Kandungan Gizi & Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan

by Ummi on May 26, 2016

Blueberry, merupakan salah satu anggota dari keluarga berries yang merupakan bukti dari kata pepatah “hal yang baik hadir dalam kemasan yang kecil”. Disamping warnanya yang biru memukau, teksturnya yang juicy, dan rasanya yang menggiurkan, blueberry juga dikenal memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan.

manfaat blueberry

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah berry mungil ini berkontribusi sangat besar bagi kesehatan optimal karena mereka termasuk salah satu buah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Blueberry juga dipenuhi dengan vitamin C, A dan E, begitu juga riboflavin, asam folat, niasin, magnesium, potasium, mangan, tembaga, zat besi, dan zinc. Fitonutrien yang terdapat dalam blueberry meliputi anthocyanins, hydroxycinnamic acids, hydroxybenzoic acids, flavonols dan fitonutrien yang lain.

Blueberry juga rendah kalori, membuatnya menjadi camilan sempurna untuk kapanpun. Kamu bisa memakannya langsung, mencampurnya dalam salad buah, sereal, atau smoothies. Ingin tahu manfaat blueberry untuk kesehatan selengkapnya? Simak ulasannya berikut ini :

Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan makan bauh blueberry secara teratur tiap hari, kamu bisa dengan mudah menjauhkan serangan demam, flu musiman, dan sakit umum lainnya. Blueberry dipenuhi dengan antioksidan yang memperkuat system imun dengan cara menetralisir radikal bebas dan melawan infeksi.

Selain itu, buah ini juga dipenuhi dengan vitamin C dan memiliki khasiat anti bakteri dan anti virus yang kuat yang membantu mencegah tubuhmu terserang pilek, demam, dan penyakit akibat serangan virus dan bakteri yang lain. Untuk menjaga system imunmu tetap kuat, makanlah buah blueberry yang segar daripada buah yang sudah dikemas.

Membakar lemak perut

Studi University of Michigan Cardiovascular Center di tahun 2009 menunjukkan bahwa blueberry bisa membantu melangsingkan perut. Kandungan polifenol dalam blueberry bisa menghancurkan lemak di perut dan mengurangi faktor resiko untuk terserang sindrom metabolik. Blueberry juga merupakan sumber serat yang sangat bagus yang akan membantumu tetap merasa kenyang dan puas untuk waktu yang lebih lama diantara dua jadwal makan.

Blueberry juga tinggi akan mangan, yang membantu memetabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Dan berhubung buah ini juga rendah kalori dan lemak, mereka bisa menjadi tambahan yang hebat untuk rencana diet menurunkan berat badan.

Melawan kanker

Menurut the American Institute of Cancer Research, blueberry bisa membantu mencegah berbagai macam jenis kanker, seperti kanker mulut, ovarium, usus, liver, prostat, paru-paru, perut, dan kanker payudara. Kandungan vitamin C yang tinggi, tembaga, dan senayawa Phenolic nya, menjadikan buah berry ini kaya antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker.

Disamping itu, blueberry juga memiliki beberapa mineral dan fitokimia yang bekerjasama untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran dari berbagai jenis sel kanker. Baik blueberry segar atau beku, memiliki kapasitas antioksadan yang sama, sehingga kamu bisa menggunakan keduanya untuk menikmati manfaat anti kanker dari buah super ini.

Meningkatkan kekuatan otak

Blueberry juga mendukung kesehatan fungsi otak. Studi 2014 yang terbit di jurnal pengetahuan Brain Research menemukan bahwa blueberry mampu membantu melindungi kinerja otak begitu pula mengurangi resiko penyakit Perkinson. Dua kelas fitokimia  khusus inilah, yakni anthocyanin dan proanthocyanidins, yang bertanggung jawab atas manfaat neuroprotektif dari blueberry.

Blueberry juga mengandung nutrisi peningkat kerja otak seperti vitamin A, B komplek, C, dan E begitu juga dengan selenium, zinc, potassium, tembaga, dan yang lainnya. Untuk meningkatkan beberapa fungsi otak seperti kemampuan belajar, memori, dan motorik, maka makanlah ½ cup blueberry setiap hari.

Mengendalikan kadar glukosa darah

Menurut studi 2013 yang terbit di jurnal Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism, memakan 2 cup blueberry liar setiap hari bisa meningkatkan atau bahkan mencegah tingginya kadar gula dalam darah bagi seseorang yang menderita Diabetes tipe 2. Blueberry dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan serat yang membantu mengendalikan kadar gula darah begitu juga dengan komplikasi kesehatan lain akibat diabetes.

Karena blueberry memiliki indeks glikemik yang rendah, mereka bisa membantu mempertahankan level energi dan kekenyangan untuk jangka waktu yang lebih lama. Buah berry ini merupakan bahan pengganti cerdas ketika kamu merasa sangat ingin makan sesuatu yang manis. Kamu bisa memakannya dalam kondisi segar atau kering sebagai camilan yang sehat, dan gunakan untuk sebagai bahan pembuat cake rendah gula dan makanan penutup.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2