Kegunaan Menakjubkan Dari Alkohol Gosok (70 %)

by Ummi on December 18, 2016

Alkohol gosok atau juga biasa disebut dengan isopropyl alcohol, memiliki sejumlah kegunaan dalam bidang industri kesehatan dan biasa menjadi produk yang umum disediakan dalam kotak P3K di sebagian besar rumah. Alkohol gosok bisa bekerja sebagai antiseptik, astringent, desinfektan permukaan, dan agen pembersih yang efektif.

Alkohol gosok pada dasarnya adalah pelarut, yang berarti dapat melarutkan kotoran dan minyak, dan juga bekerja sebagai disinfektan yang kuat. Hal ini biasanya terdiri dari 70% isopropil alkohol atau etanol dan 30% air sulingan. Kadar etanol juga dapat setinggi 90%, tergantung pada produsen.

Salah satu kegunaan rumah tangga yang lebih umum dari alkohol adalah sebagai agen pembersih yang efektif. Bahkan, itu adalah salah satu bahan aktif dalam banyak produk komersial yang digunakan untuk mensterilkan permukaan serta perangkat elektronik. Umumnya, dalam jenis produk tersebut, alkohol gosok dikombinasikan dengan bahan kimia lain yang membantu itu tetap di permukaan lebih lama dan tidak menguap dengan cepat. Berikut adalah beberapa kegunaan menakjubkan dari alcohol gosok yang perlu kamu tahu :

Membersihkan luka ringan dan abrasi

Alkohol adalah bahan yang tepat untuk digunakan ketika kamu memiliki luka kecil atau abrasi. Pertama-tama, agen antiseptik alami ini akan mendesinfektan daerah yang terkena luka dan membunuh bakteri permukaan untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Selain itu, khasiat astringent nya akan membantu menghentikan pendarahan di luka ringan dan goresan dengan cara mengencangkan kapiler yang kehilangan darah.

  1. Terapkan beberapa tetes alkohol gosok ke daerah yang terkena dengan menggunakan bola kapas.
  2. Biarkan selama beberapa menit.
  3. Berhubung alkohol dapat mengeringkan kulitmu, maka terapkan beberapa lotion pelembab atau cukup gel lidah buaya di daerah itu setelah kamu selesai.
  4. Lakukan beberapa kali sehari selama beberapa hari.

Mencegah jerawat dan bisul

Alkohol juga bermanfaat untuk mencegah jerawat dan bisul, karena berkat khasiat disinfektan yang menenangkan dan mendinginkan. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dari kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. Pastikan kamu menggunakannya segera setelah kamu melihat tanda-tanda pertama dari jerawat.

1. Rendam kapas di alkohol (berkekuatan 70 persen).
2. Oleskan pada daerah yang terkena dengan lembut.
3. Biarkan selama 10 menit.
4. Bilas daerah yang terkena dengan air suam-suam kuku. Kamu juga dapat menindaklanjutinya dengan pelembab ringan atau gel lidah buaya.
5. Lakukan ini dua kali sehari selama beberapa hari saja.

Catatan : alkohol gosok tidak boleh digunakan untuk pemakaian dalam jangka waktu yang panjang, karena dapat mengeringkan kulit untuk sebagian besar.

Mengobati sengatan jelatang

Ketika kamu terkena jelatang atau tanaman lain yang mengiritasi kulit, gejala seperti rasa gatal dan kemerahan bisa membuat segala sesuatu menjadi sulit bagimu. Dalam situasi seperti itu, sebotol alkohol adalah semua yang kamu butuhkan untuk bantuan instan, karena sifat disinfektan, menenangkan dan mendinginkan yang dimilikinya. Hal ini juga akan mensterilkan kulit yang terkena dan membantu mencegah infeksi.

1. Penuhi tissue dengan alkohol.
2. Gunakan untuk menyeka lembut daerah yang terkena jelatang.
3. Ketika daerah tersebut benar-benar kering, cuci dengan sabun dan air hangat.
4. Lakukan beberapa kali sehari selama 2 sampai 3 hari.

Catatan : Orang dengan kulit sensitif harus menghindari penggunaan alkohol karena dapat menyebabkan kekeringan dan kulit mengelupas.

Mengobati jamur jari kaki

Alkohol memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu melawan jamur kuku. Plus, menjadi agen pengering, ia membantu menjaga daerah yang terkena jamur tetap kering untuk menghambat pertumbuhan jamur. Jamur berkembang dalam lingkungan yang hangat, lembab. Alkohol gosok akan memberikan bantuan mengatasi iritasi dan rasa sakit, serta mengurangi kemungkinan infeksi lebih lanjut.

1. Campur jumlah yang sama dari alkohol dan cuka putih.
2. Rendam pad kapas tebal dalam larutan dan letakkan di kuku yang terinfeksi.
3. Bungkus dengan kain pembalut kecil atau plester untuk menjaga pad kapas tetap di tempat.
4. Biarkan selama sekitar 30 sampai 45 menit.
5. Akhiri dengan menggosok kuku dengan lembut memakai sikat gigi berbulu lembut, lalu bilas.
6. Gunakan obat ini sekali sehari selama beberapa hari.

Membunuh kutu rambut

Memiliki kutu kepala sangat menjengkelkan serta merupakan masalah memalukan yang banyak dihadapi orang. Sangat sulit untuk mengontrol kutu, tetapi kamu dapat menyingkirkan masalah ini dengan cepat dengan alkohol. Alkohol dapat secara efektif membunuh kutu kepala, dan disinfektan yang kuat ini aman untuk digunakan.

  1. Jagalah kepalamu tetap membungkuk di atas wastafel, tuangkan sedikit alkohol gosok ke rambutmu.
  2. Dengan menggunakan jari-jarimu, sebarkan alkohol gosok ke sekitar kulit kepala dan seluruh rambutmu.
  3. Biarkan selama 5 sampai 10 menit.
  4. Gosokkan beberapa kondisioner ke kulit kepalamu.
  5. Gunakan sisir kutu untuk menyikat semua kutu.
  6. Akhiri dengan mengeramasi rambutmu.
  7. Gunakan perawatan ini seminggu sekali selama beberapa bulan.

Meredakan Gigitan Nyamuk

Antiseptik rumah tangga  ini juga dapat digunakan untuk meredakan iritasi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dan bahkan gigitan chigger. Ini akan mengurangi rasa sakit, bengkak dan gatal, serta mempercepat penyembuhan. Menjadi agen antiseptik alami, alkohol juga mengurangi peluang terjadinya infeksi.

1. Terapkan beberapa alkohol langsung ke area yang terkena gigitan.
2. Pijat daerah tersebut dengan lembut selama 1 menit.
3. Tunggu 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
4. Setelah selesai, terapkan beberapa pelembab atau gel lidah buaya segar.
5. Ulangi seperlunya.