≡ Menu
werno-werno.com

Kandungan dan Manfaat Daun Binahong

Daun Binahong! Daun apakah itu? Mungkin, nama daun ini tidak begitu familiar bagi sebagian orang. Tapi, mungkin beberapa dari kita akan mengenalinya jika kita sudah pernah melihatnya. Binahong adalah tanaman yang biasanya merambat di dinding atau pagar. Secara internasional, daun ini disebut dengan ‘heartleaf maderavine madevine’ karena bentuknya terlihat seperti bentuk hati. Daun ini biasa ditemukan di beberapa negara seperti Korea Selatan, China, Madagaskar, dan Indonesia. Ingin tahu lebih banyak tentang Kandungan dan Manfaat Daun Binahong ? Simak ulasannya berikut ini ;

manfaat binahong

Kandungan Daun Binahong

Daun ini sudah biasa dijadikan sebagai tanaman herbal sejak dulu di seluruh dunia. Setiap bagian tanaman binahong dapat digunakan sebagai obat, namun orang biasanya menggunakan bagian daunnya. Orang percaya bahwa daun binahong mengandung banyak hal baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa hal bagus yang terkandung di dalamnya:
Saponin, Minyak Atsiri, Alkaloid, Asam askorbat, Antioksidan, Asam Oleanolic, Mono Poliksarida, Polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, Flavonoid, dan Protein.

Manfaat Daun Binahong

Menyembuhkan Sakit Maag

Ada banyak jenis sakit perut yang disebabkan oleh banyak faktor. Sekarang, kita akan membicarakan sakit perut yang disebabkan oleh waktu makan yang tidak teratur alias maag. Terkadang, kita terlalu sibuk untuk sekedar makan siang atau makan malam tepat waktu, terkadang kita pun lupa untuk sarapan. Itu akan menyebabkan sakit perut karena sistem pencernaan kita tidak bekerja tepat waktu.

Salah satu tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menyembuhkan sakit perut adalah daun Binahong. Daun Binahong mengandung banyak bahan bagus yang bisa menenangkan sakit perut kita. Tapi, lebih baik kita mencegah sakit perut seperti ini. Pastikan makan tepat waktu, meski kita hanya makan sepotong roti atau apel.

Menyembuhkan Penyakit Paru

Paru adalah salah satu organ tubuh kita yang memiliki tanggung jawab terhadap sistem pernafasan kita. Makanya sangat penting bagi kita untuk melindungi paru-paru kita. Terkadang, kita merasa seperti paru-paru kita sakit. Bila itu terjadi, pastikan untuk menjaganya sesegera mungkin. Jika rumah sakit atau klinik terlalu jauh dari rumah, Anda bisa menggunakan tanaman herbal, hanya jika tanaman herbal ada di sekitar kita. Salah satunya yang kita bisa dengan mudah adalah daun Binahong. Ambil 10 helai daun binahong dan rebus sampai mendidih, dan minum air rebusannya. Pastikan mengkonsumsinya paling sedikit sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Menyembuhkan Luka

Daun Binahong mengandung minyak atsiri dan asam askorbat yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Tapi bagaimana caranya? Apakah dengan meminumnya? Tidak. Anda harus menumbuk daunnya sampai halus lalu menempelkannya ke luka Anda. Ini bisa membantu menyembuhkan hampir setiap luka. Tapi, jika luka itu agak serius, kamu harus menutupi lukamu dengan perban setelah kamu membubuhkan daun Binahong untuk melindungi luka Anda dari bakteri.

Menyembuhkan Penyakit Gegar Otak

Ada banyak jenis penyakit otak. Tapi, kita akan membicarakan penyakit otak yang disebabkan oleh kecelakaan. Dalam kecelakaan seperti kecelakaan mobil, ada kemungkinan tertabrak sesuatu. Terkadang situasi itu akan mempengaruhi otak kita yang biasa disebut dengan gegar otak. Daun Binahong akan membantu menyembuhkan penyakit gegar otak. Ambil 10 lembar daun binahong lalu rebus. Anda harus mengkonsumsinya dua kali sehari. Tapi, itu hanya untuk stimulus. Anda masih perlu ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Meringankan Nyeri Haid

Beberapa wanita akan menderita ketika sampai pada masa menstruasi mereka. Ada banyak ramuan yang bisa menjadi obat penghilang rasa sakit, salah satunya yang terbuat dari daun Binahong. Daun Binahong akan membantu Anda melewati masa menstruasi Anda dengan nyaman. Ambil 3 lembar daunnya lalu rebus di dalam air sampai mendidih. Pastikan untuk mengkonsumsi setidaknya sekali sehari.

Mengobati Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Jika Anda terlalu takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau mengambil beberapa obat, Anda bisa mencoba ramuan alami. Salah satunya dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun Binahong. Untuk membuat ramuan itu, Anda perlu mengambil setidaknya 10 lembar daun Binahong lalu rebus di dalam 2 gelas air. Rebus sampai airnya menyusut sehingga Anda bisa membuatnya untuk 1 gelas saja. Anda harus mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari sampai Anda sembuh dari disentri.

Menyembuhkan Jerawat

Manfaat kesehatan Binahong lainnya adalah untuk menyembuhkan jerawat. Mengapa? Karena daun Binahong mengandung anti oksidan yang dibutuhkan agar kulit kita tetap sehat dan mencegah penuaan serta merangsang produksi kolagen. Tumbuk lima lembar daun binahong sampai halus dan sebarkan di bagian wajah yang berjerawat. Ini akan membantu Anda merawat kulit Anda.

Menyembuhkan Wasir

Bagi mereka yang menderita wasir, Anda bisa mengambil daun binahong sebagai salah satu pilihan obat Anda. Resepnya agak berbeda. Anda harus mengambil setidaknya 16 potong daun Binahong untuk direbus. Rebus dalam 3 gelas air dan tunggu sampai airnya menyusut menjadi satu gelas. Anda harus meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Meningkatkan energy dan vitalitas

Di komputer atau perangkat elektronik lainnya, listrik diperlukan untuk membuat perangkat tersebut bekerja dengan baik. Tanpa listrik, chip utama di dalam komputer Anda tidak bisa bekerja, tidak peduli seberapa canggihnya. Hal yang sama juga berlaku bagi tubuh kita. Jika tubuh kita diumpakan sebagai komputer, maka listriknya adalah energi. Tanpa energi, kita tidak bisa menggerakkan tubuh kita bahkan organ di dalam tubuh kita tidak bisa bekerja.

Bagaimana cara kita memenuhi energi kita? Dengan mengonsumsi makanan sehat atau minuman yang mengandung karbohidrat atau protein di dalamnya. Daun Binahong adalah sumber protein yang baik yang bisa mendongkrak energi kita. Rebus dua lembar daun binahong di dalam dua gelas air dan konsumsilah, lalu Anda akan mengembalikan energi Anda.

Juga, bagi mereka yang memiliki masalah vitalitas, Anda bisa mencobanya juga. Rebus 3-10 lembar daun Binahong di dalam dua gelas air sampai mendidih, konsumsilah setiap hari, maka Anda akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment