≡ Menu
werno-werno.com

Kegunaan Cerdas Dari Kulit Buah Dan Sayur

Memakan buah dan sayuran merupakan kebiasaan yang menyehatkan bagi tubuh. Namun, saat kamu memakannya setiap hari, mereka juga akan menyisakan kulit yang banyak, dan dalam sebagian besar kasus, orang-orang akan membuangnya dengan percuma. Nah, inilah kebiasaan yang harus kamu rubah sekarang. Alih-alih kamu membuang begitu saja kulit buah dan sayur yang kamu makan, kamu bisa memanfaatkan kulitnya untuk berbagai tujuan yang berguna. Berikut adalah beberapa kegunaan cerdas dari kulit buah dan sayur :

Scrub dan pelembab kulit

Kulit sisa dari buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam kulit buah, sangat bagus untuk memutihkan kulit, mengelupas sel kulit mati, dan membersihkan kulit. Beberapa kulit buah juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit yang bagus.

Misalnya saja, kulit dari buah lemon, apel, pepaya, delima, dan pisang bisa diolah untuk dijadikan masker wajah dan scrub tubuh. Scrub buatan rumahan ini bisa memberikan efek berkilau alami.

  • Keringkan beberapa kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 2 atau 3 hari. Setelah kering, giling mereka menjadi bubuk yang kasar. Campur masing-masing 2 sendok teh bubuk kulit jeruk dan yogurt tawar bersama dengan 1 sendok teh madu. Oleskan scrub ini ke wajah dan lehermu sambil digosok-gosokkan dengan lembut, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bersihkan dan bilas kulitmu dengan air hangat. Lakukan langkah ini 2 atau 3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang terlihat lebih muda dan bersinar.
  • Buah-buahan citrus adalah astringent yang hebat, dan kulit buahnya bisa dengan mudah digosokkan ke wajah beberapa kali seminggu untuk membuat kulitmu cerah dan lembut. Hal ini akan membantu mengurangi kerutan dan noda hitam di wajah bahkan mengencangkan kulit.
  • Kamu juga bisa menggosokan kulit bagian dalam dari buah alpukat, pepaya, atau pisang pada wajahmu untuk sebagai pelembab wajah yang kaya.

Pemutih gigi

Untuk menikmati gigi seputih mutiara, jangan pernah membuang langsung kulit buah pisang atau citrus. Kulit buahnya mengandung asam sitrat yang membantu mengurangi noda kuning yang terkumpul di gigi.

  • Gosokkan bagian dalam yang lembut dari kulit pisang atau sedikit kulit lemon atau jeruk ke gigimu selama beberapa menit.
  • Setelah selesai, sikat gigimu dengan pasta gigi untuk menghilangkan bekasnya.
  • Lakukan hal ini satu kali sehari selama beberapa hari untuk menghilangkan noda di gigi.

Pembersih metal

Kulit dari buah citrus seperti lemon, grapefruit, dan jeruk nipis bisa digunakan untuk menambahkan kilau pada benda-benda yang terbuat dari tembaga dan kuningan. Kandungan asam sitratnya yang tinggi dapat memberikan keajaiban untuk mengembalikan kembali kilau ke benda-benda yang terbuat dari tembaga, kuningan, dan benda logam lainnya.

  • Cuci benda logam dalam air biasa.
  • Taburkan sedikit baking soda di atasnya.
  • Gunakan sisa kulit buah citrus untuk membersihkan dengan cara menggosoknya secara perlahan.
  • Terakhir, bilas dengan air bersih dan biarkan kering sepenuhnya.

Pupuk kompos untuk berkebun

Jika kamu suka berkebun, kamu bisa membuat pupuk kompos yang bagus dengan kulit sisa buah dan sayur. Menjadi kaya nutrisi, kulit tersebut bisa membuat tanah menjadi lebih subur untuk mendukung pertumbuhan buah dan sayur yang sehat dan bahkan untuk tanaman lain di halaman rumahmu. Karena kulitnya bisa terurai dengan alami, mereka akan membusuk dan tercampur ke dalam tanah untuk membuat kompos yang bagus.

  • Buatlah lubang di area tamanmu.
  • Mulailah membuang semua kulit buah dan sayuran di dalam lubang tersebut setiap hari.
  • Biarkan kulit membusuk selama beberapa bulan, dan aduk sesekali.
  • Gunakan kompos ini untuk memberi pupuk pada bunga, taman atau bahkan pohon-pohon di halaman rumahmu.
0 comments… add one

Leave a Comment