Kandungan & Manfaat Stroberi Bagi Kecantikan

by Ummi on May 9, 2015

Siapa yang tak suka dengan buah yang memiliki bentuk imut, aroma yang khas, warna merah menyala, dan rasa asam manis ini? Yap. semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa pasti suka dengan yang namanya stroberi. Salah satu anggota keluarga buah Berries ini merupakan satu-satunya buah dengan biji yang terletak di bagian luar. Ada sekitar 600 varietas stroberi yang tersebar luas di seluruh dunia dengan beragam rasa, ukuran, dan tekstur yang berbeda-beda.

manfaat stroberi

Stroberi bisa dinikmati langsung dalam bentuk buah segar, sebagai tambahan salad, dibuat jus, pai, es krim, smoothies, dan milkshake. Disamping rasanya yang manis dan bentuknya yang lucu, stroberi juga menawarkan segudang manfaat. Mereka dipenuhi dengan nutrisi dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Stroberi kaya akan vitamin C, A dan K, kalsium, magnesium, asam folat, fosfor, potassium, dan serat makanan. Selain itu stroberi juga bebas lemak, kolesterol, dan sodium. Buah ini juga mengandung sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat, serta kaya Flavonoid dan asam salisilat yang menyediakan beberapa manfaat kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat stroberi bagi kecantikan :

  1. Memperlambat penuaan

Vitamin C dan antioksidan lain yang terdapat pada stroberi bisa menunda proses penuaan. Mereka membantu mencegah kerusakan kulit dan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas yang bisa mempercepat penuaan. Ditambah lagi, Lycopene dalam stroberi juga membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti kerutan dan garis halus. Disamping rajin memakan buah stroberi, kamu juga bisa mengggunakannya sebagai masker wajah untuk mendapatkan manfaat anti-aging. Caranya : siapkan ½ cangkir stroberi yang telah ditumbuk halus, 1 sdt madu, dan 2 sdt krim susu. Campur semua bahan tadi hingga merata. Terapkan pasta ini ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 20-25 menit, lalu bilas dengan air dingin dan keringkan. Gunakan masker ini setiap satu kali seminggu.

  1. Meningkatkan tampilan warna kulit

Stroberi juga bisa membantu mencerahkan kulit yang kusam dan meningkatkan warna kulit. Mereka memiliki sifat mencerahkan yang bisa membantu mengurangi noda wajah dan menyamarkan bekas luka. Untuk mencerahkan kulit, cukup potong stroberi menjadi dua bagian dan gosokkan irisan buah bagian dalam ke seluruh wajah, kulit, dan anggota tubuh lain yang terbuka. Biarkan jusnya meresap ke kulit selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan kulit yang bersinar.

  1. Mencerahkan bibir yang gelap

Stroberi mengandung vitamin dan mineral penting yang bisa membantu merawat bibir yang menghitam. Plus, mereka membantu mengelupas sel kulit mati yang cenderung membuat bibirmu terlihat gelap. Lumatkan 1 buah stroberi, lalu gosokkan dengan lembut ke bibir selama beberapa menit. Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan ir hangat.

  1. Mengobati jerawat

Stroberi adalah salah satu bahan terbaik bagi kulit yang rentan berjerawat. Kandungan sifat asam alaminya, membantu menghilangkan kelebihan sebum, salah satu biang kerok penyebab jerawat. Disamping itu, stroberi juga mengandung serat yang membantu menyingklirkan racun berbahaya dari tubuh. Racun adalah faktor umum penyebab jerawat dan bisul. Terapkan masker berikut untuk mengobati jerawat : lumatkan 5-6 stroberi matang. Campur dengan 1 sdm yogurt tanpa gula dan rendah lemak atau krim asam untuk membuat pasta yang halus. Oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin. Gunakan ramauan ini 2 kali seminggu untuk mencegah jerawat dan bisul.

  1. Mengelupas sel kulit mati (eksfoliasi)

Stroberi juga berperan sebagai bahan eksfolisi alami untuk kulitmu. Kandungan vitamin C dan asam salisilatnya membantu menghilangkan sel kulti mati, kelebihan sebum, dan kotoran lainnya dari kulit. Selain itu, ia juga membantu memperbaiki dan menutrisi semua jenis kulit. Cara membuatnya : cukup lumatkan segenggam stroberi matang, lalu campur dengan 1 sdt minyak zaitun dan 1 sdt gula hingga berbentuk pasta. Pijatkan secara perlahan pasta ini ke seluruh tubuh dengan gerakan memutar. Tunggu selama 15 menit sebelum mandi. Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali seminggu.

  1. Memutihkan gigi

Jika kamu ingin gigimu terlihat lebih putih alami, stroberi adalah solusinya. Vitamin C-nya membantu menhilangkan plak penyebab gigimu tampak menguning. Caranya: giling 1-2 stroberi menjadi pasta. Gosokkan pada gigimu selama beberapa menit lalu bilas mulutmu dengan air hangat. Lakukan hal ini dua kali sehari. Pilihan lain adalah hanya dengan menggosokkan setengah bagian stroberi ke depan dan belakang seluruh gigi, tunggu selama 1 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Selain beberapa manfaat di atas, stroberi juga bermanfaat untuk mengatasi kulit yang kendur dan flek di wajah.