Kegunaan Mengejutkan Dari Aspirin

by Ummi on October 28, 2016

Ketika berbicara masalah obat-obatan yang selalu disiapkan di kotak obat P3K, salah satu yang paling sering kamu temukan di dalamnya mungkin adalah Aspirin. Aspirin adalah obat anti radang non-steroid yang memiliki pengaruh analgesik (pereda nyeri), antipiretik (penurun demam), dan anti peradangan. Aspirin juga menjadi salah satu obat yang paling sering digunakan untuk mengobati nyeri ringan hingga sedang, begitu juga untuk mengobati migraine dan demam. Bahkan dokter menggunakan aspirin untuk mencegah serangan jantung, stroke, dan nyeri dada. Faktanya, aspirin yang diberikan sesaat setelah terjadi serangan jantung bisa mengurangi resiko kematian.

Tapi tahukah kamu? Selain aspirin bisa untuk menyembuhkan rasa sakit dan demam, obat yang dijual bebas ini juga memiliki banyak kegunaan lain yang menakjubkan. Ingin tahu apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini ;

Mengobati jerawat dan bisul

Aspirin bisa mengurangi tampilan jerawat dan bisul, yang bisa menghilangkan kecantikan dari wajahmu. Asam salisilat dalam aspirin membantu mengurangi jerawat dan bisul dengan cara mengurangi minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ia juga membantu mengurangi inflamasi, akar dari kemerahan dan rasa sakit, dua gejala paling umum dari benjolan kulit.

  1. Hancurkan 2 atau 3 tablet aspirin dan campurkan dengan sedikit air perasan lemon atau hanya air untuk membentuk pasta
  2. Oleskan ke jerawat atau bisul
  3. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencucinya secara menyeluruh
  4. Ulangi sekali sehari

Mengusir ketombe

Banyak orang yang stress dengan masalah ketombe. Jika kamu juga mengalaminya dan ingin menyingkirkan sepenuhnya, cobalah pakai aspirin. Aspirin mengandung asam salisilat yang membantu mengendalikan ketombe dengan cara mengelupas sel kulit mati di kepala. Asam salisilat akan mengupas kulit kering dari kulit kepala, sehingga serpihan-serpihan kecil ketombe bisa di bersihkan ketika sedang keramas.

  • Hancurkan 2 atau 3 aspirin menjadi bubuk halus dan campur dengan segumpal sampo. Cuci rambutmu dengan campuran tadi, lalu pijatkan ke kulit kepala. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dan cuci rambut lagi dengan sampo yang ringan. Ulangi 1 atau 2 kali seminggu.
  • Atau, larutkan 2 aspirin dalam 1 sendok makan cuka putih. Pijat campuran ini ke kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, lalu cuci rambut secara menyeluruh. Gunakan pengobatan ketombe ini beberapa kali per minggu.

Meredakan gigitan nyamuk dan serangga

Entah kamu sedang digigit nyamuk atau serangga lain, aspirin bisa membantu meringankan gejalanya. Aspirin memiliki khasiat anti inflamasi yang kuat yang bisa dengan efektif mengendalikan bengkak yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk dan serangga. Aspirin bahkan bisa meredakan kemerahan, rasa gatal, dan perih yang terkadang juga disebabkan oleh gigitan serangga.

  • Gerus beberapa butir aspirin menjadi bubuk halus. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ke daerah yang terkena dan biarkan selama beberapa jam. Bilas dengan air hangat.
  • Untuk gigitan kecil, basahi kulit yang terkena dan gosokkan aspirin diatas gigitannya.

Menghilangkan noda di baju

Keringat, kopi, teh, saos, atau tinta yang tumpah di baju, seringkali menjadi kendala tersendiri di kala mencuci baju. Sekarang kamu bisa menyingkirkan sepenuhnya dari bajumu dengan menggunakan aspirin. Aspirin bisa menghilangkan noda dan bercak sama efektifnya dengan deterjen baju komersial.

  1. Hancurkan 2 atau 3 aspirin menjadi bubuk halus
  2. Campur bubuk di ½ cangkir air hangat
  3. Rendam bagian kain yang bernoda dalam larutan selama 2 sampai 3 jam
  4. Kemudian, cuci pakaian di mesin cuci seperti biasa
  5. Ulangi lagi jika diperlukan