≡ Menu
werno-werno.com

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pir

Buah pir merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah ditemukan dan digemari banyak orang berkat rasanya yang lezat dan menyegarkan. Selain enak dimakan, pir ternyata juga dikemas dengan berbagai macam nutrisi penting dan memiliki banyak kandungan manfaat, mulai dari mengatur kadar gula darah, mencegah cacat lahir, mengurangi tekanan darah, hingga bagus untuk kulit, mata dan rambut. Buah yang memiliki bentuk unik yang kecil di bagian atas, dan melebar di bagian bawah ini, memiliki banyak sekali varietas. kemampuannya untuk tumbuh dengan mudah di berbagai tempat dengan iklim dan suhu yang sejuk, membuat pir menjadi sangat gampang dibudidayakan dan tersedia di sepanjang musim.

manfaat buah pir

Kandungan Gizi Buah Pir

Selain ketersediaan dan rasanya yang enak, pir juga telah dihargai karena manfaat obat mereka selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan modern sekarang mengatakan bahwa kandungan mineral, vitamin, dan senyawa organik dari spesies pir adalah alasan potensi kesehatannya yang luas. Beberapa komponen aktif dan efektif ini diantaranya adalah potasium, vitamin C, vitamin K, senyawa fenolik, folat, serat makanan, tembaga, mangan, magnesium, serta vitamin B kompleks.

Manfaat Buah Pir

Bagus untuk pencernaan dan usus

Buah pir yang berdaging dan berserat memiliki peran yang sangat penting untuk dimainkan dalam pencernaan manusia. Dengan satu porsi pir memberikan 18% kebutuhan sehari-hari untuk asupan serat, mereka bisa menjadi agen yang sangat kuat untuk kesehatan dan fungsi pencernaan. Sebagian besar serat dalam pir adalah polisakarida yang tidak larut (NSP), yang berarti ia bertindak sebagai agen bulking di usus. Serat ini mengatur pergerakan usus dan mengurangi kemungkinan sembelit, serta diare dan kotoran yang encer, karena menambahkan massa ke buang air besar. Juga, sifat berpasir dari serat pir membantu mengikat agen penyebab kanker dan radikal bebas di usus besar dan melindungi organ tersebut dari efek merusaknya.

Rendah kalori      

Salah satu keluhan yang dimiliki beberapa orang tentang berbagai buah adalah kandungan kalorinya yang tinggi, terutama berasal dari kandungan gula alaminya. Namun, pir adalah salah satu buah dengan kalori terendah; Rata-rata pir memiliki lebih dari 100 kalori, yaitu 5% dari kebutuhan kalori harian untuk makanan sehat. Namun, suplementasi nutrisi yang diberikannya sangat besar, dan serat membuat Anda merasa kenyang. Oleh karena itu, orang yang mencoba menurunkan berat badan sering beralih ke pir untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Ini adalah makanan dengan energi dan gizi tinggi dengan dampak rendah pada penambahan berat badan dan obesitas.

Kaya antioksidan

Seperti halnya jenis buah lainnya, pir juga kaya akan antioksidan yang memerangi berbagai penyakit dan kondisi di dalam tubuh. Antioksidan bekerja untuk menghilangkan radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh setelah metabolisme sel. Radikal bebas ini mengubah DNA sel sehat menjadi sel kanker, dan dapat menyebabkan sejumlah kondisi buruk lainnya. Oleh karena itu, komponen antioksidan vitamin C, vitamin A, dan senyawa flavonoid seperti beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin, yang semuanya ditemukan dalam pir, dapat secara serius membantu membersihkan tubuh dari senyawa berbahaya ini.

Mencegah kanker

Antioksidan terutama dipuji karena aktivitas anti-karsinogeniknya, dan pir telah dikaitkan dengan pencegahan sejumlah jenis kanker, termasuk kanker usus besar, rektum, payudara, prostat, dan paru-paru. Manfaat ini memang tidak hanya tertentu untuk pir saja, namun pir memiliki nilai antioksidan lebih tinggi, dibandingkan dengan banyak buah lainnya.

Meningkatkan system kekebalan tubuh     

Begitu pula dengan sistem kekebalan tubuh, ia juga didorong oleh aktivitas antioksidan dan vitamin C. Vitamin C telah lama dikenal bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, karena merangsang produksi dan aktivitas sel darah putih. Secara tradisional, buah-buahan seperti pir telah disarankan untuk menghilangkan kondisi sederhana seperti demam biasa, flu, atau berbagai penyakit ringan lainnya sehingga dorongan sistem kekebalan tubuh yang cepat dapat membantu penyembuhannya.

Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C juga merupakan bagian penting untuk mensintesis jaringan baru di berbagai organ dan struktur seluler tubuh. Hal ini membuat metabolisme tubuh berjalan lancar dan memastikan semua fungsi beroperasi dengan baik. Selain itu, penyembuhan luka dipercepat dengan tingkat asam askorbat yang tinggi, sehingga luka gores ringan, sayatan, dan kerusakan yang dilakukan oleh luka-luka dan penyakit dapat diperbaiki lebih cepat jika kamu menambahkan nutrisi penting ini ke dalam makanan, yang diberikan oleh pir. Ini juga membantu memperbaiki pembuluh darah yang rusak, yang mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah penyakit jantung tertentu untuk berkembang.

Meningkatkan sirkulasi darah

Bagi pasien yang menderita anemia atau kekurangan mineral lainnya, pir dapat sangat membantu, karena kandungan tembaga dan zat besinya. Tembaga memfasilitasi dan meningkatkan pengambilan mineral ke dalam sistem, dan peningkatan kadar zat besi berarti sintesis sel darah merah meningkat. Zat  besi merupakan bagian penting dari hemoglobin, dan anemia adalah nama lain untuk kekurangan zat besi. Anda dapat mencegah kelelahan, kerusakan kognitif, kelemahan otot, dan kerusakan sistem organ dengan mengkonsumsi makanan tinggi zat besi dan tembaga, keduanya ditemukan dalam jumlah yang signifikan dalam pir.

Mencegah bayi lahir cacat

Folat adalah komponen nutrisi buah pir yang berharga. Asam folat berkorelasi positif dengan penurunan cacat tabung saraf pada bayi baru lahir, sehingga memakan buah kaya folat seperti pir dapat melindungi kesehatan dan kebahagiaan bayi Anda, sehingga ibu hamil selalu didorong untuk memantau kadar asam folatnya.

Mengurangi peradangan (inflamasi)

Komponen antioksidan dan flavonoid pir dapat juga menginduksi efek antiinflamasi dalam tubuh dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan penyakit peradangan. Ini termasuk pengurangan gejala radang sendi, kondisi rematik, asam urat, dan kondisi serupa. Sebagian besar buah memiliki efek ini, meski buah sitrus tidak begitu efektif.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan mineral yang tinggi dari pir, yang meliputi magnesium, mangan, fosfor, kalsium, dan tembaga, bisa berarti kamu dapat mengurangi kehilangan mineral tulang dan kondisi yang melemahkan seperti osteoporosis dan kelemahan umum tubuh karena kurangnya dukungan dari tulang.

Bagus untuk kulit, rambut, dan mata

Salah satu vitamin paling serbaguna dalam tubuh manusia adalah Vitamin A. Pir tinggi vitamin A dan komponen cabangannya, seperti lutein dan zeaxanthin. Dengan bertindak sebagai antioksidan, dan juga dengan berpartisipasi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan fungsi organ, pir dapat mengurangi efek penuaan pada kulit, seperti keriput dan bintik-bintik penuaan. Buah yang kuat ini juga bisa mengurangi rambut rontok, degenerasi makula, katarak, dan berbagai kondisi lain yang terkait dengan proses penuaan.

0 comments… add one

Leave a Comment