Ketahui penyebab & cara mudah mencegah Osteoporosis

by Ummi on December 4, 2014

Pernahkah kamu mendengar istilah ‘Osteoporosis’? osteoporosis bisa diartikan sebagai pengeroposan tulang. Meski tulang manusia dari sisi luar tampak seperti benda keras yang kuat, namun jaringan yang ada didalamnya akan terus menerus dibangun ataupun dihancurkan.

Seiring bertambahnya usia, prosesnya bisa semakin mengarah pada kerusakan tulang, dan menyebabkan tulang menjadi keropos dan lemah, sehingga mudah sekali patah. Kondisi inilah yang disebut dengan osteoporosis. Bahkan, lebih dari separo warga Amerika yang berusia diatas 50 tahun menderita penyakit ini. Dan wanita empat kali lebih sering mengalaminya dibandingkan pria.

Ketahui penyebab & cara mudah mencegah Osteoporosis

Lalu apa penyebab dari osteoporosis? Saat tulang manusia semakin tua, maka hal ini akan menjadi fatal. Seorang wanita yang berusia 65 tahun yang menderita patah tulang panggulnya, memiliki peluang meninggal 1:7. Meski osteoporosis kebanyakan dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, bukan berarti para kaum muda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Factor gaya hidup di usia berapapun enath itu tua atau muda, bisa mempengaruhi kesehatan tulangmu. Tubuh akan  mempertahankan dengan cermat kadar kalsium yang terdapat dalam darah sepanjang kehidupanmu. Jadi, jika kadar kalsiumnya terlalu rendah, tubuh akan ‘meminjam’ kalsium dari tulang untuk menambal bagian lain dari tubuhmu yang kekurangan kalsium. Dan karena kadar kalsium yang rendah bisa mengancam nyawamu, tubuhmu akan menggunakan seluruh cadangan kalsium tulangmu untuk mendapat lebih banyak pasokan kalsium.

Maka dari itu, jika selama hidupmu asupan kalsiummu lebih sedikit daripada jumlah yang kamu butuhkan, maka tubuhmu akan terus menggerogoti cadangan kalsium tulang, sehingga bisa menyebabkan osteoporosis. Hal tersebut bisa diumpamakan seperti tabungan bank. Kamu harus mengembalikan kembali apa yang kamu ambil. Artinya, asupan kalsium yang cukup setiap harinya adalah penting demi menjaga kesehatan dan kekuatan tulangmu. Namun kamu tidak perlu terlalu risau, karena kabar baiknya adalah, ada banyak cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis, mulai dari asupan nutrisi yang tepat, pengobatan, hingga latihan angkat beban. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mencegah osteoporosis:

  • Rajin minum susu.

Susu rendah lemak, yogurt tanpa lemak, dan keju yang dikurangi kadar lemaknya, adalah contoh beberapa sumber kalsium yang menyehatkan yang kamu butuhkan untuk membangun tulang yang kuat. Produk susu yang diperkaya juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk penyerapan kalsium yang cukup.

  • Makan ikan.

Ikan sarden dan salmon kalengan yang dimakan beserta tulangnya juga kaya akan kalsium. Begitu juga dengan mackerel dan ikan lain yang mengandung banyak minyak.

  • Konsumsi sayuran berwarna hijau.

Sayuran yang berdaun hijau memiliki banyak sekali kalsium, ditambah lagi dengan kandungan potassium dan vitamin K yang kamu butuhkan untuk mencegah pengambilan kalsium dari tulang. Untuk itu, rajinlah mengkonsumsi brokoli, bok choy,kubis dan bayam untuk tulang yang kuat.

  • Hidangkan kedelai.

Kedelai mengandung bukan hanya kalsium. Tapi juga estrogen yang melimpah, yang bisa membantu mempertahankan kepadatan tulang. Ganti tepung terigu yang biasa kamu gunakan untuik membuat resep makanan dengan tepung kedelai., begitu pula ganti kacang tanah dengan kacang kedelai. Konsumsi pula sereal kedelai dan keju yang terbuat dri kedelai. Cobalah juga membuat smoothies sari susu kedelai.

  • Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi protein.

Protein yang terlalu tinggi, bisa meningkatkan ekskresi (pembuangan) dari kalisum. Batasi dengan cukup 50 gram asupan protein harian untuk wanita, dan 63 gram untuk pria.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2