≡ Menu
werno-werno.com

Kandungan & Manfaat Buah Nangka

Siapa yang tak pernah mencoba buah eksotik yang satu ini? Memiliki rasa dan bau yang sangat khas, buah nangka termasuk buah yang memiliki ukuran terbesar di dunia. Hadir dengan warna kuning cerah, buahnya terasa sangat manis dan juicy, serta biji dalam setiap polongnya sebagian besar terdiri dari pati dan protein. Buah nangka sangat populer di kawasan negara-negara Asia, dan kebanyakan tersedia selama musim panas.

manfaat buah nangka

Kandungan gizinya, menyediakan banyak sekali manfaat kesehatan yang menakjubkan. Nangka mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, C, dan B6, kalsium, potasium, zat besi, asam Folat, tiamin, riboflavin, niacin, serta magnesium. Selain itu, nangka juga kaya akan serat makanan serta memiliki jumlah pigmen flavonoid seperti carotene, xanthin, lutein, dan cryptoxanthin yang signifikan.

Buahnya yang mudah dicerna memiliki gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Disamping itu, nangka juga bebas gluten dan casein. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut Jack fruit ini juga termasuk makanan berbahan dasar air yang sangat bagus, karena terdiri dari 80 % air. Untuk menikmatinya, kamu bisa menggunakan buahnya yang sudah matang menjadi es krim, es campur, jus, nangka goreng, kolak, selai, kue, dan campuran dalam aneka kue tradisional seperti serabi, lumpur, atau nagasari.

Namun perlu diingat, konsumsi buah nangka yang berlebihan bisa membuat perutmu tidak nyaman, jadi makan sewajarnya saja. Plus, nangka juga tidak cocok dikonsumsi bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Berikut adalah beberapa manfaat buah nangka bagi kesehatan :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menjadi sumber vitamin C (antioksidan) yang hebat, nangka akan memberimu peningkatan pada sistem imunmu dengan mendukung fungsi sel darah putih. Antioksidan ini juga membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh, yang bisa merusak membran sel dan bahkan DNA.

Sistem kekebalan yang sehat akan membentuk perisai yang kuat dalam melawan infeksi bakteri dan jamur, sehingga bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit seperti batuk, pilek, dan flu.

Hanya dengan memakan 100 gram nangka, sudah menyediakan 13.8 mg vitamin C yang setara dengan 17 % jumlah rekomendasi harian. Jadi, saat musim nangka tiba, cobalah makan paling tidak 1 mangkuk buah nangka untuk memberikan tubuhmu dosis sehat dari antioksidan yang kuat ini.

2. Menjaga kesehatan kulit

Jika kamu melihat munculnya tanda penuaan dini, mulailah memakan nangka untuk mencegah penuaan dini. Khasiat antioksidannya mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh stress oksidatif tinggi dan polusi. Hal ini dalam rangka untuk memperlambat proses penuaan dan mengurangi tampilan kerutan, garis halus, dan kekeringan.

Vitamin C dalam buah nangka akan membantu produksi kolagen, yakni protein yangt membantu kulit tetap kencang dan kesat. Selain itu, vitamin C juga membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya, berkat kandungan airnya yang tinggi. Kulit yang terhidrasi dengan baik, akan terlihat serah dan lebih muda.

3. Mencegah Animea

Buah nangka juga bermanfaat untuk mencegah animea akibat kekurangan zat besi. Nangka menyediakan jumlah zat besi yang lumayan dan termasuk makanan yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kandungan vitamin C nya yang tinggi juga meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Mineral lain yang terdapat didalamnya, seperti tembaga dan magnesium, juga bisa membantu meningkatkan kualitas darah.

Selain itu, nutrisi-nutrisi penting ini juga membantu darah menyuplai lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh, sehingga membantu mengurangi gejala animea seperti terus menerus merasa lelah, dan kulit wajah yang pucat.

4. Meningkatkan level energi

Nangka juga termasuk buah peningkat energi. Nangka mengandung gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa yang akan memberi tubuhmu tambahan energi instan tanpa mempengaruhi kadar gula dalam darah secara signifikan. Di waktu yang sama, nangka juga tidak mengandung lemak jenuh ataupun kolesterol.

Nangka juga membantu meningkatkan metabolisme, sehingga membantu tubuhmu membakar kalori dengan lebih cepat untuk menyediakan energi. Disamping itu, kandungan airnya yang tinggi menjaga level energimu tetap tinggi. Satu mangkuk buah nangka bisa memberikan tambahan hebat ke dalam dietmu, terutama jika kamu terlibat dalam olahraga atau aktivitas berat lain yang membutuhkan suplai energi berkelanjutan yang mencukupi.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment