≡ Menu
werno-werno.com

Kandungan & Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu adalah salah satu buah yang umum ditemukan di kawasan Asia. Buah ini memiliki bentuk yang bulat atau seperti buah pir, dengan warna hijau muda, kuning, atau merah maroon serta daging buahnya berwarna putih atau merah dan ditengahnya berisi banyak biji-biji kecil yang keras. Buah jambu akan terasa empuk jika sudah matang dengan rasa dan aroma yang manis dan kuat serta tekstur yang creamy.

manfaat jambu biji

Jambu merupakan buah super karena memiliki sederet manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya buahnya, dahan dan daun pohon jambu pun juga bermanfaat bagi kesehatan. Jambu memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi. Faktanya, 1 buah jamu mengandung vitamin C 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan 1 buah jeruk ukuran sedang, serta mengandung vitamin A 10 kali lebih banyka dibandingkan dengan buah lemon. Selain itu, jambu juga mengandung vitamin B2, E dan K, serat, kalsium, folat, zat besi, mangan, tembaga, dan potassium. Disamping itu, jambu juga termasuk salah satu buah yang paling sedikit menggunakan perawatan bahan kimia. Selain dimakan langsung, jambu juga bisa dinikmati dalam bentuk jus segar, jelly, permen, dan selai.  Berikut ini adalah beberapa manfaat buah jambu bagi kesehatan :

  1. Merawat kesehatan gigi

Plak pada gigi adalah faktor utama dalam beberapa masalah kesehatan gigi. Sifat anti-plak yang terdapat pada daun jambu sangat efektif dalam mencegah dan merawat masalah gigi. Pakar herbal menyarankan menggunakan ramuan daun jambu muda yang dibentuk menjadi pasta untuk merawat kebersihan gigi. Daun jambu memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, dan anti microbial, sehingga membantu mengurangi peradangan gusi dan menjadikan nafas serta gigimu segar dan bersih. Untuk menjaga kesehatan gigi, cukup kunyahlah satu atau dua daun jambu muda setiap hari. Kamu juga bisa membuat cairan pencuci mulut alami (mouth wash) dengan cara merebus 5-6 daun jambu muda dalam air. Birakan hingga suhunya hangat, lalu tambahkan garam. Kumur-kumurlah dengan menggunakan cairan ini satu atau dua kali sehari.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut studi yang diterbitkan pada tahun 1993 dalam Journal of Human Hypertension, konsumsi buah jambu secara rutin bisa membantu mengurangi tekanan darah dan lemak darah. Ini berkat kandungan tinggi dari potassium, vitamin C, dan serat larut yang ada di jambu. Potassium membantu mempertahankan detak jantung yang stabil dan mengendalikan tekanan darah. Sementara vitamin C menjaga pembuluh darah kecil tetap sehat. Ditambah lagi, lycopene yang terdapat pada jambu merah juga membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular jika dikonsumsi secara rutin.

  1. Mengatasi diare

Teh daun jambu bisa membantu menghentikan bakteri penyebab diare. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Sao Paolo pada tahun 2008 menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu bisa menghalangi pertumbuhan bakteri staphylococcus aureus, yang biasa menyebabkan  diare. Buah jambu juga bagus untuk saluran pencernaan. Sifat anti bakterialnya membantu membersihkan saluran cerna, menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroba, serta kandungan seratnya membantu melancarkan pencernaan dan memudahkan sekresi. Untuk mencegah masalah yang berkaitan dengan perut, kunyah daun jambu atau makan buah jambu setiap hari. Untuk membuat teh daun jambu, cara membuatnya adalah : keringkan beberapa lembar daun jambu muda, lalu tumbuk menjadi bubuk halus. Tambahkan 1 sdm bubuk daun jambu ke dalam satu cangkir air panas. Tutup, dan biarkan mengendap selama 5 menit, lalu saring.

  1. Mengontrol diabetes

Pengobatan Cina telah menggunakan jambu untuk mengobati diabetes selama bertahun-tahun. Efek hypoglikemik dari jus jambu bisa berguna untuk mengobati diabetes mellitus. Jambu kaya serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Serat membantu mengatur kadar gula, sedangkan indeks glikemik rendah bisa menghalangi lonjakan kadar gula yang mendadak.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

2 comments… add one

Leave a Comment