Kesalahan Menjelang Tidur Yang Merusak Kulitmu

by Ummi on January 11, 2017

Kamu mungkin sudah tahu bahwa kita harus membersihkan semua makeup sebelum tidur, karena jika kamu tidak melakukannya, atau melakukannya dengan tidak benar, maka kamu  bisa menambahkan tahun untuk wajahmu. Tapi bukan itu saja yang perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu bersiap tidur di malam hari. Untuk kulit bersinar, ada beberapa kebiasaan tidur yang harus kamu buang dari rutinitasmu, seperti yang akan kami ulas dalam beberapa kesalahan menjelang tidur yang bisa merusak kulitmu berikut ini :

Kamu tidak mencuci wajahmu

Kita semua sudah itu, tapi mungkin tidak tahu mengapa itu begitu penting. Jika tidak mencuci wajah sebelum tidur, maka hal itu akan membuat kotor wajahmu. Selama siang hari, wajahmu mengambil lebih banyak polutan dan kotoran daripada yang kamu pikir, bahkan jika kamu tidak memakai make-up sekalipun. Saat kamu sedang tidur, kulit akan beregenerasi, yang berarti ia akan menanggalkan sel kulit mati dan membangun yang baru. “Bila kamu memiliki penumpukan kotoran atau makeup atau polutan lainnya, maka membuat sulit untuk kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati,” kata Mona Gohara, MD, anggota dari Women’s Dermatologic Society. Seiring waktu, sel-sel yang tidak terkelupas akan menumpuk di wajahmu dan menyumbat pori-pori wajahmu, yang dapat menyebabkan jerawat.

Kamu tidak menggunakan retinol dan pelembab

Kamu harus mulai menggunakan retinol setelah usia 40. Atau 30? “itu sebenarnya 20,” kata Gohara. “Menerapkan produk retinol baik untuk semua orang karena bisa meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi kerusakan kolagen.” Rutinitas tiga langkah perawatan kulit yang diterapkannya seperti ini: 1) Cuci wajahmu 2) Terapkan retinol. 3) Melembabkan. Benar-benar bisa dilakukan, kan? Retinol akan mengobati sementara pelembab menenangkan setiap iritasi yang kamu dapatkan dari retinol, ditambah membuat kulitmu merekah.

Kamu menggunakan bantal berbahan katun

Maaf, pecinta katun. Sutra atau satin adalah bahan terbaik untuk kulitmu. Bahan keras seperti katun menjadi kasar pada kulit dan rambutmu saat kamu tidur tengkurap dalam tidurmu, menyebabkan kulit keriput dan iritasi. Jika kamu tidak bisa terpisah dari bantal katun, Sandra Johnson, MD, seorang dermatolog di Arkansas, menyarankan untuk membeli bantal katun yang dengan thread count yang tinggi, sehingga membuat bahan lebih lembut.

Bermain gadget sebelum tidur

Sekarang, kamu harus tahu tentang bahaya sinar biru. Menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel, komputer, atau tablet sebelum tidur dapat merusak tidurmu dan karena itulah menempatkanmu pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker dan depresi, di samping masalah lainnya. Masih tidak bisa melepaskannya? Mengetahui bahwa hal itu juga dapat merusak kulitmu mungkin bisa mempengaruhimu. Mendapatkan tidur yang cukup adalah penting agar kamu bisa bangun dengan kondisi kulit yang cerah, sehat berseri di keesokan paginya, kata Hollmig.

“Tidak cukup tidur membuat orang lelah, terlihat dehidrasi dan sering membutuhkan make up untuk dikenakan lebih lama daripada yang ideal, yang mengarah ke pori-pori tersumbat dan jerawat,” katanya. Tapi menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel tidak hanya mempengaruhi kulit melalui kualitas tidur. Hal ini juga dapat mendorong perkembangan garis di sekitar mata. “kamu memegang telepon ke arah wajahmu, dan kamu menyipitkan matamu untuk melihat layar,” kata Gohara. Seiring waktu, semua penyipitan mata tersebut akan menyebabkan keriput.

Kamu hanya melembabkan wajahmu

Ketika kita berpikir tentang perawatan kulit, sebagian besar dari kita langsung berpikir “wajah” dan melupakan kulit yang menutupi seluruh tubuh kita. Gohara mendesak semua orang untuk melembabkan tubuh mereka di malam hari. “Bahkan jika kamu tidak ingin mengoleskan pelembab ke seluruh tubuhmu, maka berikan cinta ekstra untuk lutut, tumit, siku, dan setiap bagian kulit lain yang cenderung bisa menjadi benar-benar kering,” katanya.