Kegunaan Tak Terduga Dari Aluminium Foil

by Ummi on May 9, 2017

Kita biasa menggunakan kertas aluminium foil untuk membungkus makanan yang akan dimasukkan ke dalam microwave. Namun tahukah kamu? Kertas berwarna silver ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membungkus makanan saja, namun bisa juga digunakan untuk berbagai fungsi yang tidak kamu duga sebelumnya. Mulai dari mengkilapkan perabotan perak, menjaga oven tetap bersih, hingga menajamkan gunting, itu semua bisa dilakukan dengan baik oleh aluminium foil. Penasaran dengan kegunaan cerdas dari aluminium foil ? simak ulasannya berikut ini :

kegunaan aluminium foil

Melembutkan brown sugar yang menggumpal

Untuk mengembalikan kembali brown sugar yang mengeras ke bentuknya yang berpasir seperti semula, masukkan sebagian gula aren, bungkus dengan aluminium foil, dan panggang di oven pada suhu 300 ° F (150 ° C) selama lima menit.

Menjaga roti tetap hangat

Ingin mengunci kehangatan roti buatanmu yang baru saja di keluarkan dari oven untuk pesta makan malam atau piknik? Sebelum kamu memenuhi keranjang rotimu, bungkus roti yang baru dipanggang ke dalam serbet dan letakkan lapisan aluminium foil di bawahnya. Aluminium foil akan memantulkan panas dan menjaga roti tetap hangat untuk beberapa lama.

Menghias kue

Tidak memiliki pastry bag untuk menghias roti?tak masalah. Bentuklah aluminium foil heavy-duty menjadi sebuah corong dan isi lah dengan krim frosting untuk menghias kue. Dan kamu tinggal membuang kertas aluminium foilnya begitu kamu sudah selesai.

Menadahi lelehan es krim

Jaga agar anak-anak tidak membuat pakaian atau rumahmu berantakan dengan cara membungkus bagian bawah kerucut es krim (atau irisan semangka) dengan sepotong aluminium foil sebelum menyerahkannya kepada mereka.

Mengkilapkan peralatan perak

Apakah peralatan perakmu sudah terlihat agak kusam akhir-akhir ini? Cobalah metode pertukaran ion, sebuah reaksi molekuler dimana aluminium bertindak sebagai katalisator. Yang harus kamu lakukan adalah melapisi wajan dengan selembar aluminium foil, isi dengan air dingin, dan tambahkan dua sendok teh garam. Letakkan peralatan makanan perakmu yang kusam ke dalam larutan ini, biarkan selama dua sampai tiga menit, lalu bilas dan keringkan.

Menjaga oven tetap bersih

Apakah kamu akan memanggang lasagna atau casserole yang berbuih? Jauhkan tetesan berantakan dari dasar oven dengan meletakkan satu atau dua lembar aluminium foil di atas rak di bawahnya (rak paling bawah). Jangan taruh bagian dasar oven dengan aluminium foil; karena itu bisa menyebabkan kebakaran.

Menajamkan gunting

Apa yang bisa kamu lakukan dengan potongan yang bersih dari sisa aluminium foil yang telah kamu gantung? Gunakan mereka untuk mempertajam gunting tumpulmu! setrika mereka jika perlu, lalu lipat strip aluminium foil menjadi beberapa lapisan dan mulailah memotongnya menggunakan gunting yang tumpul tadi. Tujuh atau delapan guntingan semestinya sudah berhasil. Cukup sederhana, kan?

Membersihkan perhiasan

Untuk membersihkan perhiasan perakmu, cukup letakkan aluminium foil ke dalam mangkuk kecil. Isi mangkuk dengan air panas dan campurkan ke dalamnya satu sendok makan deterjen bubuk bebas pemutih (bukan deterjen cair) atau baking soda. Masukkan perhiasan perak ke dalam larutan dan biarkan terendam selama satu menit. Bilas dengan baik dan keringkan. Prosedur ini memanfaatkan proses kimia yang dikenal dengan pertukaran ion, yang juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan perak.

Memindahkan furniture dengan mudah

Untuk menggeser furniture berukuran besar di atas lantai yang mulus, letakkan sebagian aluminium foil di bagian bawah kaki furniture. Taruh bagian aluminium foil yang kusam (bukan yang mengkilap) di bagian bawah, karena sisi yang kusam sebenarnya lebih licin dibandingkan dengan sisi yang mengkilap.

Mengatasi baterai yang longgar

Apakah senter, Walkman, atau mainan anakmu bekerjadengan sebentar-sebentar? Periksa kompartemen baterai. Per yang menahan baterai di tempatnya bisa kehilangan ketegangannya setelah beberapa saat, membuat baterai menjadi longgar. Lipatlah sepotong aluminium foil kecil sampai kamu memiliki bantalan yang cukup tebal untuk mengganjal kelonggarannya. Letakkan pad ini di antara baterai dan pernya.

Mempercepat pemanasan setrika

Bila kamu menyetrika pakaian, kebanyakan panas dari setrika justru tersedot oleh papan setrikaan itu sendiri – sehingga mengharuskanmu untuk membuat beberapa kali gosokan untuk menghilangkan kusut. Untuk mempercepatnya, letakkan sepotong aluminium foil di bawah penutup papan setrika Anda. Aluminium Foil akan memantulkan panas kembali melalui pakaian, menghaluskan kusut lebih cepat. Inilah cara Anda bisa menghilangkan kerah pakaian Anda tanpa besi.

Membersihkan pemanggang barbecue

Setelah steak terakhir dibawa masuk, dan sementara bara masih merah-panas, taruh lembaran aluminium foil di atas panggangan untuk membakar sisa bahan makanan yang tersisa. Lain kali saat kamu menggunakan barbekyu kembali, remas aluminium foil dan gunakan untuk menggosok makanan yang gosong menempel di pemanggang dengan mudah sebelum kamu mulai memasak.

Sebagai umpan ikan

Tidak ada umpan memancing mahal yang bekerja? Kamu bisa membuatnya dengan sekejap yang mungkin bisa dilakukan: Bungkus beberapa aluminium foil di sekitar fishhook. Putar-putar aluminium foil sehingga menutupi kail dan goyang-goyangkan dengan mudah saat kamu memutar reel.