Kandungan & Manfaat Jus Pepaya

by Ummi on June 10, 2015

Selain bisa digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan berbahan dasar pepaya, buah tropis ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Pepaya memang salah satu jenis buah yang populer dan banyak dikonsumsi oleh penduduk Indonesia, seperti dijadikan campuran es buah, rujak buah, salad buah, dan jus buah.  Jus buah pepaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna sebagai tambahan gizi dalam dietmu. Namun hati-hati saat berbelanja jus pepaya di supermarket karena kamu mungkin saja bisa secara tidak sengaja memilih nektar pepaya (sari pepaya), dimana malah tidak mengandung sebagian nutrisi penting dari jus buah asli.

manfaat jus pepaya

– Potassium & Tembaga
Tambahkan menu jus pepaya ke dalam menu dietmu dan kamu akan mendapatkan peningkatan asupan potassium / tembaga yang cukup signifikan. Keduanya akan membantu sistem syaraf bisa berkomunikasi dengan satu sama lain. Tembaga juga bisa memperkuat jaringan ikatmu, sementara potassium meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Setiap 1 gelas sajian jus pepaya mengandung 489 mg potassium dan 121 mikrogram tembaga. Hal ini akan menyediakan 10% kebutuhan potassium harianmu dan 13% dari kebutuhan tembaga harian.

– Vitamin C dan Folat
Jus pepaya juga dikemas dengan vit C dan menjadi sumber asam folat. Mendapatkan cukup folat dalam dietmu bisa mempertahankan kesehatan jaringan karena folat membantu membentuk protein dan DNA yang diperlukan bagi pertumbuhan sel baru. Vit C juga meningkatkan kekuatan jaringan dengan menaikkan produksi kolagen, serat protein yang terdapat pada tulang, kulit, pembuluh darah dan jaringan yang lainnya. Setiap satu gelas jus papaya mengandung 16,4 mg vit C (mencakup semua asupan harian yang disarankan) dan 99 mg asam folat ( sekitar ¼ dari total kebutuhan folat yang dibutuhkan).

– Vitamin A dan Lycopene
Warna jus pepaya yang oranye menyala berasal dari kandungan karotenoid. Beberapa dari karotenoid ini berperan sebagai sumber vit A, sedangkan jenis karotenoid yang lain bernama Lycopene, bekerja melawan penyakit. Vit A yang kamu dapatkan dari jus pepaya berperan besar pada fungsi retina, membantu matamu dalam mendeteksi cahaya dan warna. Lycopene menawarkan perlindungan antioksidan untuk mencegah kerusakan jaringan dan membantu menegurangi resiko kanker prostat. Segelas jus pepaya mengandung 2.552 iU vit A yang mencukupi asupan harian yang direkomendasikan dan 4.910 mikro gram lycopene.