Kandungan & Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

by Ummi on September 30, 2015

Buah naga, merupakan salah satu jenis buah yang paling eksotis di dunia. Buah yang juga dikenal dengan nama pitaya ini memiliki bentuk yang sangat indah dengan daging buah berwarna putih atau merah serta berisi banyak biji-biji hitam kecil dan lembut yang tak terhitung jumlahnya.

manfaat buah naga

Buah naga dimasukkan ke dalam golongan ‘super food’ karena memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi beserta asam lemak dan fosfor, membuat buah naga sangat sehat secara alami. Gizi lain yang juga terdapat pada buah ini adalah sterol, lemak larut, kalsium, zat besi, protein, dan beberapa jenis vitamin seperti B1, B2, dan B3. Buah naga ini juga mengandung sekitar 80% air, menjadikannya termasuk makanan yang bagus untuk menghidrasi tubuh.

Disamping itu, khasiat anti inflamasi, anti tumor, anti trombogenik, anti bakterial, dan anti virusnya membuat buah naga sangat baik untuk ditambahkan kedalam menu dietmu. Buah eksotis ini memiliki dua rasa, yakni asam dan manis, tergantung dari jenis varietasnya. Namun biasanya, buah naga merah cenderung memiliki rasa manis, dan sebaliknya, buah naga putih rasanya sedikit asam.

Untuk menikmatinya, kamu bisa memakannya langsung, menambahkannya ke salad buah, dibuat jus buah, untuk campuran sop buah, selai, smoothie atau bahkan es krim. Selain itu, daunnya juga bisa diseduh untuk menjadi teh yang menyehatkan. Bahkan buah naga juga tetap aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Berikut akan kami ulas secara lengkap 10 manfaat & khasiat buah naga bagi kesehatan :

1. Membantu melancarkan pencernaan

Berkat kandungan serat larutnya lumayan besar, buah naga bisa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Serat larutnya akan membantu mendorong dan melunakkan tinja, dan meregulasi BAB. Ini juga akan membantu mencegah munculnya masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, dan sindrom iritasi usus besar.

Buah naga juga membantu menaikkan pertumbuhan probiotik, yang bisa membantu pencernaan, begitu juga dengan detoksifikasi. Dalam studi tahun 2014 yang muncul di International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa baik buah naga putih atau merah sama-sama menjadi sumber yang baik dari prebiotik jenis oligosaccharides. Kandungan vitamin B1 nya juga baik bagi sistem pencernaanmu. Untuk melancarkan pencernaan, kamu bisa memakan atau meminum jus buah naga setiap hari.

2. Mendukung kesehatan kardiovaskular

Buah naga juga membantu dalam mempertahankan kesehatan jaringan yang terdapat atau berada disekitar jantung, sehingga sangat penting untuk kesehatan jantungmu. Lemak tak jenuh tunggal yang terdapat didalamnya, membantu menjaga jantungmu tetap dalam kondisi baik dengan cara mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), sambil juga meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungan vitamin B3 nya juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Disamping itu, buah naga juga membantu mengurangi level stress oksidatif yang tinggi, salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. Dengan menyertakan buah naga kedalam dietmu, kamu pasti bias mengurangi kecenderungan menderita atheroscelerosis, serangan jantung, dan stroke.

3. Mengatur kadar gula dalam darah

Kandungan serat dalam buah eksotis ini memegang peran kunci dalam menstabilkan kadar gula darah. Faktanya, buah naga membantu mencegah lonjakan gula pada seseorang yang menderita diabetes yang umumnya terjadi setelah memakan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Hal ini bisa membantu mencegah komplikasi kesehatan yang umumnya berkaitan dengan diabetes.

Buah naga juga mengurangi resiko terkena masalah jantung bagi orang yang menderita penyakit Diabetes tipe 2. Dalam studi di tahun 2010 yang terbit di jurnal Pharmacognosy Research menunjukkan bahwa ekstrak buah naga efektif dalam mengontrol kerusakan oksidatif dan mengurangi  kekakuan aorta pada tikus percobaan yang menderita diabetes. Jadi, penderita diabetes bisa mengambil manfaat dari menyertakan buah naga kedalam dietnya. Namun ingat, tetap jangan terlalu berlebihan.

4. Mendukung penurunan berat badan

Jika kamu khawatir tentang mengatur berat badan, maka buah naga bisa membantumu. Menjadi buah yang rendah kalori dan kaya serat, buah naga akan membantumu tetap merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu akan makan lebih sedikit sepanjang hari. Memanjakan diri dalam cara makan yang tidak pikir panjang (sembarangan) menjadi faktor kunci dalam kenaikan berat badan.

Kombinasi dari serat tinggi dan kalori rendah juga bisa meningkatkan tingkat metabolismemu, sehingga membantumu menurunkan berat badan lebih cepat. Vitamin C-nya juga akan membantu membakar lemak. Dengan memakan buah naga sebagai camilan sehat di tengah hari, kamu akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan membantu membakar lemak tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menjadi sumber vitamin C yang kaya, membuat buah naga juga bisa untuk meningkatkan system daya tahan tubuh. Antioksidan vitamin C membantu sel darah putih berfungsi dengan baik dan melindungi tubuhmu dari agen penginfeksi. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi munculnya penyakit dan infeksi lain yang umum terjadi.

Disamping itu, vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niacin, dan serat dalam buah naga juga ikut berperan serta dalam system imun yang sehat. Kandungan airnya yang tinggi juga membantu menyiram keluar racun yang berbahaya dari tubuh, yang mungkin saja juga bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2