≡ Menu
werno-werno.com

Kekuatan Dari Protein

Protein adalah salah satu blok pembangun dari diet yang sehat yang berfungsi untuk mengisi ulang energi, membentuk otot, dan memperbaiki tubuh. Mungkin yang terlintas dalam pikiranmu hanyalah daging saat kita berbicara tentang protein. Namun, zat gizi yang penting ini sebenarnya bisa dating dari beberapa bentuk yang berbeda.

makanan kaya protein

Jadi, memilih beberapa makanan yang kaya protein disamping tetap memperhatikan kandungan lemak dan kolesterol adalah kunci penting untuk makan yang sehat. Meski protein sangat dibutuhkan tubuh, namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya atau menjadikannya sebagai sumber makanan utama. Kebanyakan wanita hanya perlu 50 gram protein setiap harinya, sementara pria perlu 60-70 gram protein. Sedangkan khusus untuk atlet, manula, dan wanita hamil membutuhkan jumlah yang sedikit lebih banyak dari itu.

Batasi asupan daging

Sebanyak tubuh kita membutuhkan protein, namun tidak semua makanan sumber protein bagus untukmu. Kamu harus mengevaluasi terlebih dahulu sumber protein tersebut untuk kemungkinan adanya faktor lain yang tidak menyehatkan seperti kolesterol dan lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh banyak terdapat dalam beberapa jenis daging, sehingga kamu sebaiknya membatasi asupan harianmu dengan hanya memakan beberapa gigit saja. Daging berwarna merah seperti sapi dan kambing adalah sumber protein yang baik, namun juga mengandung kolesterol dan bisa sangat tinggi lemak jenuhnya.

Jadi, kamu harus berhati-hati dan pilih bagian daging yang paling aman, seperti bagian has dalam atau tenderloin. Jika kamu masih ragu, tanyakan dan mintalah saran ke penjual daging untuk memilihkan bagian daging yang paling rendah lemak. untuk daging ayam, bagian dada yang tanpa kulit adalah sumber protein yang paling rendah lemak.

Cara memilih sumber protein tersehat

Agar lebih aman, pilih protein yang tersehat dan paling rendah lemak, untungnya, banyak sumber protein yang menyehatkan, meliputi kacang, buncis, ikan, produk susu rendah lemak, dan masih banyak yang lain. Kita biasanya menggunakan telur sebagai pilihan protein terbaik. Jika kamu masih mempedulikan masalah kadar lemak dan kolesterol, kamu bisa mendapatkan protein hanya dengan memakan putih telurnya saja. Ini dikarenakan semua kandungan lemak dan kolesterol hanya terdapat pada kuning telurnya saja.

Berikut ini adalah beberapa sumber protein yang menyehatkan yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan, diantaranya :

  • Susu, keju, yogurt, dan produk olahan susu lain yang rendah lemak atau bebas lemak sama sekali.
  • Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, dan quinoa.
  • Lentil, kacang merah, kedelai hitam, kapri, dan buncis.
  • Ikan
  • Produk kedelai fermentasi seperti tempe, tahu, dan miso.
  • Pasta yang diperkaya dengan protein.
  • Kacang tanah dan selai kacang.

.

4 comments… add one

Leave a Comment