≡ Menu
werno-werno.com

Ketahui Fungsi dan Sumber dari Asam Folat

Asam Folat adalah jenis vitamin B yang juga biasa disebut dengan B9 atau Folat. Asam Folat adalah bentuk sintetis dari Folat, yang ditambahkan pada makanan yang diperkaya dan suplemen kesehatan. Selain itu, asam folat juga bisa ditemukan secara alami pada jenis makanan tertentu,

sumber asam fola

Fungsi Asam Folat

Asam Folat termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Tubuh kita tidak bisa memproduksi dan menyimpan sendiri asam folat, tapi membutuhkan asupan sumber makanan dari luar untuk penyediaan yang berkelanjutan. Asam Folat memiliki fungsi yang penting bagi tubuh, terutama berkaitan dengan kesehatan mental dan produksi sel darah merah. Berikut adalah beberapa fungsi asam folat :
1. Penting untuk produksi sel darah merah
2. Mengatur divisi sel normal
3. Mensintesis asam amino
4. Meningkatkan fungsi sistem daya tahan yang lebih baik
5. Membantu pertumbuhan jaringan janin selama kehamilan
6. Mengatur fungsi psikis
7. Membantu mengurangi rasa lelah dan kecapekan
8. Sangat penting untuk fungsi otak yang baik dan berperan besar dalam kesehatan mental dan emosional.
9. Membantu memproduksi DNA dan RNA, sehingga benar-benar penting selama pertumbuhan cepat dari sel dan jaringan seperti pada masa masih bayi, masa remaja, dan selama masa kehamilan.
10. Mengkonsumsi jumlah Asam Folat yang tepat selama kehamilan bisa membantu mencegah cacat lahir tertentu seperti spina bifida.

Sumber Asam Folat

Berikut adalah sumber makanan alami dari Asam Folat :

– Berbagai jenis buah citrus seperti lemon, jeruk dan jeruk Bali.
– Kacang-kacangan dan polong-polongan kering.
– Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli.
– Melon, pisang dan jus tomat.
– Jamur dan asparagus.
– Kerang, daging bagian ginjal dan hati.

Sedang untuk makanan yang diperkaya, bisa berupa roti, tepung, sereal, pasta dan produk biji-bijian lain yang diperkaya Asam Folat. Berhubung asam folat termasuk jenis vitamin yang larut dalam air. Maka, tidak masalah jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak, karena langsung akan dikelurkan dari tubuh melalui urin.

Selain itu, asam folat juga penting dikonsumsi selama masa kehamilan, karena termasuk nutrisi penting untuk ibu hamil dan janin. Asam folat bisa membantu mencegah terjadinya cacat lahir pada janin seperti spina bifida dan autis. Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil untuk meminum suplemen asam folat setiap hari dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat.

3 comments… add one

Leave a Comment