Kesalahan Makeup Yang Sering Dilakukan

by Ummi on March 10, 2016

Kamu tentu sudah acap kali disuguhkan oleh berbagai tips dan trik make up yang benar di berbagai situs kecantikan. Kamu pun sudah pernah mencoba beragam produk kecantikan baru yang banyak diiklankan di media. Namun sadarkah kamu, meski sudah berulang kali mencoba menerapkan gaya bermake-up, masih saja ada yang tidak beres dengan penampilanmu. Penasaran dengan kesalahan apa yang kamu buat secara tidak sengaja ketika menerapkan makeup? Simak ulasannya berikut ini;

kesalahan makeup yang sering dilakukan

Kesalahan #1 : memakai nuansa foundation yang salah

Foundation tidak ditujukan untuk memberikan kulitmu sedikit nuansa kecoklatan. Lagipula, itu adalah tujuan dari penggunaan bronzer. Sebaliknya, foundation ditujukan untuk menciptakan warna kulit yang lembut dan sempurna,dan menutupi setiap ketidaksempurnaan wajah. Inilah mengapa kamu seharusnya menggunakan foundation yang akan membaur dengan baik dengan kulitmu. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, tes dulu foundation yang akan kamu beli di rahang, bukan di pipi. Dan jika memungkinkan, mintalah sampel produknya terlebih dulu, sehingga bisa kamu coba dirumah. Perhatikan kulitmu di berbagai situasi pencahayaan yang berbeda-beda, untuk memastikan bahwa warna yang kamu pilih nanti terlihat natural.

Agar kulitmu terlihat lebih natural, maka cobalah agar kulitmu terlihat lebih kecoklatan. Jadi, pilih foundation yang sedikit lebih gelap daripada warna kulit aslimu, bukannya menggunakan foundation yang warnanya setingkat lebih terang, karena akan membuat wajah dan lehermu memiliki dua warna yang benar-benar berbeda.

Kesalahan # 2 : Menerapkan makeup pada kulit yang kering dan bersisik

Mengoleskan foundation pada kulit yang pecah-pecah dan mengelupas bisa berakibat ‘mengerikan’. Karena, foundation hanya akan justru semakin menekankan kulit bersisik dengan berada diatasnya, bukannya akan menyatu dengan kulitmu. Atasi kekeringan kulitmu dengan cara melakukan eksfoliasi alias mengelupas sel kulit mati pada wajah secara rutin, dan segera ikuti dengan penggunaan pelembab yang kaya. Kulit yang lebih lembut berarti akan lebih mulus pengaplikasiaannya dan tampilan akhirnya.

Sebaiknya lakukan eksfoliasi paling tidak satu minggu sekali, namun yang lebih bagus dua kali, agar lebih memuluskan kulit saat diterapkan makeup. Ambillah beberapa waktu ekstar untuk melakukannya sebelum tidur.

Kesalahan # 3 : Memakai eyeshadow warna biru

Memakai eyeshadow warna biru memang bisa berhasil untuk sebagian orang. Misalnya saja, gadis kecil saat acara pentas menari, para tamu di pesta bertema 1970 an, atau supermodel yang pasti cocok dengan model makeup apa saja. Tapi jika kamu bukan termasuk salah satu orang yang disebutkan diatas, maka jangan coba-coba untuk menggunakannya. Itu akan tampak sangat mengerikan saat kamu kenakan.

Kesalahan # 4 : Mencoba untuk meranumkan bibirmu

Mencoba membuat bibir agar tampak penuh dan ‘ranum’, memang sangat keren. Kamu mungkin pernah mendengar atau mencobanya sendiri dengan menggunakan trik menggambar garis diluar garis bibir asli untuk membuat bibirmu tampak lebih besar. Namun cara itu lebih mudah diucapkan ketimbang dipraktekkan. Satu saja gerakan keliru dan kamu akan berakhir seperti penampilan Pamela Anderson di sekitar tahun 1993. Jika kamu masih ingin mencobanya, maka gunakan lip liner yang sewarna dengan lipstikmu di bagian garis luar bibir, tanpa harus sampai melewatinya.

Kesalahan # 5 : Terlalu menghiraukan alis mata

Ketika alis tumbuh dengan baik mereka bisa meningkatkan baik mata ataupun penampilanmu secara keseluruhan. Jadi, mintalah bantuan profesional untuk mendapatkan bentuk alis yang ideal. Atau, jika kamu ingin menatanya sendiri, pastikan kamu tidak terlalu banyak mencabutinya, karea saat kita semakin bertmabah tua, alis kita akan bertambah tipis secara alami, sehingga ada kemungkinan mereka bisa tumbuh tidak seimbang. Jadi, sukup bersihkan area disekitar alismu dan ikuti alur alaminya untuk mendapat bentuk terbaikmu.

Kesalahan  # 6 : Memakai semua palet mata sekaligus di kelopak matamu

Bukan berarti hanya karena compact eye shadowmu datang dengan empat warna atau lebih sekaligus, kamu harus melukiskan kesemuanya di kelopak matamu secara bersamaan. Sebaliknya, jangan gunakan lebih dari tiga warna dalam satu waktu. Warna eyeshadow medium untuk kelopak mata, warna yang lebih cerah untuk area di dekat tulang alis, dan yang warna gelap sebagai liner. Tapi, untuk acara harian kamu hanya benar-benar perlu satu sapuan warna eye shadow di atas kelopak matamu.