≡ Menu
werno-werno.com

Kebiasaan Yang Buruk Bagi Punggung

Salah satu kondisi yang paling menjengkelkan bagi sebagian besar orang adalah sakit punggung. Sakit jenis ini bisa berkisar mulai dari sakit yang konstan dan membosankan, hingga sakit yang menusuk dan tiba-tiba hingga membuat kita sulit bergerak. Sakit punggung yang parah dan kronis bisa membatasi kehidupan seseorang, dan yang paling buruk adalah membuat seseorang tidak bisa melakukan hal-hal yang paling dia sukai.

penyebab sakit punggung

Sakit punggung merupakan masalah yang paling umum dialami yang bisa membawa ketidaknyamanan bagi penderitanya. Ada banyak alasan medis dibalik masalah punggung, seperti arthritis, cidera, peradangan, patah tulang, cidera saraf, dan yang lainnya. Selain itu, ada banyak pula kebiasaan sehari-hari yang juga bisa menyebabkan sakit punggung. Berikut adalah hal-hal sehari-hari yang bisa berakibat buruk bagi punggungmu :

Mengemudi dalam waktu yang lama

Entah itu kamu harus mengemudi selama berjam-jam untuk pergi ke kantor atau ke tempat yang lain, mengemudi dalam waktu yang lama tidaklah baik bagi punggungmu. Membungkukkan tubuh dibalik kemudi dapat menyebabkan otot-otot dada menjadi tertarik dan menyebabkan bahumu memutar. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri punggung di tahun-tahun kemudian. Plus, postur duduk yang tidak nyaman selama mengemudi dapat menyebabkan punggung dan leher bermasalah.

Jika perjalanan panjang adalah suatu keharusan, maka selalu perhatikan postur berkendaramu. Cobalah untuk duduk setegak mungkin pada sudut 90 derajat, sehingga tubuh tetap dekat dengan setir dan kamu tidak terlalu perlu untuk meregangkan dada. Hindari memanjangkan kakimu saat mengemudi, karena bisa menempatkan tekanan pada punggung. Kamu juga dapat menggunakan bantal lumbar pillow untuk mendukung lengkungan alami punggungmu. Jika memungkinkan, untuk setiap 30 menit berkendara, ambillah 5 menit istirahat dan berjalan-jalan untuk meregangkan kaki dan memberikan kenyamanan bagi punggungmu.

Pekerjaan duduk

Duduk menempatkan lebih banyak tekanan pada tulang belakangmu daripada berdiri. Bahkan, bagi mereka yang memiliki pekerjaan yang harus duduk, punggung mereka harus menanggung banyak tekanan. Hal ini terutama disebabkan karena postur duduk yang buruk yang sebagian besar kita praktekkan tanpa kita sadari. Menghabiskan sebagian besar waktu dalam posisi duduk dengan sikap tubuh yang buruk dapat menyebabkan degenerasi dini tulang belakang dan nyeri punggung kronis. Juga, duduk berkepanjangan terkait dengan kram atau kekakuan punggung, terutama ketika kita membentang tiba-tiba.

Sebuah artikel 2010 yang dibuat oleh Canadian Centre for Occupational Health and Safety melaporkan bahwa duduk lama menyebabkan kerusakan pada otot, tulang, tendon dan ligamen, yang mempengaruhi leher dan daerah punggung bawah. Plus, duduk untuk waktu yang lama telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan lainnya, seperti obesitas, pembekuan darah, diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Untuk mengurangi kerusakan punggung saat duduk, pastikan untuk sering mengambil istirahat jalan-jalan. Untuk setiap satu jam duduk, ambil 10 menit istirahat dengan berjalan kaki. Juga, duduklah di kursi yang mendukung kurva tulang belakangmu. Punggung bagian bawahmu harus ditopang, dan kepala harus lurus saat bekerja di layar komputermu.

Gemar memakai sepatu hak tinggi

Wanita tergila-gila dengan sepatu hak tinggi, karena mereka bisa menambahkan inci untuk tinggi badan mereka dan bahkan memberikan dorongan untuk tingkat kepercayaan mereka. Salah satu efek negatif dari memakai sepatu hak tinggi setiap hari adalah nyeri punggung bagian bawah dari waktu ke waktu. Memakai sepatu hak tinggi secara teratur menyebabkan punggung bawah untuk terdorong maju, membuat pinggul dan tulang belakang tidak sejajar. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri pada kaki, betis serta punggung bawah.

Untuk itu, hindari memakai sepatu hak tinggi untuk waktu yang lama dan jaga agar ukuran hak tidak lebih dari dua inci. Sebelum dan setelah memakai sepatu hak tinggi, regangkan otot kakimu. Usahakan untuk mengenakan berbagai jenis alas kaki (jangan yang model itu-itu saja) dan pakailah sepatu yang berbeda setiap dua hari sekali. Setelah melewati hari yang panjang, rendam kakimu dalam air hangat dengan sedikit garam selama 15 menit.

Menenteng tas

Utamanya, wanita memiliki kebiasaan menenteng purge atau tas mereka di bahu mereka. Bahkan siswa pada umumnya terlihat dengan tas laptop atau ransel mereka tersampir di sekitar tubuh mereka. Kebiasaan sehari-hari yang umum ini adalah penyebab besar lain untuk menyebabkan sakit punggung pada wanita serta orang dewasa muda. Ketika kamu membawa tas berat di salah satu bahu, maka itu dapat menempatkan tekanan berlebih pada punggung bawah serta bahu, yang dapat menyebabkan rasa sakit dari waktu ke waktu. Membawa tas selalu di sisi yang sama juga dapat secara permanen merusak postur tubuhmu.

Jangan menaruh barang-barang yang terlalu banyak di tasmu. Semakin berat tasmu, maka akan semakin merusak pula efeknya pada punggung. Beberapa orang bahkan menderita sakit kepala tertekan akibat otot-otot dipaksa untuk melakukan semua pengangkatan berat ini. Cobalah untuk membawa tas atau purge yang mungkin paling ringan. Tasmu seharusnya beratnya tidak melebihi dari 10 persen dari berat badanmu. Jika diperlukan, pertimbangkan untuk membagi barang-barangmu dalam dua tas dan bawa satu per satu di masing-masing lengan.

Selain itu, sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam BMC Research Notes menemukan bahwa mayoritas siswa sekolah mengeluhkan nyeri muskuloskeletal, yang mana 35,4 persen disebabkan oleh tas sekolah. Hal ini biasa terjadi pada murid yang membawa tas sekolah yang beratnya lebih dari 10 persen dari berat badan mereka.

Menggunakan alas tidur yang keliru

Kebanyakan orang tidak berpikir tentang mengganti kasur mereka, bahkan setelah menggunakannya untuk beberapa tahun. Tidur di kasur tua serta kasur yang keliru dapat memberikan kesulitan untuk punggungmu. Kurangnya dukungan dari kasur menyebabkan posisi tidur yang buruk, kekakuan otot dan tidak menjaga tulang belakang sejajar. Semua faktor ini, dalam jangka panjang, dapat menyebabkan nyeri punggung.

Menurut National Sleep Foundation, kasur yang baik berlangsung selama 9 sampai 10 tahun, namun disarankan untuk menggantinya setiap 5 sampai 7 tahun jika kamu menderita masalah tidur serta nyeri punggung. Setelah bangun di pagi hari, jika kamu mengalami beberapa nyeri punggung dan tidak bisa menyingkirkannya dalam waktu 15 atau 30 menit setelah peregangan, maka itu dianggap sebagai sinyal merah. Ini adalah waktu untuk membeli kasur yang baru.

Pilih kasur yang memberikan kenyamanan dan dukungan bagi punggungmu. Kasurnya harus memberikan kenyamanan kepada kurva alam dan keselarasan tulang belakang pada malam hari. Jumlah dukungan punggung yang tepat akan mencegah nyeri otot di pagi hari. Disarankan untuk memilih kasur yang medium-firm daripada kasur firm untuk mengobati serta mencegah masalah punggung.

Posisi tidur yang salah

Pilihan pribadi dan kenyamanan paling berkuasa ketika berbicara masalah posisi tidur. Tapi berkali-kali sudah dijelaskan, bahwa postur tidur yang salah bisa menjadi penyebab sakit punggung serta kurang tidur. Tidur yang terganggu hanya akan memperburuk masalah nyeri kronis. Memang sih, saat tidur kamu tidak dapat mengontrol posisi di mana kamu tidur, tapi setidaknya kamu dapat mencoba untuk memulai di posisi yang tepat. Untuk menghindari nyeri punggung dan kondisi tulang belakang lainnya, cobalah untuk tidur dengan posisi telentang. Posisi janin juga baik kecuali jika kamu tidak memasukkan lutut ke dada, karena itu dapat menempatkan tekanan yang tidak perlu pada otot punggung dan tulang belakang.

Kamu selalu dapat mengubah posisi tidur atau menggunakan bantal untuk menjaga tulang belakang tetap netral. Jika menggunakan bantal, maka taruh di bawah kepala dan leher, jangandi bahumu. Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam BMJ melaporkan bahwa nyeri punggung dan kekakuan sendi jelas berkurang dengan mengadopsi postur tidur dan istirahat yang alami. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sampai ke sebuah kesimpulan yang solid.

0 comments… add one

Leave a Comment