Kandungan & Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan

by Ummi on March 25, 2015

Apakah kamu salah satu penggemar buah anggur? Anggur adalah buah yang tumbuh dalam berbagai varietas dan tumbuh dalam berbagai warna yang berbeda-beda, seperti ungu, hitam, biru tua, kuning, hijau, dan oranye. Anggur bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, digunakan untuk wine, cuka, selai, jus, jelly, kismis, dan minyak biji anggur. Anggur juga tersedia di sepanjang tahun. Anggur memiliki kandungan serat, potassium (kalium), protein, zat besi, asam folat, dan vitamin C, A, K, dan B2. Anggur juga kaya antioksidan, bersifat anti inflamasi dan antimicrobial, begitu juga senyawa fitonutrien, terutama Fenol dan Polifenol.

manfaat anggur

Selain enak, anggur juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mencegah kanker, menurunkan kolesterol, hingga mengatasi susah BAB. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah anggur bagi kesehatan :

1. Melawan kanker
Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari anggur bisa membantu melawan kanker. Anggur bisa mencegah terjadinya stress oksidatif kronis dan peradangan kronis, dua factor penting penyebab kanker. Disamping mengurangi resiko, anggur juga bisa menekan pertumbuhan dan penggandaan dari sel kanker. Anggur benar-benar efektif dalam mengurangi resiko kanker paru-paru, prostat, dan payudara. Senyawa Resveratrol yang ada pada kulit anggur juga merupakan antioksidan potensial yang membantu melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV-B, sehingga mengurangi resikomu terserang kanker kulit. Nikmatilah anggur segar atau jus anggur daripada harus minum suplemen.

2. Meningkatkan kekuatan otak
Anggur juga baik untuk kesehatan kognitifmu. Makan anggur secara teratur bisa meningkatkan kekuatan memori dan mencegah kemerosotan ingatan yang berhubungan dengan usia. Resveratrol dalam anggur bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan respon mental. Anggur bahkan bisa menunda penyakit syaraf degenaeratif seperti Dementia.

3. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)
Flavonoid dan antioksidan dalam anggur membantu meningkatkan kadar kolesterol. Faktanya, disamping buah ini bisa menurunkan kadar LDL, buah ini juga bisa menambah kadar HDL (kolesterol baik). Menurut studi di tahun 1999 yang dilakukan oleh The University of Wisconsin Medical School, asupan rutin dari jus anggur ungu bisa meningkatkan fungsi Endhothelial dan mengurangi kemungkinan LDL untuk beroksidasi pada darah yang bisa mencegah pengentalan darah dan mengurangi resiko serangan jantung.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2