Kesalahan Dalam Memakai Blow Dryer Yang Merusak Rambut

by aries on July 17, 2016

Blow dryer bisa memberikan kita sihir, namun mereka juga bisa menyebabkan segudang masalah rambut. Yang jelas, meski prosesnya tampaknya seperti tak masuk akal (rambut basah, nyalakan blow dryer, langsung kering), namun jika kamu tidak menggunakan teknik dan alat yang tepat, maka kamu bisa merusak rambutmu dan mempercepat penuaan rambut, membuatnya tampak kering dan kaku. Berikut adalah kesalahan palling umum dalam memakai blow dryer dan bagaimana cara mengatasinya agar rambutmu bisa lebih sehat dan kelihatan muda ;

blow dryer

Kamu memulai dengan rambut yang super basah

Memang benar, poin dari penggunaan blow dryer adalah untuk mengubah rambutmu yang basah menjadi kering. Namun, memulainya dengan rambut super basah bisa meningkatkan paparan terhadap panas yang merusak. Sebaliknya, secara lembut keringkan dulu rambutmu dengan handuk atau biarkan rambutmu kering sebagian dengan udara sebelum melangkah menggunakan blow dryer. “Cara terbaik adalah untuk semi mengeringkan rambut (pre-dry) guna menghapus semua kelebihan air sebelum mulai membagi dan menata rambut,” kata Jonathan De Paca, seorang stylist di Frederic Fekkai Palm Beach. “Ini akan menjaga tekstur rambutmu tetap halus, dan meningkatkan kilaunya.”

Kamu terlalu dekat memakai blow dryer

Salah satu kesalahan besar yang bisa dengan mudah merusak ujung rambutmu adalah kamu memegang blow dryer terlalu dekat ke rambut di bagian sikatnya, kata Rebecca Kazin, MD, seorang associate director di Washington Institute of Surgery Dermatologic Laser dan asisten profesor dermatologi di Johns Hopkins university School of Medicine. “Jauhkan blow dryer sekitar 12 inci dari rambut untuk menghindari kerusakan,” saran De Paca.

Kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di satu bagian saja

Seperti layaknya eskalator di bandara, kamu tentu ingin menjaga segala sesuatunya tetap terus bergerak, saran Kazin. Jika tidak, kamu hanya akan menggoreng rambutmu di satu tempat. Jadi tidak mengherankan bahwa rambut yang ada didekat wajahmu mungkin lebih kering dan kaku daripada rambut di titik yang lain, karena kebanyakan dari kita cenderung untuk paling fokus pada daerah ini.

Kamu tidak mengambil keuntungan dari tombol “cool”

Itu adalah tombol kecil di hair dryer yang benar-benar memiliki tujuan penting : penggunaan tombol cool akan menyegel kutikula rambut, sehingga mengunci kelembaban dan membantu menjaga rambut tampak berkilau dan sehat, menurut Kazin. “Ketika rambutmu adalah sekitar 80% kering, maka beralihlah ke pengaturan ‘cool’,” kata De Paca. “Yang diperlukan rambutmu pada titik ini dalam proses pengeringan adalah sentuhan akhir, dan tembakan ‘cool’ akan melengkapi pengeringan dengan memadai dan melindungi terhadap overheating.”

De Paca menambahkan: “Menutup kutikula rambutmu akan mencerminkan cahaya kilau alami dan memberikan tampilan ekstra-mengkilap pada rambut. Ini juga akan menjaga rambut mu tidak terlalu reaktif terhadap berbagai elemen, seperti kelembaban.”

Kamu melewatkan pada kualitas ketika berbicara tentang sikat dan blow dryer

Untuk semua jenis rambut, De Paca merekomendasikan untuk menggunakan sikat bulu babi. “Ini akan menambahkan kilau pada rambut dan membantu untuk kelancaran kutikula,” katanya. Jangan gunakan sikat logam, yang cenderung untuk menahan panas – hampir seperti alat pemanas mini dan menyebabkan kerusakan. Ketika memilih hair dryer terbaik, De Paca merekomendasikan untuk memilih yang  ionik. “Teknologi ionik memecah molekul air dan mengeringkan rambut lebih cepat,” katanya. Juga, pilih blow dryer yang berada dalam kisaran 1.300-1.875 watt. “Anda tentu ingin satu yang cukup kuat untuk melakukan pekerjaan yang relatif cepat,” kata Kazin.

Kamu tidak menyesuaikan settingannya

Pilih untuk membeli blow dryer dengan beberapa pengaturan panas. Dengan cara itu, kamu dapat mengatur aliran udara dan suhu yang sesuai dengan jenis rambutmu, catat De Paca. Misalnya saja, rambut tebal, dan kasar seringkali dapat menangani panas yang lebih tinggi, sementara rambut yang tipis atau rapuh akan lebih baik pada pengaturan panas yang rendah.

Tapi memilih produk perawatan rambut yang tepat adalah sama pentingnya dengan teknik dan alat. Untuk membantu menjaga rambut tetap muda dan mengkilap, maka lindungilah rambutmu. Selalu gunakan produk pelindung panas, sebelum menggunakan alat pemanas. Sebagai bonus, produk ini juga cenderung untuk mengurangi rambut kusut.