≡ Menu
werno-werno.com

Kesalahan Memakai Lensa Kontak Yang Bisa Merusak Mata

Bagi sebagian orang, memakai lensa kontak untuk mata sangatlah membantu. Namun, setiap hal yang baik pasti hadir dengan pengorbanan dan tak terkecuali lensa kontak. Jika kamu mengganggap remeh pemakaian lensa kontakmu, maka kamu akan berakhir dengan beberapa kesalahan umum yang bisa saja malah merusak matamu.

kesalahan memakai lensa kontak

Menurut laporan 2015 oleh the Centers for Disease Control and Prevention, hampir semua dari 41 juta pengguna lensa kontak di Amerika Serikat mungkin saja mempraktekkan setidaknya salah satu perilaku yang dikenal dapat meningkatkan infeksi mata mereka.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa hampir sepertiga pengguna lensa kontak yang ikut dalam survey nasional melaporkan mengunjungi dokter untuk keluhan mata merah atau nyeri terkait menggunakan lensa kontak. Nah, jika kamu juga termasuk pengguna lensa kontak, maka penting untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang standar keamanan dan kesalahan umum apa saja yang mungkin kamu telah lakukan, untuk menolongmu menghindari kesalahan di masa mendatang dan melidungi penglihatanmu. Berikut adalah beberapa kesalahan pemakaian lensa kontak yang perlu kamu hindari :

Memakai lensa kontak terlalu lama

Memakai lensa kontak terlalu lama tidak baik untuk kesehatan penglihatanmu. Hal ini dapat menyebabkan jaringan parut permanen dan bahkan kehilangan penglihatan. Lensa kontak berada tepat di atas kornea mata, yang tidak memiliki pembuluh darah untuk membawa oksigen ke mereka. Dan adalah tugas air mata untuk melakukan pekerjaan penting ini. Tapi air mata tidak dapat mencapai kornea saat kamu sedang memakai lensa kontak, karena mereka bertindak sebagai perisai. Dengan melepas lensa kontak dari waktu ke waktu, maka kamu akan memungkinkan oksigen untuk mencapai kornea.

Berkepanjangan dalam memakai lensa kontak juga membuat kornea mata lebih rentan terhadap kuman. Tidak peduli dengan jenis lensa kontak apa yang kamu miliki, hindari memakai mereka terlalu lama. Ini adalah cara yang sederhana dan efektif untuk mengurangi risiko infeksi.

Tidur memakai lensa kontak

Kebiasaan tidur dengan memakai lensa kontak di mata adalah kesalahan besar lain yang sering orang buat. Hal ini sama sekali tidak aman untuk tidur dengan tetap memakai lensa kontak. Memakai lensa kontak berkepanjangan akan menghalangi oksigen ke kornea, yang dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, dan bahkan infeksi serius. Bahkan, bagi pengguna yang tidur dengan lensa kontak, itu adalah umum jika mereka bangun dengan kondisi mata kering dan pandangan kabur.

Plus, posisi lensa kontakmu bisa berubah karena gerakan saat kamu tidur. Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Optometri menemukan bahwa tidur dengan lensa kontak adalah penyebab utama kemungkinan keratitis mikroba. Sebuah laporan 2015 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menemukan bahwa 25 persen dari infeksi mata disebabkan oleh faktor risiko yang dapat dimodifikasi. Di antara faktor-faktor ini, salah satu yang kadang kala terjadi adalah tidur dengan lensa kontak.

Memakai lensa kontak di dalam air

Entah itu kolam renang, bak mandi air panas atau di shower, mengekspos lensa kontak untuk setiap jenis air adalah sesuatu yang harus kamu hindari sama sekali. Air adalah tempat berkembang biak bagi berbagai jenis bakteri dan patogen berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan infeksi mata. Dalam kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Juga, paparan air dapat membuat lensa kontak menjadi kering. Kamu harus melepas lensa kontak sebelum masuk air. Juga, kamu jangan pernah menyimpan lensa komtakmu di air. Selalu gunakan larutan garam steril yang direkomendasikan oleh dokter.

Menggunakan air keran untuk membersihkan lensa kontak

Menggunakan air keran untuk membersihkan lensa kontak adalah kesalahan besar lain yang sebagian besar pengguna buat. Air keran tidak steril dan membersihkan lensa kontak di dalamnya dapat menyebabkan bakteri dan patogen berbahaya lainnya menempel pada lensa. Bahkan, air keran diketahui mengandung amuba yang dapat menyebabkan Acanthamoeba keratitis, sebuah infeksi mata yang sulit diobati.

Juga, dengan menghindari membilas lensa di dalam air keran, kamu akan mencegah kornea matamu dari mendapatkan peradangan atau luka, yang dapat mengganggu penglihatan. Selalu cuci lensa kontak dalam larutan yang sesuai yang direkomendasikan oleh dokter mata. Hal terbaik adalah untuk selalu membawa tetes mata khusus pengguna lensa kontak atau solusi khusus lensa kontak dengan ukuran yang pas untuk travel bersamamu.

Memakai lensa kontak melebihi masa kadaluarsa

Semuanya datang dengan tanggal kadaluarsa, termasuk lensa kontak. Lensa kontak yang sudah lama, dan kadaluarsa menjadi tempat berkembang biak bagi kuman. Dengan seiring penggunaan, mereka juga mengumpulkan penumpukan protein dan residu lainnya. Memakai lensa tersebut dapat menjadi tidak nyaman, atau lebih buruk, dapat menyebabkan infeksi. Jangan pernah membuat kesehatan matamu berisiko dengan memperpanjang penggunaan sepasang lensa kontak. Dengan memakai lensa kontak yang sudah lama, kamu bukannya menghemat uang, akan tetapi justru memanggil untuk tagihan medis yang mahal.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment