Kapan harus berhenti minum Pil KB agar bisa hamil ?

by Ummi on October 19, 2015

Saat kamu sudah memutuskan bahwa sudah saatnya untuk memiliki anak atau menambah momongan, berikut adalah beberapa hal penting yang perlu kamu tahu tentang menghentikan pemakaian pil KB :

waktu tepat berhenti kb

Berapa lama saya harus berhenti minum pil KB sebelum mencoba untuk bisa hamil?

Pada awalnya, para dokter percaya bahwa kamu sebaiknya harus menunggu waktu antara 2-3 minggu setelah menghentikan penggunaan pil sebelum mencoba agar bisa hamil. Meksi begitu, sekarang ini dokter percaya bahwa tidak ada alasan lagi untuk menunggu.

  • Kamu bisa langsung mencoba memiliki anak segera setelah kamu berhenti minum pil KB. Meski begitu, ada beberapa masalah kesehatan yang perlu kamu waspadai saat kamu berhenti minum pil KB.
  • Kamu harus hati-hati tentang bagaimana caramu mneghentikan pemakaian pil KB. Dalam rangka mencegah terjadinya penderahan ditengah-tengah siklus atau iritasi menstruasi, kamu sebaiknya menyelesaikan dulu paket pil sebelumnya sebelum kamu berhenti sama sekali.
  • Kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter tentang kesehatanmu sebelum kamu mencoba untuk hamil.
  • Terkadang, akan lebih baik jika kamu menggunakan pelindung tambahan dan menunggu beberapa kali siklus menstruasi sebelum kamu mencoba untuk bisa hamil.
  • Dalam skenario yang lain, kamu mungkin tidak peru harus menunggu hal ini terjadi sama sekali. Jadi, sangat penting bagimu untuk berkonsultasi lebih dulu ke dokter.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa hamil setelah berhenti minum pil?

Durasi yang diperlukan bagimu untuk bisa hamil tidak ditentukan oleh pil KB, namun ditentukan oleh seberapa subur dirimu. Kamu mungkin saja langsung hamil sgera setelah berhenti minum pil KB. Disisi lain, kamu mungkin harus menunggu selama beberapa bulan sebelum kamu akan mulai berovulasi lagi, sehingga kamu bisa punya anak. Hal ini tergantung pada kondisi kesehatan setiap individu. Jadi, tidak ada batasan tentang seberapa cepat kamu bisa hamil setelah berhenti minum pil.

Meski begitu, jika setelah beberapa bulan namun kamu juga tak kunjung bisa hamil, maka sudah saatnya untuk menemui dokter dan mengetahui jika ada masalah yang terjadi. Dokter kandungan biasanya akan meresepkan obat-obatan untuk mengembalikan kembali siklus ovulasimu ke treknya semula, sehingga kamu bisa melakukan pembuahan dengan mudah.

Perhatikan selalu ovulasimu

Kamu baru saja membuat keputusan besar dan kamu mungkin tidak bisa lagi menunggu untuk bisa segera hamil. Meski begitu, kamu tidak bisa terburu-buru. Ada beberapawanita yang malah bisa tetap hamil meski sudah minum pil KB, dan ada pula yang membutuhkan waktu beberapa bulan baru bisa hamil. Jadi, begitu kamu sudah memutuskan untuk berhenti minum pil KB dan mencoba untuk bisa punya anak, maka kamu juga harus mulai melacak siklus ovulasimu.

  • Siklus ovulasi merupakan hal penting yang akan menentukan kehamilanmu.
  • Kamu bisa mengecek apakah kamu sedang dalam masa ovulasi atau tidak dengan menggunakan alat pemrediksi yang sudah banyak tersedia.
  • Tubuhmu membutuhkan untuk mendapatkan penyesuaian hormon tertentu setelah kamu berhenti minum pil, dan ini dapat mempengaruhi ovulasi.
  • Dengan melacak ovulasimu, kamu akan dapat tetap melacak waktu ketika peluangmu untuk hamil sedang tinggi, dan ini akan membantumu secara fisik dan mental.
  • Kamu dan pasangan dimaklumi jika sangat gembira tentang apa yang akan terjadi nanti saat kamu hamil. Namun, berhenti minum pil bisa menjadi proses yang sulit karena dapat mempengaruhi hormon dalam tubuhmu.

Kamu hanya perlu kekuatan untuk tetap percaya diri dan optimis melalui masa ini dan terus berusaha. Menemui seorang tenaga medis, bisa sangat membantu dalam memberikan dukungan mental dan medis yang dibutuhkan untuk membantumu dalam proses ini. (baca juga : Apa Yang Terjadi Bila Berhenti Minum Pil KB?)