Kandungan Gizi dan Manfaat Keju Cottage

by Ummi on September 19, 2017

Keju adalah produk susu yang dibuat dengan berbagai cara dan bisa dibeli dalam berbagai bentuk tergantung kandungan susu dan lemaknya. Beberapa jenis keju yang berbeda termasuk keju melingkar, keju petani, keju panci, paneer, queso blanco, dan sejumlah yang lainnya. Masing-masing keju ini disiapkan dengan prosedur yang berbeda dan terkadang ada beberapa bahan yang berbeda. Dengan demikian, berbagai jenis keju telah berevolusi dengan rasa yang berbeda pula.

Manfaat Keju Cottage

Proses pembuatan keju cottage atau keju lembut dan keju komersial agak mirip. Satu-satunya perbedaan adalah ukuran dan proporsi susu yang digunakan untuk mendapatkan keju. Keju cottage disiapkan dengan merebus dan mengentalkan susu dengan bantuan zat asam seperti kapur atau cuka. Saat susu mendidih, ia mulai mengental, membentuk benjolan dadih. Dadih ini kemudian ditekan untuk memeras whey atau serum susu untuk membentuk gumpalan besar atau keju.

Kandungan gizi keju cottage

Nutrisi yang ditemukan di setiap 100 g keju cottage meliputi energi (98 kkal), karbohidrat (3,38 g), lemak (4,5 g), gula (2,6 g), protein (11,12 g), vitamin A (37 ug), dan vitamin D (21 ug). Beberapa trace element (unsur yang diperlukan dalam jumlah sangat kecil (trace) dalam diet untuk menjaga kesehatan) yang ditemukan di keju cottage meliputi kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, selenium, dan seng.

Keju cottage terbentuk saat kasein, sejenis protein susu, bereaksi dengan asam dan koagulasi. Ini adalah salah satu protein favorit bagi atlet, pembangun tubuh, pelari, dan berbagai penggemar olahraga karena kasein adalah protein yang sangat lamban dan melepaskan energi secara perlahan. Ada protein lain, whey protein, yang merupakan hasil sampingan dari persiapan keju cottage. Whey sangat sehat dan populer di kalangan penggemar olahraga dan kebugaran. Bisa disimpan di tempat yang dingin untuk digunakan di lain waktu.

Manfaat keju cottage

Mencegah Kanker Payudara

Kalsium dan vitamin D yang ditemukan dalam produk susu, terutama di keju cottage, bisa mengurangi risiko kanker payudara. Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health oleh Shin et al. menemukan bahwa dalam kasus wanita pramenopause, tingkat kalsium dan vitamin D benar-benar membantu mengurangi risiko kanker payudara. Studi khusus ini dilakukan dalam kurun waktu 16 tahun.

Kaya Protein

Salah satu manfaat keju cottage yang terbesar adalah tingginya jumlah protein kasein yang ditemukan di dalamnya. Dipercaya bahwa susu sapi mengandung protein kasein dalam jumlah tertinggi di antara berbagai susu. Jumlah protein yang terkandung dalam keju cottage sangat ideal bagi vegetarian dalam memasok mereka dengan jumlah protein harian yang dibutuhkan. Keju cottage tidak perlu dimasak dan bisa langsung dikonsumsi.

Bagus untuk wanita hamil

Keju cottage direkomendasikan untuk wanita hamil bersama dengan atlet karena berbagai nutrisi penting yang ada di dalamnya. Misalnya, wanita hamil membutuhkan kalsium dan keju cottage merupakan sumber yang sangat bagus untuk itu. Keju cottage juga mengandung fosfor, yang merupakan elemen penting yang ditemukan pada tulang yang juga dianjurkan selama kehamilan.

Kaya Sumber Vitamin B-Kompleks

Vitamin B kompleks yang ditemukan di keju cottage sangat membantu dalam berbagai aktivitas metabolik di tubuh kita. Beberapa diantaranya termasuk vitamin B12, riboflavin, asam pantotenat, thiamin, niasin, dan folat.

Vitamin B12 : dibutuhkan untuk fungsi otak yang tepat dan membantu dalam menyerap zat besi.
Riboflavin : membantu mengubah karbohidrat menjadi energi.
Asam pantotenat : berperan sebagai synthesizer yang membantu dalam pembentukan protein, lemak, karbohidrat, dan asam amino dalam tubuh kita.
Thiamin membantu mengubah gula menjadi energi dalam sistem dehidrogenase piruvat.
Niacin : di sisi lain memainkan peran penting dalam pencernaan, produksi energi, dan pengurangan kolesterol.
Folate : membantu perkembangan janin pada wanita hamil, membantu dalam memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung.

Memperkuat tulang

Kalsium adalah salah satu unsur utama yang terkait dengan susu dan produknya. Beberapa manfaat dari makanan kaya kalsium meliputi penguatan tulang dan penurunan berat badan. Jumlah kalsium dalam keju cottage adalah 8% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Kalsium, yang ditemukan dalam produk susu dan susu seperti keju curd atau cottage, membantu membangun tulang yang kuat sepanjang masa anak-anak dan dewasa. Mengkonsumsi makanan kaya kalsium selama kehamilan dan tahun-tahun berikutnya sangat membantu, terutama pada osteoporosis dan kanker usus besar. Ini juga membantu sistem saraf dalam mengirim impuls saraf dan mengendalikan penambahan berat badan dan penyakit jantung. Ini hanya beberapa manfaat dari makan makanan kaya kalsium seperti keju cottage.

Menjaga Kadar Gula Darah

Keju cottage adalah sumber magnesium yang baik. Dalam tubuh manusia, sebagian besar magnesium terkonsentrasi di tulang kita. Magnesium juga bertindak sebagai katalis, meningkatkan reaksi biokimia, mengaktifkan berbagai enzim dalam tubuh, menjaga fungsi otot dan saraf, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini membantu dalam menjaga kadar gula darah dan mencegah serangan jantung, konstipasi, gangguan kejiwaan, migrain, dan kolagen.

Mencegah Stroke

Selain nutrisi lainnya, keju cottage juga mengandung potasium (kalium). Kalium bertindak sebagai elemen penyeimbang cairan dalam tubuh dan merupakan komponen penting dalam aktivitas saraf otot dan otak. Ini juga mengurangi kram otot. Asupan kalium secara teratur mencegah risiko terkena stroke otak, karena menurunkan tekanan darah dan kontraksi pembuluh darah. Hal ini juga membantu dalam menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Kalium, bersama dengan natrium, bertindak sebagai elektrolit, namun potassium tidak memiliki efek samping seperti sodium seperti peningkatan tekanan darah dan tekanan kardiovaskular.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2