantumu mengatasi rasa sebah / begah pada perut. (baca : cara mengatasi diare)

Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam buah bit yang cukup tinggi bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah kurang darah atau anemia. (baca : makanan untuk meningkatkan produksi sel darah mera)

Menjaga kessehatan

Folat dan potassium yang banyak terkandung dalam buah jenis umbi-umbian ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mampu menumbuhkan danĀ  mengganti sel tubuh yang rusak.

Membersihkan Racun pada Ginjal dan Kantung Empedu

Konsumsilah jus buah bit secara rutin setiap hari karena bagus bagi kesehatan organ ginjal dan kantung empedu. Buah bit bisa membantu kedua organ tersebut untuk membersihkan dan mengeluarkan timbunan dan endapan racun pada organ tersebut.

Selain manfaat kesehatan di atas, ada beberapa manfaat buah bit khususnya bagi ibu hamil atau bayi yang sedang berkembang berikut ini :

  • Penting bagi seorang ibu hamil untuk menjaga kesehatannya. Buah bit mampu menawarkan perlindungan imunitas bagi ibu hamil hingga ibu hamil tidak perlu khawatir kesehatannya terganggu. Ini dikarenakan kandungan vitamin C dari buah bit yang tinggi. (baca : buah yang bagus untuk ibu hamil)
  • Bukan rahasia lagi jikalau wanita memiliki berat badan yang tidak terkontrol alias melonjak naik dengan sangat cepat. Hal ini juga akan memicu naiknya kadar kolesterol dalam darah, seperti yang sudah dikatakan di atas, buah bit mampu menurunkan kolesterol jadi buah bit bagus bagi wanita yang sedang mengandung dan tetap ingin mengontrol berat badan.
  • Membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi karena buah bit mengandung kalsium dan fosfor
  • Zat besi dalam buah bit juga bagus untuk menstabilkan sel darah merah pada bayi dan mencegah anemia.
  • Bayi memang rentan terhadap virus dan bakteri sehingga sering terkena radang. Buah bit bisa mencegah hal ityu karena kandungan mineralnya. (baca : menu sehat bagi bayi sesuai usia)

Banyak sekali kan manfaat dari si akar merah ini? Harganya memang agak mahal tapi memiliki manfaat yang segudang!