≡ Menu
werno-werno.com

Kegunaan Jenius Dari Cuka Putih

Cuka putih adalah salah satu bahan efektif yang sebaiknya perlu selalu kamu sediakan dirumah. Selain efektif, cuka juga harganya murah dan banyak tersedia di toko-toko terdekat. Bahan ini juga tidak mengandung racun, dan bisa awet disimpan untuk waktu yang cukup lama tanpa kehilangan kekuatannya, serta lebih aman disimpan, daripada produk pemutih, ammonia, atau cairan pembersih kimia lainnya.

Biasanya kita menggunakan cuka putih sebagai bahan tambahan membuat acar, namun cuka ternyata juga ampuh sebagai bahan pembersih serba guna, mulai dari untuk membersihkan lantai kamar mandi, noda karpet hingga mencerahkan cangkir kopi atau teh, yang akan membuat hidupmu lebih mudah dan hemat. Tidak percaya? Simak beberapa kegunaan jenius dari cuka putih berikut ini :

kegunaan cuka putih

Menyegarkan lemari es

Bersihkan rak-rak dan dinding lemari es dengan menggunakan larutan yang terdiri dari separuh bagian cuka dan separuh bagian air.

Mencerahkan cangkir kopi atau teh

Gosok noda yang menempel pada cangkir secara perlahan dengan bahan campuran antara cuka dan garam atau baking soda dengan jumlah takaran sama..

Membunuh kuman di kamar mandi

Semprotkan cuka putih yang kuat di sekitar wastafel dan bak mandi lalu lap dengan kain basah.

Membersihkan toilet

Tuangkan segelas atau lebih larutan cuka putih yang disuling ke dalam mangkuk. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Gosokkan secara merata menggunakan sikat toilet, lalu guyur dengan air.

Menghilangkan noda karpet

Buatlah pasta dari 2 sdm cuka putih sulingan dan 1/4 cup garam atau baking soda. Gosokkan ke noda dan biarkan mengering. Sedot sisa residu menggunakan vacuum cleaner di keesokan harinya.

Membersihkan kaca

Daripada kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli cairan pembersih kaca, mendingan buat sendiri cairannya. Caranya, campur 2 sdm cuka putih dengan satu gayung air lalu masukkan ke dalam botol semprot. Semprotkan ke kaca lalu gosok dengan menggunakan kertas koran.

Menghilangkan bekas lem / perekat

Apa kamu bermasalah dengan sisa bekas perekat produk yang mengganggu dan melekat ditangan? Atau tidak sengaja merekatkan suatu benda dengan lem? Coba gunakan cuka sebagai bahan solusinya. Cuka juga bagus untuk menghilangkan minyak.

Membuat cat lukis kembali baru

Untuk menghilangkan bekas cat yang menempel pada kuas, letakkan kuas ke dalam teko yang berisi cuka putih. Rendam selama satu jam, lalu nyalakan kompor dan panaskan cuka dengan api kecil hingga mendidih. Tuang airnya dan bilas kuas cat hingga bersih.

Membersihkan noda baju

Untuk menghilangkan noda angus yang ringan pada kain, gosok dengan cuka secara perlahan, lalu usap dengan kain bersih. Teknik ini juga berhasil pada noda deodorant yang menempel di baju.

1 comment… add one

Leave a Comment