Kandungan Gizi dan Manfaat Edamame Bagi Kesehatan

by Ummi on October 13, 2017

Edamame atau yang biasa disebut dengan kacang kedelai Jepang adalah salah satu jenis polong-polongan yang biasa dikonsumsi oleh para vegetarian. Edamame umumnya disajikan dengan cara merebus kacang kedelai yang masih belum terlalu tua sekaligus dengan polongnya dan biasanya dijadikan sebagai lauk. Ini adalah hidangan populer dalam kuliner dan sejarah Jepang yang menunjukkan bahwa ini pertama kali disajikan di Jepang. Meskipun jenis kacang kedelai ini awalnya umum di Jepang, namun perlahan edamame mulai mendapatkan ketenaran di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan fakta bahwa edamame telah terbukti memiliki beragam khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Kamu juga bisa dengan mudah memperoleh edamame di supermarket dan swalayan terdekat baik dalam kemasan yang masih segar atau sudah beku.

Manfaat edamame

Kandungan gizi edamame

Seperti halnya kacang kedelai biasa, edamame juga kaya akan karbohidrat, vitamin, protein, berbagai asam amino serta kadar lemak dan gula yang rendah. Ini merupakan sumber yang baik dari berbagai mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, dan mangan. Vitamin C, riboflavin, thiamin, niasin, asam pantotenat, vitamin B6, folat, vitamin E, dan tokoferol adalah beberapa vitamin yang terdapat dalam edamame.

Manfaat edamame bagi kesehatan

Kaya Protein dan Rendah Lemak

Kita semua membutuhkan protein; protein membentuk blok pembangun kehidupan dan membantu memperbaiki jaringan yang rusak. Semakin banyak protein yang bisa kamu sertakan ke dalam makanan harianmu, maka akan semakin baik. Edamame mengandung sekitar 17 gram protein per satu cup nya, yang hampir setara dengan 40% dari jumlah harian yang direkomendasikan untuk wanita. Menakjubkan! Edamame juga memasok sekitar 30% jumlah harian yang direkomendasikan untuk pria, dan sangat rendah lemaknya. Bahkan lebih baik lagi, edamame hampir dikatakan sebagai protein esensisal, dan menawarkan sembilan asam amino esensial.

Bagus untuk Perawatan Kulit

Kulit adalah salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan akibat kondisi eksternal antara lain, seperti cuaca dan obat-obatan, sehingga perlu perawatan yang tepat. Asupan edamame, yang mengandung antioksidan, membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit. Edamame mengandung isoflavon yang mungkin bermanfaat dalam mengelola perubahan kulit terkait usia pada wanita pascamenopause.

Memperkuat system imun

Edamame, dengan kandungan nutrisi, vitamin, dan antioksidannya dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting bagi tubuh untuk melindungi diri dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kesehatan.

Sehat Bagi Tulang

Edamame mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi edamame dan produk kedelai lainnya dapat memberikan nutrisi dan bantuan penting dalam memperkuat tulang dan menjaga kepadatan tulang. Sesuai penelitian, edamame dapat mengurangi risiko patah tulang, terutama pada wanita pascamenopause. Osteoporosis adalah penyakit lain yang berhubungan dengan tulang yang terjadi di usia tua. Asupan edamame secara teratur, yang mengandung isoflavon dan nutrisi lainnya, dapat membantu mencegah osteoporosis. Hal ini juga penting untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit terkait tulang lainnya.

Membantu Membangun Otot yang Lebih Kuat

Mencari camilan untuk menemani rutinitas olahragamu? Kita tidak bisa memikirkan sesuatu yang lebih baik dari pada kedelai hijau lezat ini yang pasti penuh dengan manfaat. Edamame mengandung protein 86% lebih banyak daripada kacang kedelai biasa. Untuk alasan ini, sejumlah pecinta olahraga dan atlet papan atas mulai memasukkan edamame ke dalam menu makanan mereka. Semangkuk edamame setiap hari dapat membantu mempertahankan massa otot, dan kandungan kalorinya juga dapat memenuhi tubuhmu dengan tingkat energi yang dibutuhkan untuk bisa melalui latihan yang melelahkan.

Bagus untuk fungsi paru-paru yang lebih baik

Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan genistein dapat memperbaiki fungsi paru pada penderita asma. Edamame juga mengandung genistein dan dengan demikian dapat membantu memperbaiki fungsi paru-paru.

Baik untuk Diet

Konsumsi edamame juga bisa bermanfaat dalam mengatur berat badan. Asupan makanan yang tepat memainkan peran yang sangat penting dalam manajemen berat badan. Edamame memiliki kandungan protein tinggi dan kalori lebih sedikit, yang menjadikannya makanan ringan ideal untuk orang yang sadar akan berat badannya.

Meningkatkan Pencernaan

Manfaat kesehatan edamame meliputi sistem pencernaan yang sehat. Ini adalah sumber serat yang baik yang memudahkan pencernaan. Konstipasi dan kembung yang Anda alami juga dapat dicegah atau dikurangi dengan mengkonsumsi edamame. Terlepas dari manfaat sistem pencernaan, serat dalam edamame juga memegang peranan penting untuk memastikan agar kolesterol tetap terjaga pada tingkat yang tepat, sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Memiliki khasiat anti tumor

Produk kedelai, seperti edamame, semakin penting karena berbagai manfaat kesehatannya. Studi penelitian juga telah dilakukan untuk mengetahui potensi manfaat kesehatan, seperti sifat anti kanker. Salah satu penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak kedelai dapat secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor dan berpotensi menghambat pertumbuhan tumor.

Menyehatkan bagi jantung

Makanan kedelai seperti edamame dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa konsumsi makanan kedelai dapat meningkatkan kontrol insulin dan kadar glukosa darah.