Kandungan Gizi Dari Buah Kiwi

by Ummi on August 20, 2015

Pernahkah kamu mencoba buah berwarna hijau cerah ini? Meski sebagian besar orang akan mengaitkan kiwi dengan Negara New Zealand, namun tahukah kamu sebenarnya kiwi aslinya berasal dari China yang dibudidayakan sejak 300 tahun lalu. Seperti kebanyakan jenis buah yang lain, kiwi relatif rendah kalori. Setiap satu cup sajian irisan kiwi mengandung sekitar 110 kalori, atau hanya sebatas 5 % dari asupan kalori harian dalam 2000 kalori diet. Buah kiwi menawarkan banyak sekali nilai gizi dan akan meningkatkan asupan mineral, vitamin, dan karbohidratmu.

kandungan gizi buah kiwi

Karbohidrat & serat

Mayoritas jumlah kalori dari buah kiwi berasal dari karbohidrat, yang mengandung kira-kira 26.5 gram karbohidrat total per sajiannya. Tubuhmu bisa menggunakan karbohidrat ini untuk mempertahankan fungsi otak dan tulang sum-sum yang baik, begitu juga untuk mengisi ulang fungsi otot. Makanlah Kiwi hijau sebagai sumber kuat dari serat makanan. Setiap satu cup irisan kiwi mengandung 5.4 gram serat yang memberikan konstribusi sebanyak 14 % dari total asupan serat harian yang direkomendasikan untuk pria dan 21 % untuk wanita.

Kandungan vitamin

Buah kiwi juga bisa meningkatkan asupan vitaminmu, terutama asupan vitamin C dan Asam Folat atau vitamin B-9. Setiap satu cup sajian kiwi hijau atau emas mengandung seluruh jumlah asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Tubuh menggunakan vitamin C untuk menjaga kekuatan gigi dan jaringan tulang, membantu penyembuhan luka, dan melindungi DNA mu dari kerusakan yang disebabkan oileh radikal bebas. Kiwi juga mengandung Asam Folat, nutrisi penting untuk kesehatan mental yang bail dan pertumbuhan sel yang normal. Satu sajian Kiwi emas (gold kiwi) mengandung 63 microgram asam folat atau setara dengan 16% dari asupan folat harian yang disarankan. Sedangkan kiwi hijau mengandung 45 mikrogram, atau 11% dari asupan folat harian per sajiannya.

Kandungan mineral

Konsumsilah kiwi emas atau hijau sebagai sumber potasium dan tembaga yang merupakan mineral esensial bagi tubuh. Potasium akan mendukung fungsi hati yang tepat, berperan penting dalam kontraksi otot, dan membantu sel menghantarkan listrik. Setiap sajiannya, kiwi menyediakan 12 % dari asupan potasium harian yang disarankan. Tembaga dalam buah kiwi juga ikut andil bagi kulit yang sehat, membantu memperkuat tulangmu, dan meningkatkan fungsi otak yang sehat. Satu cup kiwi hijau mengandung 234 mikrogram tembaga, sedangkan kiwi emas menyediakan 273 mikrogram, yang masing-masing setara dengan 26 dan 30 % dari asupan tembaga harian yang disarankan.

Tips & ide dalam menyajikan kiwi

Kamu bisa mengkonsumsi buah kiwi segar secara langsung, dengan cara dikupas dulu kulit luarnya yang berbulu, atau cuci bulu-bulunya dan makan kiwi beserta kulitnya. Selain itu, kamu bisa mengkombinasikan kiwi dengan cacahan mangga atau strawberry ke dalam sarapan oatmeal, atau blender kiwi menjadi smoothie yang lezat. Kamu juga bisa memasukkan irisa kiwi ke alat pengering (dehydrator) untuk membuat kiwi kering tanpa pemanis yang bisa kamu konsumsi saat di jalan. Atau kamu juga bisa memasukkan irisan kiwi segar ke air es.