Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyumbat Pori-pori

by Ummi on December 1, 2016

Pori-pori yang tersumbat merupakan salah satu alasan umum yang menjadi penyebab munculnya jerawat dan komedo di wajah. Jika kamu memiliki ukuran pori-pori yang memang lebig besar daripada yang normal, maka jangan salahkan factor geneteikmu saja. Masih ada banyak hal yang bisa menyebabkan pori-pori mu tersumbat seperti yang akan kami uylas pada artikel berikut ini :

penyebab pori-pori tersumbat

Merokok

Jika sederet bukti tentang bahaya kesehatan dari merokok masih belum bisa meyakinkanmu  untuk berhenti, mungkin alasan ini akan menjadi motivasi yang kamu cari. Menurut laporan di British Journal of Dermatology, perokok empat kali lebih mungkin untuk menderita jerawat dewasa dibandingkan dengan yang non-perokok. Dari 1.000 peserta, yang terdiri dari perempuan antara usia 25 dan 50 tahun, 42 persen dari perokok memiliki jerawat, sementara hanya 10 persen dari non-perokok yang menunjukkan tanda-tanda jerawat dewasa.

Dokter telah lama mengetahui bahwa bahaya merokok sangat merusak kulit dengan cara melemahkan elastisitasnya, bersama dengan efek negatif pembunuh lainnya. Studi ini menunjukkan bahwa asap rokok juga dapat menyumbat pori-pori, yang memberikan kontribusi untuk jerawat.

Tidur dengan seprei yang kotor

Banyak pakar yang menyarankan untuk mencuci seprai setiap seminggu sekali, tetapi jika kamu punya pori-pori yang tersumbat, maka kamu mungkin ingin melakukannya lebih sering lagi. Sarung bantal dan seprai dapat dengan mudah menjadi pelabuhan dari penumpukan minyak, kotoran, dan kulit mati, yang mentransfernya kembali ke kulit pada malam hari, menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. “Kamu tentu ingin sepreimu menjadi bersih dan tidak menyumbat pori-pori,” kata Samer Jaber, MD, dari Washington Square Dermatology. “mencuci seprei tidur bisa membuat perbedaan, terutama jika kamu adalah tipe orang yang suka memakai selimut” Pertimbangkan pula untuk mengganti sarung bantalmu juga, setidaknya setiap tiga hari.

Menyentuh wajahmu setiap hari

“Menyentuh wajah secara teratur dapat memicu jerawat melalui penyebaran bakteri P.acnes,” kata Dr Jaber. Pada hari-hari biasa, kita menyentuh banyak objek dan bahan sarat kuman, seperti : uang tunai, pegangan wastafel, permukaan transportasi umum, pegangan tangan, gagang pintu, dan masih banyak yang lain. (Ini adalah salah satu item yang paling banyak mengandung kuman yang kamu sentuh setiap hari.)

Dengan menyentuh wajahmu sepanjang hari, kamu mentransfer banyak bakteri, virus, minyak, alergen, dan kotoran dari tangan ke kulit wajahmu, yang dapat menyumbat pori-pori. Cara terbaik untuk memerangi kebiasaan buruk ini adalah secara kompulsif membersihkan tangan, dan meminta teman-teman untuk memberitahu ketika kamu menyentuh wajah sehingga kamu dapat mulai untuk menghentikan kebiasaan itu.

Berjemur

Menyerap sinar matahari dalam kapasitas apa pun akan menyumbat pori-pori wajahmu. “Sun tanning (berjemur untuk mencoklatkan kulit) dan kerusakan akibat sinar matahari yang dihasilkan dapat memperburuk pori-pori, seperti halnya matahari dapat merusak jaringan kulit sekitarnya, membuat pori-pori terlihat lebih besar,” kata Dr Jaber. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, banyak tabir surya yangternyata ‘comedogenic’ (bisa menyumbat pori).

Jadi di atas mengurangi paparan sinar matahari, lebih penting untuk memilih tabir surya yang tepat. Tabir surya kimia dapat mengiritasi kulit, sementara tabir surya mineral dapat menetap di atas kulit dan menyumbat pori-pori. Tabir surya terbaik adalah yang berbahan ringan dan memiliki kandungan seng dan titanium dioksida sebagai bahan aktifnya.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2