≡ Menu
werno-werno.com

Kandungan & Manfaat Peppermint Bagi Kesehatan

Pasti kamu sering menemukan rasa peppermint dalam berbagai jenis produk, mulai dari permen karet, pasta gigi, hingga mouth wash. Tanaman herba yang merupakan persilangan antara spearmint dan watermint ini, memiliki rasa segar dan sedikit pedas. Terlepas dari peppermint telah menjadi bahan perisa makanan yang populer, peppermint juga memiliki kegunaan medis untuk mengatasi beberapa penyakit fisik dan mental.

Manfaat & Khasiat Daun Pappermint

Peppermint juga memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam pengobatan kuno dan aromaterapi. Ia memiliki efek menyejukkan dan menenangkan pada tubuh dan pikiran, terutama karena kandungan Menthol-nya yang tinggi. Selain menthol, herba ini juga mengandung cukup banyak mangan, tembaga, dan vitamin C. Ditambah lagi, peppermint juga memiliki sifat antioksidan antibakteri, anti jamur, anti virus, dan antispasmodic.

Baik daun mint kering ataupun masih segar, keduanya sudah banyak tersedia di supermarket sepanjang tahun. Namun, lebih baik gunakan dalam bentuk yang masih segar Karena lebih kuat rasanya dan lebih kaya nutrisi serta sifat obatnya. Peppermint bisa dinikmati dalam bentuk teh, atau ditambahkan pada salad, sup, smoothie, jus, saus, atau makanan ringan yang lain. Berikut adalah beberapa manfaat Peppermint bagi tubuh kita :

• Mengatasi Sindrom Iritasi Usus (IBS)
Peppermint bisa untuk mengobati gejala Sindrom Iritasi Usus, seperti kram perut dan kembung. Ia akan merilekskan sfingter esophagus, sehingga bisa mengurangi gejala IBS. Selain itu, ia juga bisa membantu makanan melewati perut dengan mudah. Dalam studi yang terbit di tahun 2007 dalam Digestive and Liver Diseases Journal, para peneliti menemukan bahwa pengobatan selama 4 minggu dengan menggunakan minyak Peppermint bisa mengurangi gejala abdominal pada penderita IBS.

>Kamu bisa meminum teh peppermint beberapa kali ehari. Untuk membuat tehnya, tambahkan 1 sdt daun peppermint kering ke dalam secangkir air mendidih. Tutup dan diamkan selama 10 menit, saring, lalu minum.
>Kamu juga bisa meminum kapsul peppermint 2 kali sehari selama sebulan, setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment