≡ Menu
werno-werno.com

Kebiasaan Buruk Yang Merusak Rambut

Rambut dianggap sebagai pilar kecantikan, itulah sebabnya mengapa produk perawatan rambut adalah industri yang bernilai hingga miliaran dolar. Semua orang, entah itu pria atau wanita, suka memiliki rambut sehat, berkilau dan kuat yang mencerminkan kepribadian seseorang. Bagi banyak orang, hari rambut yang buruk sama saja dengan hari yang buruk, dan ini dapat mempengaruhi harga diri seseorang secara serius.

penyebab rambut rusak

Selama berabad-abad, orang telah mencari cara agar rambut mereka tetap sehat. Meski beberapa orang beruntung dengan memiliki rambut cantik alami, banyak orang mengeluhkan masalah rambut seperti rambut rontok, rambut kusam dan rapuh, rambut tak bernyawa dan sebagainya. Sementara masalah genetika dan kesehatan memiliki hubungan langsung dengan kesehatan rambutmu, ada banyak hal yang mungkin kamu lakukan dalam rutinitas harianmu yang bisa merusak rambutmu. Berkikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa merusak rambut :

Stress

Stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang, bahkan bisa menyebabkan rambut rontok. Bila kamu mengalami stres, rambut bisa masuk ke fase telogen (rontok). Padahal, rambut rontok bisa terus terjadi hingga tiga bulan setelah mengalami stres. Namun, setelah rambut rontok yang awal, biasanya tumbuh kembali dalam enam sampai sembilan bulan.

Sebuah studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam American Journal of Pathology menyatakan bahwa folikel rambut merupakan target penting bagi stresor. Efek neurohormon, neuropeptida dan neurotransmiter selama stres secara signifikan dapat mempengaruhi aktivitas siklik folikel rambut.

Kemudian, sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan di American Academy of Dermatology menegaskan bahwa stres dapat menyebabkan masalah dermatologis, seperti jerawat, kuku rapuh atau bahkan rambut rontok. Untuk melawan stres, cobalah beberapa latihan pereda stres sederhana, meditasi, berlatih menarik nafas dalam-dalam dan lakukan langkah-langkah untuk menghilangkan pemicu stres yang telah diketahui dari kehidupanmu.

Pola makan yang buruk

Apa yang kamu makan memiliki dampak langsung pada kesehatan kulit dan rambut Anda. Rambut membutuhkan berbagai vitamin, mineral dan protein agar tetap sehat. Sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam Clinical and Experimental Dermatology menyoroti hubungan antara faktor nutrisi dan rambut rontok. Studi tersebut menunjukkan peran asam amino esensial, protein, zat besi dan serum seng untuk pertumbuhan rambut.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengikuti pola makanan sehat untuk menikmati rambut yang sehat. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Korean Medical Science menunjukkan bahwa zat besi memainkan peran tertentu, terutama pada pola rambut premenopause yang rontok.

Agar memiliki rambut sehat, kamu harus memasukkan makanan sehat dan alami yang kaya akan protein, vitamin E dan zat besi ke dalam makananmu. Anda juga harus memasukkan makanan yang kaya trace mineral, seperti zinc dan tembaga. Jangan bertahan pada makanan cepat saji dan hindari pula mengikuti pola makan atau diet yang sangat ketat, karena dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang dapat menyebabkan rambut rontok, menipis, dan rambut kusam dan rapuh.

Peralatan Hairstyling

Saat ini, kebanyakan dari kita cenderung bereksperimen dengan rambut kita dan akhirnya menggunakan alat styling rambut. Bahkan penggunaan blow dryer sehari-hari menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Panas dari pengering bisa mengikis serum dari rambut, membuatnya terlihat kering dan kusam. Untuk mengurangi kerusakan pada rambutmu, atur pengering rambut pada pengaturan rendah (low) dan terus gerakkan dengan gerakan naik-turun. Namun, selalu akan lebih baik jika membiarkan rambut basahmu kering secara alami.

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Annals of Dermatology melaporkan bahwa penggunaan pengering rambut menyebabkan kerusakan permukaan lebih banyak daripada pengeringan alami. Faktanya, menggunakan pengering rambut pada jarak 15 cm dengan gerakan terus menerus menyebabkan kerusakan yang relatif sedikit.

Perawatan styling lainnya seperti meluruskan dan mengeriting rambut berkontribusi pada rambut rontok bila sering dilakukan. Bila menggunakan pelurus rambut atau penjepit untuk menata rambut, semakin sedikit panas maka semakin baik. Terlalu banyak panas dapat menyebabkan kerusakan serius termasuk rambut rapuh mudah patah.

Memberi Rambut dengan Produk Kimia

Agar rambut tetap sehat, banyak dari kita mengandalkan shampo komersial, gel, serum dan produk penata rambut lainnya. Tapi tidak semua produk yang tersedia di pasaran sehat untuk rambutmu. Banyak produk mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan besar pada rambutmu, yang mungkin tidak dapat dipulihkan.

Bahan kimia seperti hidrogen peroksida dan amonia yang ditemukan pada pewarna rambut dapat menyebabkan rambut kusut dan rambut rontok. Dihydrotestosterone atau DHT adalah bahan kimia berbahaya lainnya yang ditemukan di shampo yang dapat menyebabkan rambut rontok. Pada hair relaxers, bahan kimia utama yang menjadi perhatian adalah sodium hidroksida, yang bisa melemahkan rambut dan menyebabkan infeksi kulit kepala. Hindari terlalu banyak  memenuhi rambutmu dengan produk berbasis kimia yang keras. Sebagai gantinya, pilihlah produk herbal dan resep buatan sendiri untuk masker rambut atau pewarna rambut yang menggunakan bahan alami.

Berenang di Air Terkhlorinasi

Berenang adalah salah satu kegiatan terbaik untuk membantu Anda tetap bugar dan sehat. Tapi berenang di kolam terklorinasi tidak baik untuk rambutmu. Produk sampingan ini tidak baik untuk kesehatan dan rambutmu. Bahkan, penumpukan klorin di rambut menyebabkannya menjadi kusut dan rapuh. Selain itu, klorin dapat menghilangkan minyak alami yang menutupi poros rambut, yang mengakibatkan hilangnya kilau dan kelenturan, sekaligus membuat rambut Anda lebih rentan terhadap kerusakan.

Dalam sebuah penelitian tahun 2000 yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology, para periset meneliti 67 perenang ahli dan 54 non-perenang dan menemukan bahwa 61 persen perenang menunjukkan gejala perubahan warna rambut dibandingkan dengan non-perenang. Jika kamu suka berenang, cobalah berenang di kolam terklorinasi hanya sesekali saja. Sebaiknya, pakai topi renang. Pastikan untuk mandi dan mengeramasi rambut Anda segera setelah berenang. Jangan biarkan air kolam mengering di rambut.

Menyasak rambut

Menyasak atau menyanggul rambut sangat merusak saat rambut Anda kusut. Sebenarnya, ini bisa menyebabkan perpecahan dan kerusakan rambut selama berbulan-bulan. Sementara menyasak, saat kamum mengangkat kutikula, sangat merusak serat alami protein yang membentuk kutikula.

Begitu pula dengan menyisir dengan agresif atau terlalu sering menyisir juga tidak disarankan karena menyebabkan terlalu banyak gesekan dan membuat rambut menjadi lemah dan rapuh.
Jika Anda masih enggan berhenti melakukan sasak rambut, lakukan hanya sesekali dan gunakan sisir yang bergigi halus. Juga, ingatlah untuk berlaku lembut dengan rambut Anda sambil menyasak dan jangan mencoba melakukan terlalu banyak sekaligus. Pada penghujung hari, pastikan untuk menyisir sasak rambut dengan lembut, bekerja mulai dari ujung sampai ke akar.

Mengenakan hairstyle yang terlalu ketat

Jika Anda suka menata rambut dengan ekor kuda yang ketat, kepang, knot dan bun, Anda pasti ingin berpikir dua kali lain kali. Gaya rambut ini bisa menjadi penyebab rambut Anda yang rusak. Gaya rambut ketat membuat ketegangan yang berlebihan pada folikel rambut, yang bisa menyebabkan kerusakan rambut dan bahkan rambut rontok. Hal ini juga dapat menyebabkan alopecia traksi, suatu kondisi yang secara permanen melemahkan folikel dan membuat rambut tidak mungkin tumbuh. Mengenakan wave dan ekstensi rambut juga memiliki efek yang sama.

Dalam sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology, para periset menemukan hubungan yang kuat antara gaya rambut yang menarik kulit kepala (seperti ekor kuda ketat, kepang, knot dan bun) dengan perkembangan alopecia traksi, atau kerontokan rambut secara bertahap. Hal itu terjadi karena kerusakan yang terjadi pada folikel rambut akibat ketegangan yang berkepanjangan atau berulang pada akar rambut. Cobalah untuk menggerai rambutmu bila mungkin dan, jika mengikat rambutmu kembali, jaga agar sedikit longgar. Selain itu, jangan memakai gaya rambut yang sama setiap hari.

Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Orang sering menyikat atau menyisir rambut basah mereka tepat setelah mandi atau berendam, tanpa mempertimbangkan betapa berbahayanya hal tersebut bagi rambut. Saat basah, helai rambut menjadi rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Cara terbaik adalah menyisir rambut sebelum keramas untuk mengurangi kusut. Setelah dicuci, lap rambutmu dengan handuk lembut dan biarkan sampai kering sebelum menyisir. Sebenarnya, sebaiknya sisir rambut Anda saat agak lembap. Rambut yang sedikit lembap juga lebih mudah untuk ditata. Tidur dengan rambut basah adalah pantangan besar lain karena menyebabkan kekusutan di pagi hari karena gesekan dari bantal. Sebaiknya, gunakan sarung bantal satin saat tidur untuk menghindari gesekan.

Terlalu sering keramas

Terlalu sering keramas adalah kesalahan lain yang biasa dilakukan orang saat berhubungan dengan perawatan rambut. Terlalu banyak keramas bisa menyedot kelembaban alami dari rambut Anda dan mengeringkannya, menyebabkan kerusakan. Pastikan untuk mencuci rambut tiga kali seminggu. Jika Anda berkeringat atau menggunakan banyak produk, cuci rambut setiap dua hari sekali.

Saat keramas, gunakan sampo yang tepat untuk jenis dan tekstur rambut Anda. Ini akan membantu menambahkan kelembaban, tubuh dan kecantikan pada rambutmu. Seiring dengan keramas, orang sering salah dalam menangani rambut mereka yang basah. Setelah dicuci, kutikula pelindung sedikit terangkat, membiarkan helai rambutmu rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menghindari pengeringan handuk yang agresif.

Mandi air panas

Mandi setiap hari adalah salah satu kebiasaan higienis yang harus dipraktekkan setiap orang. Tapi meski saat mandi air panas yang lama mungkin bisa terasa hebat, ternyata menyebabkan kerusakan besar pada rambut Anda. Panas dari shower air panas bisa menghilangkan minyak alami rambut Anda (serum), yang tanpanya rambut menjadi kering dan rapuh. Hal ini bisa membuat rambut Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan rontok.

Untuk menikmati rambut sehat, nikmati shower dengan air hangat selama tidak lebih dari 10 sampai 15 menit, dua atau tiga kali seminggu saja. Untuk bilasan terakhir, gunakan air dingin untuk membantu mengunci kelembaban. Hal ini akan membuat rambut Anda tampak berkilau dan sehat. Selain itu, setelah mandi, keringkan kulit Anda dengan handuk lembut dan hindari menggosok rambut dengan kencang. Biarkan rambut kering secara alami dan jangan menggunakan blow dryer.

0 comments… add one

Leave a Comment