Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Markisa

by Ummi on August 30, 2017

Buah markisa, merupakan buah yang biasa tumbuh  di kawasan tropis atau subtropis, dengan rasa yang sedikit asam namun menyegarkan. Memiliki lebih dari 500 varietas, penampilan markisa bisa sangat bervariasi. Dalam hal warna, warnanya biasanya berwarna kuning atau ungu tua, dan bentuknya terlihat seperti grapefruit. Bagian dalamnya penuh dengan daging yang kenyal dan berair dan memiliki banyak biji. Buah ini biasanya diolah dengan cara diperas untuk dibuat jus yang sangat bermanfaat, dan sering juga ditambahkan ke jus lain guna meningkatkan rasa dan menambahkan rasa eksotis.  Tak hanya rasanya yang unik, buah markisa juga sarat akan manfaat. Mulai dari meningkatkan kesehatan kulit, menurunkan tekanan darah, hingga mengobati asthma. Ingin tahu lebih banyak mengenai Kandungan dan Manfaat Buah Markisa? Simak ulasannya berikut ini :

manfaat markisa

Kandungan gizi buah markisa

Daftar panjang manfaat kesehatan yang sering dikaitkan dengan markisa adalah berkat kandungan gizinya yang melimpah, seperti  mineral dan vitamin, yang meliputi antioksidan, flavonoid, vitamin A, vitamin C, riboflavin, niasin, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga, serat, dan protein. Persentase dari beberapa jenis vitamin dan mineral markisa ternyata sangat tinggi, dan markisa adalah tambahan yang bagus untuk diet yang dapat menghasilkan sejumlah manfaat kesehatan yang menakjubkan. Berikut adalah manfaat dari buah markisa:

Manfaat buah markisa

Sejak zaman kuno, markisa telah dibudidayakan dan dinikmati karena baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meskipun hal ini tidak diketahui oleh kebanyakan orang sampai zaman modern, khasiat penguatan kekebalan ini disebabkan oleh adanya vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin. Faktanya, satu sajian markisa memiliki lebih dari 100% dari total kebutuhan asupan vitamin C untuk diet sehat. Semua vitamin ini bertindak sebagai antioksidan, yang menyerap radikal bebas dari tubuh dan menetralisirnya sebelum dapat membahayakan sistem organ dan mengakibatkan kondisi seperti kanker, penyakit jantung, atau penuaan dini. Selanjutnya, vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih dan sistem pertahanan kekebalan tubuh lainnya, sehingga melindungi Anda dari penyakit umum dan penyakit serius pada saat bersamaan.

Mencegah kanker

Selain bagus untuk sistem kekebalan tubuh, markisa juga merupakan sumber kuat dari aktivitas anti karsinogenik di tubuh. Antioksidan dalam markisa terutama akan menghilangkan radikal bebas, yang dikenal dengan mutasi DNA sel sehat menjadi kanker. Buah yang biasa disebut dengan passion fruit ini juga mengandung vitamin A, berbagai flavonoid, dan senyawa fenolik, yang semuanya telah dikaitkan dengan sifat anti-kanker, terutama dalam hal kanker mulut dan paru-paru.

Membantu pencernaan

Buah markisa adalah sumber serat yang sangat kuat, dan satu porsi markisa bisa menyediakan sekitar 98% kebutuhan serat sehari-hari. Serat adalah komponen penting dari diet kesehatan, karena ini adalah zat yang memfasilitasi pencernaan makanan yang sehat dan pengaturan buang air besar. Buah markisa adalah sumber serat larut yang baik, baik di bagian bulir buah maupun di kulitnya, yang bertindak sebagai agen laksatif, yang memindahkan makanan melalui saluran pencernaan dan mengurangi waktu paparan usus besar terhadap racun apapun. Hal ini dapat mengurangi tanda-tanda sembelit dengan mengatur pergerakan usus, membersihkan pembuluh darah dari kelebihan kolesterol, dan bahkan mencegah kondisi gastrointestinal seperti kanker kolorektal!

Mengurangi tekanan darah

Jika kamu makan satu porsi markisa setiap hari, maka kamu bisa memuaskan 1/4 kebutuhanmu akan  potasium secepatnya. Kalium (potassium) adalah mineral vital dalam tubuh manusia karena sejumlah alasan, salah satunya adalah perannya sebagai vasodilator. Ia akan melemaskan ketegangan pembuluh darah dan menaikkan tingkat aliran darah. Hal ini mengurangi ketegangan pada jantung dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan. Selanjutnya, potasium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan sel tubuh. Gerakan antara membran seringkali hanya diperbolehkan melalui saluran potassium yang diatur, sehingga jumlah mineral ini sangat penting. Jadi, pastikan kamumemasukkan buah markisa ke dalam menu makan siangmu sesekali untuk menjaga kesehatan jantung dan fungus selmu!

Kaya vitamin A

Selain kualitas pelindung kankernya, vitamin A juga terkait dengan manfaat kesehatan dan medis pada kesehatan mata, termasuk pencegahan degenerasi makula, katarak, dan rabun senja. Lebih jauh lagi, jika kamu khawatir dengan penampilan kulitmu, yang sangat membantu dalam mengurangi keriput bukanlah kandungan antioksidan buah markisa, akan tapi vitamin A yang berfungsi secara khusus untuk meningkatkan kesehatan dan kekayaan kulit, dan mendorong berfungsinya selaput seluruh tubuh, termasuk kulit, agar tetap terhidrasi dan bercahaya!

Meningkatkan sirkulasi darah

Bila dikombinasikan dengan khasiat vasodilatasi dari potasium, kandungan zat besi dan tembaga markisa yang tinggi benar-benar dapat memberi dampak. Zat besi dan tembaga merupakan komponen penting dari produksi sel darah merah, jadi begitu jumlah RBC meningkat dan pembuluh darah melebar, maka darah yang sehat dan beroksigen dapat mengalir dengan bebas ke area tubuh yang diperlukan, merangsang aktivitas metabolik di semua sistem organ dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Aliran darah yang sehat sangat penting agar bisa berfungsi dengan baik!

Mengatasi insomnia

Salah satu senyawa yang sering diabaikan pada markisa adalah obat-obatan alkaloid, termasuk harman, yang berfungsi sebagai obat penenang. Senyawa markisa ini telah terhubung dengan pengurangan kegelisahan, insomnia, sulit tidur, dan kegelisahan yang membuat kamu tidak bisa tidur dengan nyenyak. Jadi, sebagai ganti segelas susu hangat, lain kali cobalah makan sepotong buah markisa dan kembali lah bersiap untuk tidur.

Meningkatkan kesehatan tulang

Karena markisa adalah sumber mineral yang kaya seperti zat besi, tembaga, magnesium, dan fosfor, ini adalah buah yang sangat penting untuk meningkatkan mineral kepadatan tulang dan kekuatan tulang. Beberapa mineral ini merupakan bagian integral dalam menciptakan materi tulang tambahan, memperkuat materi tulang yang ada, dan mempercepat perbaikan. Ini bisa menjadi sarana untuk menghilangkan, mencegah, atau mengurangi gejala osteoporosis dan rasa sakit dan pembengkakan terkait yang terjadi saat tulang memburuk seiring bertambahnya usia dan aktivitas.

Menenangkan Kondisi Pernapasan (Asthma dan mengi)

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi berbagai ekstrak dari kulit buah markisa ungu menciptakan campuran bioflavanoida baru, yang memiliki efek ekspektoran, sedatif, dan menenangkan pada sistem pernafasan. Ini telah dikaitkan secara positif dengan pengurangan serangan asma, mengi, dan batuk rejan. Jika lain kali ada salah seseorang anggota keluargamu mulai melakukan hacking (mendaki gunung) dan mengalami batuk, irislah beberapa buah markisa dan lihat apakah itu bias menenangkan mereka.

Peringatan: Tidak ada risiko yang melekat pada saat memakan buah markisa, dan kekayaan nutrisi dan manfaat kesehatannya memenuhi sebagian besar masalah tubuh. Namun, sebagian besar kalori buah ini berasal dari gula, jadi penderita diabetes harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, atau paling tidak sadar akan kadar gula darahnya.