Kesalahan Umum Yang Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah

by Ummi on April 9, 2015

Mencuci wajah, memang merupakan salah satu rutinitas perawatan wajah yang penting dan utama. Namun terkadang, tanpa disadari kesalahan yang kamu lakukan saat mencuci wajah malah bisa membuat wajahmu kering dan tampak menua. Maka dari itu, hindari 6 kesalahan umum yang biasa dilakukan saat mencuci wajah berikut ini:

kesalahan dalam mencuci wajah

  1. Terlalu sering mencuci wajah

Mencuci wajah terlalu sering, bisa membuat kulitmu menua. Jangan mencuci wajah lebih dari dua kali sehari, meskipun melakukannya sebelum atau sesudah olahraga tidak apa-apa.

  1. Menggunakan pembersih wajah yang keras

Hindari menggunakan sabun mandi biasa untuk mencuci wajah, karena bisa menghilangkan minyak alami dari kulitmu dan menyebabkan iritasi. Lebih baik gunakan pembersih tanpa sabun, terutama jika kamu punya kulit yang sensitif. Dan jika kulitmu berminyak dan cenderung berjerawat, gunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat.

  1. Terlalu sering melakukan eksfoliasi atau tidak melakukannya sama sekali

Menggunakan bahan eksfoliator bisa menambah tekstur dan warna kulitmu. Menurut Jeannete Graf MD, seorang dermatologist mengatakan bahwa seiring kita semakin bertambah tua, enzim yang kita miliki yang normalnya akan mengelupas sel kulit mati, tidak akan bisa seefektif seperti yang dulu, sehingga tampilan wajahmu akan tampak kasar dan kusam. Jeannete menyarankan agar melakukan eksfoliasi pada malam hari, di mana kulit berada pada mode pembaruan (renewal mode), membentuk sel kulit baru. Namun ingat, jangan melakukan eksfoliasi lebih dari dua kali seminggu, karena bisa mengiritasi kulitmu.

  1. Tidak menghapus make-up di malam hari

Meski sangat menggoda untuk tidur dengan riasan wajah yang masih melekat karena terlalu lelah, hal tersebut akan merusak tampilan wajahmu selama beberapa minggu, karena make-up akan menyumbat pori-pori dan menghalangi sebum, lubrikan dalam kulit yang berfungsi melembabkan dan menghilangkan sel kulit mati untuk bisa bekerja dengan baik. Dan jangan lupa pula mengahpus riasan mata, karena bisa menyebabkan infeksi dan iritasi.

  1. Membilas wajah dengan air yang terlalu panas

Ini terutama penting saat cuaca dingin, saat kita cenderung memiliki kulit yang kering. Berhubung air panas bisa membuat kering kulitmu, coba cuci wajahmu di kran air, jangan di shower, sehingga kamu bisa menggunakan air yang hangat atau dingin.

  1. Terlalu banyak menggunakan tissue basah/ facial

Tissue facial memang nyaman digunakan untuk menghapus make-up atau untuk pembersihan wajah yang cepat saat kamu sedang terburu-buru atau di gym. Namun, jangan kamu tempatkan tissue basah di posisi pembersih yang regular. Untuk membersihkan pori-pori secara menyeluruh, selalu tindak lanjuti dengan pemakaian pembersih atau scrub saat kamu sudah tiba di rumah.