Kandungan & Manfaat Avokad

by Ummi on October 11, 2014

Buah yang juga disebut dengan alpukat ini, berasal dari Meksiko Tengah namun juga bisa dibudidayakan didaerah beriklim tropis dan Mediterania. Selain rasanya enak, avokad ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Avokad bisa digunakan sebagai bahan kosmetik alami yang dapat menghaluskan kulit dan sebagai tabir surya alami. Berguna pula untuk mengontrol berat badan, dan merupakan sumber antioksidan, protein, dan serat yang tinggi.

Kandungan & manfaat alpukat bagi kecantikan

Meski begitu, banyak orang yang enggan mengonsumsi avokad karena sedang menjalani program diet. Padahal, avokad justru bermanfaat untuk diet, dan mencegah berbagai penyakit. Ingin tahu lebih banyak mengenai kandungan avokad yang bermanfaat bagi kecantikan, berikut ini adalah pemaparan selengkapnya:

  1. Vitamin E dan A

Avokad merupakan sumber vitamin E yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan penyakit dan mempertahankan kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga dapat menghaluskan kulit. Kombinasi dari vitamin E & A juga mampu membuat kulit menjadi kenyal, segar, bercahaya, dan terbebas dari kerutan.

  1. Asam Oleat

Avokad mengandung Asam Oleat yang merupakan antioksidan ampuh yang mampu mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi kecantikan. Radikal bebas dapat memicu terjadinya penuaan dini sehingga membuat seseorang terlihat lebih tua sebellum waktunya.

  1. Minyak Buah avokad

Beberapa peneliti mengatakan, bahwa kandungan minyak buah avokad mampu menembus ke dalam mitokondria, bagian terpenting dari fungsi sel tubuh yang bertugas mengubaha makanan menjadi energi. Jadi, dengan kemampuan dari minyak buah avokad yang mampu menembus mitokondria, maka pemblokiran terhadap radikal bebeas yang masuk ke dalam tubuh bisa dilakukan dengan optimal.

  1. Vitamin B6

Vitamin ini memiliki khasiat untuk meredakan gangguan pramenstruasi seperti nyeri haid yang biasanya diderita wanita setiap dating bulan. Jadi, perbanyaklah mengonsumsi avokad selama menjelang masa haid.

  1. Lutein Karotenoid

Lutein berfungsi untuk melindungi mata dari degenerasi macula dan katarak. Kandungan lutein yang terdapat pada buah avokad, lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan yang lain.

  1. Glutathione

Avokad merupakan sumber glutathione yang merupakan antioksidan penting yang berguna untuk mencegah penuaan dini, kanker, dan penyakit jantung..