≡ Menu
werno-werno.com

Kandungan, Manfaat & Khasiat Beras Merah

Apakah selama ini kamu sudah terbiasa dengan mengonsumsi beras putih? Dan tidak akan merasa kenyang tanpa makan nasi putih? Saatnya kini kamu mencoba beralih ke beras merah! Kenapa harus beras merah?

Tahukah kamu, beras merah yang sejatinya juga termasuk jenis beras, hanya saja belum mengalami penggilingan dan pengelupasan kulit seutuhnya ternyata lebih baik daripada beras putih yang selama ini kita makan. Namun, kebanyakan dari kita lebih memilih beras putih karena perbedaan penampilannya. Meski beras putih tampak lebih lezat dan menggugah selera daripada beras merah (beras merah terasa keras dan ‘pera’ serta seret saat dimakan), namun beras merah ternyata lebih sehat.

Kandungan, Manfaat & Khasiat Beras Merah

Beras merah tidak seperti beras putih biasa, karena masih memiliki kulit sekam dan kulit ari sehingga membuat waktu memasak lebih lama dan tidak mudah dicerna dalam perut karena jauh lebih berat. Kulit sekam dan dedak tersebut memberikan ‘keutuhan alami’ untuk butirannya dan kaya protein, Thiamin, Kalsium, Magnesium, serat, dan Potasium. Bagi sesorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, atau sedang menderita Diabetes, beras merah bisa menjadi makanan pokok yang menyehatkan karena memiliki tingkat glikemik yang rendah sehingga bisa membantu mengurangi lonjakan insulin. Ingin tahu yang lebih lengkap, berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari beras merah yang perlu kamu tahu:

  1. kaya Selenium.

Beras merah mengandung banyak selenium yang bisa mengurangi resiko terjangkit berbagai penyakit seperti kanker, sakit jantung, dan asam urat.

  1. Tinggi kandungan Mangan

Satu cangkir beras merah mengandung 80% dari kebutuhan Mangan harian yang dianjurkan. Mangan membantu tubuh untuk mensintesis lemak. Mangan juga bermanfaat bagi syaraf kita dan system reproduksi.

  1. Kaya akan kandungan minyak alami

Minyak tumbuhan alami sangat bermanfaat untuk tubuh sebagai lemak sehat yang membantu menormalkan kadar kolesterol.

  1. Membantu mempercepat penurunan berat badan

Kandungan serat yang terdapat pada beras merah membuat usus tetap berfungsi secara optimal tatkala menjadikan proses pencernaan menjadi lebih mudah. Beras merah merupakan makanan tambahan yang sempurna untuk diet sehari-hari bagi seseorang yang ingin BAB-nya tetap lancer. Nilai tambah yang lain, beras merah juga membuat perut merasa kenyang lebih lama yang bisa mengacu pada porsi makan yang lebih kecil.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

2 comments… add one

Leave a Comment